header

Cara Menjadi Blogger Pemula, Bisa Ngeblog Pakai Hp Kok!

Posting Komentar


Untuk menjadi Blogger pemula tidak sesulit yang dipikirkan orang. Menjadi blogger pemula hanya membutuhkan niat untuk menulis dan menulis saja. Lalu apa lagi? setelah itu fokus konsisten menulis sambil terus belajar, belajar dan belajar.

Jadi intinya menjadi Blogger pemula hanya menulis dan belajar. Mudah kan? Iya mudah sekali, jadi kalau Kamu punya niat untuk menjadi seorang blogger, pastikan kamu sudah mulai menulis dan punya niat yang kuat untuk terus belajar.

Cara Menjadi Blogger Lewat Hp


Apakah menjadi blogger harus punya laptop? tidak juga! Nyatanya laptop mini alias notebook legendaris Saya lebih banyak 'menganggur' ketimbang dipakai untuk menggarap 3 blog Saya. Kok bisa? Iya, Saya lebih banyak menggunakan Hp untuk ngeblog daripada pakai laptop.
     
cara menjadi blogger pemula


Memangnya bisa ngeblog pakai hp? ribet nggak? semua tergantung kebiasaan dan kemauan, ala bisa karena biasa. Saya cerita dulu latar belakangnya Saya ngeblog pakai hp.

Saya memiliki anak 3 yang semuanya tergolong belum bisa mandiri. Semua anak Saya termasuk bayi dibawah 5 tahun. Tahu kan balita, di usia ini mereka masih membutuhkan pertolongan ibunya hampir 100%.

Jika Saya duduk fokus di depan laptop untuk menulis artikel yang notabene nya menghabiskan waktu 1-2 jam, maka otomatis para bayi Saya akan seperti anak ayam kehilangan induknya. Jadi Saya mencari solusi, akhirnya Saya menemukan cara ngeblog pakai hp.

Bagaimana cara ngeblog pakai hp? Sini Saya bisikin, ini cara Saya cara ngeblog modal gadget.

1. Pastikan Sudah Memiliki Blog


Mau mulai ngeblog? Pastikan Kamu sudah mendaftar di salah satu platform seperti Blogger atau WordPress. Jika belum punya, Kamu bisa mendaftar dari sekarang ya. Caranya mudah kok, jika Kamu sama seperti Saya pecinta Blogger, cukup masuk ke laman Blogger.com dan mulai daftar. Bisa pakai akun google juga kok. Cobain deh.

2. Gunakan Browser, Bukan Aplikasi Blog


Nah, kalau Kamu sudah mempunya blog di salah satu platform poin 1, kamu bisa langsung membuka akun web blog Kamu dari browser hp ya.

Mengapa Saya tidak merekomendasikan Kamu menggunakan aplikasinya? Karena kalau menggunakan aplikasi, tampilannya akan berbeda dengan menggunakan browser. Jadi suatu saat Kamu membuka blog dari desktop Kamu akan kebingungan sendiri.

3. Buat Tulisan di Note atau Gdocs


Poin penting lainnya cara menjadi blogger pemula yang ngeblog pakai hp adalah sesegera mungkin membuat tulisan. Menulis yang biasa Saya lakukan adalah menggunakan notepad di hp atau menggunakan Google document.

Cara kedua yang paling sering saya gunakan. Karena Gdocs juga mempunyai fitur spelling check. Ini sangat membantu Saya yang sering typo menulis menggunakan hp

4. Endapkan Tulisan


Setelah menulis, biasanya Saya Akan mengendapkan tulisan 2-3 jam. Selama diendapkan, Saya mengistirahatkan pikiran Saya. Biasanya sih tidur atau melakukan hal lain. Pokoknya yang tidak berhubungan dengan tulisan tadi.

5. Editing dan Buat Infografis


Setelah tulisan di endapkan biasanya Saya akan membaca ulang tulisan, sambil melakukan editing. Di sela editing Saya juga kadang sambil membuat infografis. Infografis yang Saya buat tidak sulit, hanya sebagai pemanis saja hehe.

6. Copy di Draft Blogger


Setelah selesai poin 5,Saya copy draft tulisan dari notepad atau Gdocs ke draft blogger. Sambil memasukkan gambar dan infografis pendukung. Oh ya, setelah di copy ke draft, ingat untuk menekan 'clear format' dulu. Jadi ukuran tulisannya seragam. Lanjut lagi ke editing ya.

7. Editing dan Proofreading


Kok editing lagi? Hehe Iya, dalam sebuah artikel, Saya melakukan 2-3 kali editing. Kenapa? Karena Saya benar-benar ingin memastikan bahwa tulisan Saya layak di publish.

Kadang apabila Suami lagi santai, Saya akan minta suami melakukan proofreading dulu terhadap tulisan Saya. Jika tidak, Saya melakukannya sendiri.

8. Preview dan Publish


Sudah selesai? Belum haha.. Masih ada satu step lagi, yaitu preview. Tekan tombol preview untuk memastikan susunan artikel dan gambar berada pada tampilan yang sesuai. Setelah itu cek apakah label, url dan deskripsi pencarian sudah di isi atau belum. Jika sudah, Bismillah siap di publish!

Nah, kamu sudah berhasil mempublikasikan tulisan di blog. Kira-kira masih ada yang kurang? Mungkin Kamu ingin bagaimana agar tampilan blog Kamu menarik seperti tampilan para Blogger senior? Tenang, Saya akan kasih bocoran lagi, sebatas ilmu yang Saya tahu dari online course ya :)

6 Cara Membuat Blog yang Menarik


Cara membuat blog yang menarik bukan hanya sekedar tampilan yang cantik, tetapi juga harus ramah pengunjung dan SEO friendly, bagaimana caranya? Kita bahas yuk

1. Gunakan Template yang SEO friendly


Menggunakan template yang cantik bukanlah yang utama. Ingat yang cantik belum tentu baik wkwk. Saya dulu tertipu dengan tampilan template cantik, rupanya tidak SEO friendly dan loadingnya berat. Sebaiknya sebelum memilih template cek dulu kecepatan dan seberapa SEO template tersebut. Cek menggunakan Meta SEO Inspector (MSI) untuk melihat struktur blog. Kemudian lanjutkan dengan pengecekan di http://seoptimer.com ya.

2. Font Standar


Gunakan pilihan font yang standar dan mudah dibaca. Jangan menggunakan font yang bisa membuat mata keriting. Jika bingung memilih font, gunakan font default bawaan template saja.

3. Artikel Menarik


Sebisa mungkin tulislah artikel yang menarik. Bisa saja menulis artikel yang sedang menjadi perhatian bagi khalayak. Atau bisa juga menulis kejadian viral. Dijamin tulisan Kamu bakal nangkring di page one dan ramai pengunjung.

4. Sertakan Infografis yang Unik


Infografis juga termasuk bagian yang bisa bikin pengunjung betah berlama-lama di blog Kamu. Coba deh pikirkan infografis yang unik dan menarik. Infografis yang unik bisa berupa kesimpulan atau poin utama yang ingin Kamu sampaikan.

5. ATM Blog Para Blogger Senior


Selanjutnya, jika semua sudah Kamu lakukan tinggal Kamu bisa ATM blog para senior. Lalu kamu bisa amati, tiru dan modifikasi. Sesuaikan juga dengan niche blog yang Kamu pilih ya.

6. Join Online Course Blogger Pemula


Nah, jika semua sudah dilakukan, Kamu bisa lho mengikuti online course blogger pemula. Sekarang online course ngeblog banyak dilakukan secara daring dan free kok. Salah satu yang recommended dan terbukti bagus yang pernah Saya ikuti adalah Blogspedia.

Di Blogspedia, Kamu bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana mulai ngeblog dari nol. Saya juga lulusan dari Blogspedia Coaching for newbie tahun lalu dan dari Blogspedia juga, adsense blog Saya di approved. Alhamdulillah.

Oh ya, tahun ini insya Allah Blogspedia akan membuka coaching lagi, semoga Kamu bisa ikutan ya. Tapi seleksinya lumayan ketat hehe. Pantengin terus pokoknya instagramnya @blogspedia.

Penutup


Semoga bisa menambah semangat para teman dalam mendalami dunia blog. Blog bukan hanya sekadar mengisi waktu luang, tapi blog bisa mendatangkan banyak peluang.

Sebenarnya cara menjadi blogger pemula tidak perlu banyak cara, yang penting ada niat dan langsung action sudah cukup. Kalau masih banyak 'tapi' ya sudah lebih baik lupakan ngeblog, cari hobi lain saja yang tanpa 'tapi'. Semoga makin semangat ngeblog tanpa 'Tapi' ya. Keep blogging :)

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar