header

5 Cara Jadi blogger yang Menghasilkan Uang

Posting Komentar

Hi Sobat MQ,
Setelah lama berkecimpung didunia blog, tentu kamu juga ingin tahu bagaimana cara jadi blogger yang menghasilkan uang. Alasan ini adalah salah satu alasan kuat saya menekuni dunia blogging.

Namun sebelum saya melanjutkan tulisan ini, saya mau meminta maaf terlebih dahulu ya, karena sudah lama saya tidak menyapa Teman-Teman disini. Karena berbagai alasan yang tidak bisa saya sebutkan tentunya.

Cara jadi blogger yang menghasilkan uang

Kembali lagi ke pokok bahasan di awal, bagaimana cara menjadi blogger yang menghasilkan uang? Melalui tulisan ini saya akan berbicara berdasarkan pengalaman saya sebagai blogger yang mencari penghasilan lewat tulisan.

Apa itu Blogger?


Sobat MQ, pernahkah kamu bertanya apa sih yang dimaksud dengan blogger itu? Sebagian dari kamu mungkin sudah akrab dengan istilah blogger.

Secara simpel saya mengatakan bahwa blogger adalah orang yang mengasuh sebuah blog pribadi. Blog yang dimaksud bisa berasal dari berbagai platform seperti blogspot, wordpress, medium, atau pun dari akun UGC (User Generated Content) seperti Kompasiana, Kumparan, Retizen, maupun lainnya.

Bagi kamu yang belum memiliki blog, kamu bisa membuat blog secara gratis dari platform yang saya sebutkan diatas. Cara membuatnya sangat mudah dan gratis, sama seperti ketika kamu membuat akun media social. Dalam hitungan detik blog kamu sudah jadi, bahkan kamu sudah bisa ngeblog pakai hape.

Namun, tentu saja untuk membuat sebuah blog, kamu harus mengatur berbagai printilan blog yang tidak mudah. Tapi tidak mudah bukan berarti tidak bisa dipelajari ya. Kamu bisa mengikuti berbagai kelas blog gratis maupun berbayar.

Saya pun mengikuti berbagai kelas online gratis untuk bisa mempelajari dunia blog. Dari berbagai kelas yang saya ikuti, akhirnya saya bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Alhamdulillah.

Apa Pekerjaan Utama Blogger?


Seperti layaknya pemilik sebuah website maka pekerjaan utama blogger adalah merawat blog. Merawat blog disini memiliki makna yang luas yaitu menulis, membeli domain, mengatur template, memperhatikan konsep SEO (Search Engine Optimization), traffic, ranking, dan berbagai hal lainnya tentang blog.

Saya pikir awalnya seorang blogger pekerjaannya hanya menulis dan menulis saja. Seiring berjalannya waktu banyak hal yang harus dikuasai oleh blogger.

Jadi, yang terlihat di permukaan bahwa menjadi blogger itu hanya menulis. Sebenarnya tidak sesederhana itu, seperti halnya mendidik anak tak semata hanya menyekolahkan di tempat terbaik saja. Begitu juga dengan blogger, banyak hal yang harus dikuasai blogger untuk menjaga performa web blognya tetap outstanding. 

Tapi di samping itu, untuk bisa menjadi blogger yang menghasilkan uang terbilang mudah. Karena masih banyak peluang bagi penulis untuk dapat menghasilkan uang dari rumah. Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Simak lagi ya.

Cara Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang


"Aku ngeblog cuma sekadar memenuhi kebutuhan mengeluarkan 20 ribu kata aja mbak." ujar si A

Lain lagi kata si B,
"Aku ngeblog karena ingin mengikat ilmu lewat tulisan mbak!"

Great!
Itu yang saya katakan pada mereka, teman-teman dekat saya itu. Apapun alasan ngeblog, baik alasan materi atau non materi, itu semua baik.
Namun, perlu disadari bahwa sebuah blog yang sudah menggunakan top level domain (TLD) setiap tahun membutuhkan biaya perpanjangan.

Bagi singlelillah yang bekerja atau Ibu Rumah Tangga yang dapat limpahan transfer kekayaan dari suami, tentu saja tidak masalah jika harus mengeluarkan uang perpanjangan domain setiap tahun. Tapi pertanyaannya, sampai kapan kita mampu merogoh kocek hanya untuk membayar domain.

Padahal, faktanya sebuah blog sangat bisa 'membiayai hidupnya' sendiri. Dengan catatan blogger bisa memanfaatkan potensi yang ada pada blog tersebut. Nah bagaimana cara menjadi blogger yang menghasilkan uang? Ini caranya:

1. Join Marketplace Blogger


Blogger bisa mendaftarkan blog nya di marketplace blogger. Layaknya sebuah marketplace, disini pembeli akan melihat jenis website yang berkualitas untuk membeli backlink atau meminta ulasan. Marketplace blogger yang bisa dimanfaatkan seperti Intellifluence, Rajabacklink, Seedbacklink, Sosiago, dan masih banyak lagi.

2. Join Komunitas Blogger


Salah satu keuntungan mengikuti komunitas blog adalah bisa mendapatkan informasi job menulis. Komunitas akan membagikan informasi mengenai pekerjaan menulis yang bisa diambil. Kamu bisa mengambil job sesuai kemampuan dan bayaran yang telah disepakati.

3. Afiliasi Marketing


Menjadi affiliate marketing artinya kamu membantu mempromosikan sebuah produk atau brand melalui media blog. Biasanya dilakukan dengan cara memasang kode tertentu, kemudian pembayaran didapat ketika terjadi transaksi pada web yang dimaksud.

4. Review Produk atau Jasa


Cara menjadi blogger yang menghasilkan uang berikutnya adalah dengan melakukan review produk atau jasa. Kamu boleh menawarkan blog kamu kepada brand untuk me-review produk jualan mereka. Biasanya perusahaan juga sangat membutuhkan jasa penulis yang mau memberi ulasan pada produk mereka. Dari sini Sobat MQ tentu akan mendapatkan imbal jasa atas apa yang kamu kerjakan.

5. Google Adsense


Meskipun banyak blogger yang menyerahkan dengan banyaknya aturan adsense, tetapi mendapatkan cuan dari Google Adsense tetap menarik untuk dilakukan. Tetapi bagi yang ingin mencoba peruntungan di Google Adsense sepertinya kamu harus ekstra kerja keras, karena berhubungan dengan traffic dan kriteria tulisan yang dicari pengunjung.

Beberapa cara menjadi blogger yang menghasilkan uang diatas bisa kamu terapkan di blog kamu ya. Jika kamu telah menerapkannya, insya Allah penghasilan setiap bulan bisa kamu dapatkan lho. Minimal kamu nggak perlu pusing lagi bagaimana mendapat uang untuk membayar domain hehe.

Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian. Jika bahan bakarnya adalah kebencian dan dendam, maka berhenti menjadi penulis. Selamat menulis dan menyelami cara jadi blogger yang menghasilkan uang ya. Semoga bermanfaat!

Salam,
YunnieW
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar