header

Kenapa Aisyah ra Tidak dijamin Masuk Surga? Ini 11 Keutamaan Aisyah Istri Nabi

Posting Komentar

Hi Sobat MQ!
Ummul mukminin Aisyah radhiallahu anha dalam buku Biografi Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri menyebutkan bahwa Aisyah ra merupakan satu-satunya wanita penghapal hadits terbanyak di kalangan sahabat. Tak heran jika dalam kisah orang-orang terdahulu menyebutkan Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam sangat mencintai beliau.

aisyah ra

Selain memiliki sifat yang ceria, putri Abu Bakar Ash Shiddiq ini merupakan wanita yang cerdas. Masih menurut buku Biografi Ummul Mukminin menyebutkan bahwa seperempat syariat diriwayatkan oleh Aisyah. Jumlah hadits yang telah dihapal oleh ibunda Aisyah ra sebanyak 2210. Masya Allah.

Diantara sahabat-sahabat Nabi SAW tidak ada yang lebih banyak meriwayatkan hadits melebihi Aisyah radhiallahu anha dan Abu Hurairah. Namun Aisyah lebih jeli dan lebih tsiqah dari Abu Hurairah." (Buku Biografi Ummahatul Mukminin-Syaikh Mahmud Al-Mishri, hal 146)

Melihat keistimewaan yang yang dimiliki ummul mukminin putri Ash Shiddiq ini, masih banyak lagi keutaamaan yang perlu diketahui. Mari kita lihat apa saja keutamaan istri Rasul SAW ini.

Keutamaan Aisyah ra Istri Tercinta Rasulullah SAW


Jika ingin dituliskan banyak sekali kutamanaan Aisyah ra dibanding istri-istri Rasulullah lainnya. Selain memiliki kecerdasan tinggi, beliau juga memiliki rasa cemburu yang tinggi, namun dari rumah tangga Rasulullah SAW bersama sayyidah Aisyah ra tetap memiliki banyak pelajaran yang bisa kita teladani.

Sobat MQ, kita bisa melihat banyak pelajaran yang bisa dipetik dalam harmoni rumah tangga sayyidah Aisyah bersama Nabi SAW.

Diantara keutamaan sayyidah Aisyah radhiallahu anha sebagai berikut
  1. Putri dari Abu Bakar Ash-Siddiq, yang mana beliau (Abu Bakar Ash Shiddiq) adalah manusia terbaik setelah Rasululullah SAW. Beliau juga adalah salah satu dari 10 sahabat yang dijamin masuk surga.
  2. Sejak lahir, ummul mukminin Aisyah radhiallahu anha sudah memeluk islam, karena beliau lahir tahun 4 atau 5 setelah Rasulullah SAW diangkat menjadi Rasul.
  3. Aisyah ra merupakan istri Rasulullah SAW dunia dan akhirat, sebagaimana mimpi Rasulullah SAW yang melihat malaikat Jibril membawa gambar Aisyah sembari mengatakan, "Ini istrimu di dunia dan di akhirat."
  4. Menikah dengan Rasul atas wahyu dari langit sebagaimana mimpi Rasulullah SAW melihat Jibril menunjukkan calon istrinya sepeninggal Khadijah binti Khuwaild.
  5. Istri yang paling dicintai Rasulullah SAW sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari nomor 3622 yang menyebutkan bahwa Amru bin Al Ash bertanya pada Rasul mengenai siapa yang paling dicintai beliau, dan Rasululullah SAW menjawab, "Aisyah."
  6. Satu-satunya istri Rasulullah yang berstatus perawan ketika dinikahi Nabi SAW
  7. Ibunda Aisyah memiliki sifat ceria, sehingga Rasulullah SAW selalu tertawa ketika bersama Aisyah radhiallahu anha.
  8. Ummul mukminin Aisyah ra merupakan wanita cerdas yang meriwayatkan banyak hadits hingga lebih dari 2000-an hadits
  9. Wahyu turun ketika Raulullah SAW berada satu selimut dengan Aisyah ra yaitu firman Allah tentang perintah tayamum dalam QS Almaidah ayat 6.
  10. Aisyah adalah perempuan dengan rasa malu yang tinggi. Ketika rumahnya menjadi makam Rasulullah SAW dan Ayahnya Abu Bakar Ash Shiddiq, beliau masih mau menanggalkan pakaian dengan pakaian rumah. Namun ketika Umrar bin Khatab meninggal dan dmakamkan di rumahnya, beliau selalu memakai hijab karena rasa malunya pada Umar.
  11. Rumahnya menjadi tempat peristirahatan terakhir 3 manusia terbaik di muka bumi, yaitu Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash-Shiddiq, dan Umar Bin Khatab.

Melihat begitu banyak keutamaan yang dimiliki oleh ummul mukminin Aisyah radhiallahu anha, ada yang bertanya kenapa Aisyah tidak dijamin masuk surga? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh musuh Islam yang sering melakukan fitnah.

Benarkah Ummul Mukminin Aisyah ra Tidak dijamin Masuk Surga?


Ibunda Aisyah ra juga memiliki keutamaan-keutamaan lainnya yang tidak dimiliki oleh istri-istri Rasulullah SAW. Meski demikian, kenapa Aisyah tidak dijamin masuk surga, seperti sabahabat-sahabat Rasulullah SAW yang lain? Benarkah demikian?

Dalam satu hadits disebutkan bahwa ibunda Aisyah radhialllahu anha pernah diberitahukan Rasulullah SAW perihal 10 sahabat yang dijamin masuk surga. Para sahabat yang dijamin Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan At Tirmidzi berikut ini.

Nabi SAW bersabda, ”Ada sepuluh orang yang mendapat kabar gembira masuk surga, yaitu: Ayahmu masuk surga dan kawannya adalah Ibrahim, Umar masuk surga dan kawannya Nuh, Utsman masuk surga dan kawannya adalah aku (Muhammad SAW), Ali masuk surga dan kawannya adalah Yahya bin Zakariya, Thalhah masuk surga dan kawannya adalah Daud, Zubair masuk surga dan kawannya adalah Ismail, Sa’ad masuk surga dan kawannya adalah Sulaiman, Said bin Zaid masuk surga dan kawannya adalah Musa bin Imran, Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawannya adalah Isa bin Maryam, Abu Ubaidah bin Jarrah masuk surga dan kawannya adalah Idris as.” (Muhibbuddin Al-Thabari, Al-riyadh al-nadhrah fi Manaqib al-asyrah)
Sedangkan dari kalangan wanita, ada 4 orang wanita mulia yang dijamin masuk surga. Dalam shirah Nabawi yang kita ketahui sebelum wafat, Rasulullah SAW pernah membisikkan pesan kepada putrinya Fathimah binti Muhammad bahwa dia adalah penghulu wanita di surga. Dan Fathimah pun tertawa.
Dalam hadits dari Ibnu Hibban, Ahmad, Abu Ya'la. Ath-Tabrani, Abu Dawud, dan Al Hakim berikut ini."Sebaik-baik wanita surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiyah binti Muzahim istri Fir'aun."
Lantas tentu ada yang bertanya kenapa Aisyah tidak dijamin masuk surga bersama para sahabat dan empat wanita terhormat seperti hadits Nabi SAW diatas? Apabila melihat berdasarkan buku Biografi ummul Mukminin tulisan Syaikh Mahmud Al-Mishri disebutkan, terjadi percakapan antara Rasulullah SAW dan Aisyah ra, istrinya berikut ini.

'Wahai Rasulullah, siapa diantara istri-istrimu yang berada di surga?' tanya Aisyah
"Ketahuilah, kamu termasuk diantara mereka," jawab Rasulullah
(Hadits diriwayatkan oleh Hakim, dan dishahihkan oleh Hakim dan disetujui oleh Dzahabi)

Demikianlah, sesungguhnya dalam diri ummul mukminin Aisyah adhiallhu aha banyak sekali keistimewaan yang tidak dimiliki oleh istri-istri Nabi SAW yang lain. Ibunda Aisyah ra adalah wanita cerdas yang banyak mengajarkan tentang rumah tangga Rasulullah, fikih, sosial, hingga perkara-perkara dunia yang tidak diketahui oleh istri Nabi SAW lainnya.

Jadi, jika masih ada yang bertanya kenapa Aisyah tidak dijamin masuk surga? Maka dapat dijawab bahwa beliau adalah salah satu istri Rasulullah SAW yang berada di surga. Semoga bermanfaat.

Salam,
Yunniew

Referensi:
https://www.detik.com/hikmah/muslimah/d-6650164/4-wanita-yang-dijamin-masuk-surga-oleh-allah-swt.
https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6883555/mengenal-10-sahabat-nabi-yang-dijamin-masuk-surga-siapa-saja

Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar