header

Biaya Menerbitkan Buku di Gramedia Gratis lho, Kirim Naskah Ke 4 Penerbit ini!

Posting Komentar

Hi Sobat MQ!
Masih banyak yang penasaran besaran biaya menerbitkan buku di Gramedia. Wajar aja sih, bagi penulis, menjadi kebanggaan tersendiri jika karyanya terpampang nyata di etalase Gramedia. Setuju kan wahai Penulis sekalian??

book store

Gramedia adalah sebuah toko buku terbesar dan terlengkap yang saya kenal sejak masih piyik. Apalagi tahun 2000an awal, toko buku Gramedia sudah menyediakan berbagai jenis buku dengan berbagai genre.

 Jenis buku karya penulis terkenal seperti Anthony Robbin, Robert T Kiyosaki, John C Maxwell, Tung Desem Waringin, hingga Marga T selalu mejeng di etalase utama toko buku itu.

Manusiawi bila saya yang kala itu masih duduk di bangku SMP, begitu tertarik memiliki karya yang dimuat disana. Ketika dewasa dan menekuni dunia blogging, saya pun mulai mencari tahu besaran biaya menerbitkan buku di Gramedia dan bagaimana cara menerbitkan buku di perusahaan milik Jakop Oetama ini. Penasaran? Yuk lanjut!

Biaya Menerbitkan Buku di Gramedia


Sejak kecil saya sering nongkrong di toko buku Gramedia di kota tempat tinggal saya. Bukan buat beli buku sih, cuma saya senang membaca buku (maaf ya mbak-mbak penjaga Gramedia hehe). Jadi paling senang kalau ada buku yang sampulnya terbuka hehe

Maklum zaman dulu membeli buku di toko besar hanya untuk kalangan tertentu saja. Dan, saya bukan dari kalangan itu tentunya wkwk

Melihat etalase utama di depan pintu masuk dipenuhi buku best seller. Saya berpikir, alangkah hebatnya jika suatu hari karya saya bisa nampang di toko buku ini. Impian itu masih tetap saya rawat hingga saat ini, meski tahu kapan akan terwujudnya.

"Yang penting punya impian dulu, dan berusahalah untuk meraihnya." Nasihat dari seorang penulis Dale Carnegie

Suatu hari semoga ada jalan menuju etalase toko buku ya, amiin. Seiring berjalannya waktu saya pun belajar di dunia kepenulisan dan mencari tahu berapa sih biaya menerbitkan buku di Gramedia.

Dalam Komunitas One Day One Post (ODOP), saya mengikuti webinar dari penulis novel yang berhasil diterbitkan oleh salah satu anak perusahaan penerbit Gramedia. 

Beliau mengatakan bahwa untuk menerbitkan buku di penerbit mayor (istilah untuk penerbit besar) penulis tidak dikenakan biaya apapun. Bahkan penulis akan mendapatkan bayaran alias royalti atas karya yang dibukukan tersebut. Wah, enak sekali.

Bahkan beliau menyebutkan, jika penjualan buku semakin banyak maka royalti yang diberikan juga semakin banyak. Bisa banget jadi sumber penghasilan pasif ya?! Nah, bagi kamu yang juga tertarik untuk menerbitkan buku di penerbit buku Gramedia, kamu bisa simak dulu nih, TulisanMQ berikut ini.

Jenis-jenis Penerbit Gramedia dan Cara Mengirimkan Naskah


Memiliki karya tulis sesuai dengan genre yang kamu suka, tidak serta merta kamu bisa langsung mengirimkan ke Gramedia Sob. Kamu harus tahu jenis naskah yang kamu miliki. Kemudian kamu bisa menentukan harus mengirim naskah ke penerbit mana. Berikut jenis penerbit Gramedia sesuai genre tulisan kamu ya.

1. Penerbit Grasindo


Sob, kalau kamu suka menulis karya fiksi, non fiksi, maupun naskah referensi maka kamu bisa mengirimkan karya kamu ke penerbit Grasindo. PT Gramedia Widiasarana Indonesia atau Grasindo telah ada sejak 20 September 1990 dengan fokus utama awalnya menerbitkan buku-buku bahan ajar. Kemudian merambah ke penerbitan buku-buku dengan berbagai karya seperti yang saya sebutkan tadi Sob.

Jenis naskah fiksi yang bisa diterbitkan oleh Grasindo berupa naskah fiksi yakni fiksi anak, novel remaja dan dewasa, fiksi bernuansa Korea (K-fiction), dan kumpulan cerpen.

Bagi kamu yang senang menulis naskah non fiksi kamu bisa mengirimkan naskah berupa naskah parenting, pengembangan diri, psikologi, bisnis dan ekonomi, gaya hidup dan hiburan, hobi, tips, entertainment dan tulisan non fiksi yang sejenis.

Selanjutnya karya referensi yang bisa dijadikan sumber bahan ajar dan pengayaan seperti kumpulan soal, buku pengayaan dari level TK hingga perguruan tinggi, buku berbasis kurikulum, hingga buku referensi.

Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Penerbit Grasindo?


Nah Sob, supaya karya kamu bisa diterbitkan Grasindo, setidaknya kamu harus memenuhi syarat umum berikut ini:
  • Naskah ditulis dengan font TNR 12 pt
  • Panjang naskah minimal 70 halaman, maksimal 150 halaman A4
  • Melampirkan sinopsis yang menarik yang memuat garis besar naskah, panjang maksimal 20 halaman
  • Menulis proposal penerbitan, memuat apa yang menarik dari isi nakah kamu dan mengapa penerbit harus membukukan karya kamu, tulis proposal maksimal 2 halaman
  • Sertakan data diri yang lengkap, buat semenarik mungkin termasuk portofolio dan kompetensi kamu ya
  • Waktu tunggu naskah selama 2 bulan. Jika dalam 2 bulan belum ada feedback dari penerbit Gramedia, maka kamu bisa mengirimkan naskah kamu ke penerbit lainnya.
Naskah yang tidak jadi terbit di Gramedia tidak akan disimpan, maka kamu bisa mengirimkan naskah tersebut ke penerbit lainnya ya Sob!
Saran dari penulis yang karyanya berhasil diterbitkan Gramedia, sebelum mengirimkan tulisan ke penerbit, jangan sampai ada kesalahan ketik (saltik/typo). Selain itu gunakan kalimat efektif. Hindari juga menggunakan kalimat bertingkat (kalimat panjang).

2. Gramedia Pustaka Utama (GPU)


Sob, bagi kamu yang senang menulis karya fiksi berupa novel, buku cerita anak, buku perguruan tinggi, buku budaya, buku sains, hingga buku resep makanan. Kamu bisa mengirimkan naskah ke PT Gramedia Pustaka Utama (GPU). Penerbit GPU didirikan tahun 1974, awalnya menerbitkan novel Karmila karya Marga T. Hingga kini penerbit GPU mulai menerbitkan karya-karya yang bersifat umum.

Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit GPU?


Sob, naskah yang kamu kirimkan ke penerbit GPU setidaknya harus memenuhi beberapa syarat berikut ini ya:
  • Ketik naskah dengan font 12 ft spasi 1.5
  • Tema bebas, asal tidak menyangkut SARA dan bebas pornografi, panjang naskah antara 100-200 halaman
  • Lengkapi dengan ilustrasi dan konsep cerita, jika berupa buku anak
  • Sertakan sinopsis dan cantumkan jenis tulisan (fiksi, non fiksi) serta kualifikasi pembaca (remaja/dewasa)
Kamu bisa langsung mengirimkan naskah ke alamat email fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com Sob!

Masa tunggu atau feedback dari editor adalah 3 bulan. Jika selama itu, tidak ada tanggapan dari penerbit, kamu bisa mengirimkan naskah kamu ke penerbit lainnya ya Sob.

3. PT Elex Media Komputindo


Sob, dari tadi yang saya bahas adalah karya berbentuk naskah tulisan, nah gimana sih kalau kamu yang senang dengan cerita komik? Tenang Sob, kamu bisa mengirimkan tulisan kamu ke Penerbit PT Elex Media Komputindo.

PT Elex Media Komputindo awalnya berdiri tahun 1985 yang khusus memproduksi buku-buku elektronik dan buku komputer. Kemudian mulai merambah ke buku komik.

Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit Elex Media Komputindo?


Kalau kamu gemar menulis komik, kamu bisa follow akun instagram @elexmedia dan konsultasi langsung untuk panduan pengiriman karya. Admin instagram akan memandu kamu sesuai kategori naskah yang kamu kirim ya Sob.

4. Penerbit KPG


Sob, Gramedia juga memiliki penerbit yang bisa membantu menerbitkan karya-karya kamu lho. Namanya Kepustakaan Populer Gramedia atau biasa disingkat KPG. Penerbit KPG juga bersedia menerbitkan naskah kamu menjadi sebuah buku yang siap dinikmati banyak orang.

Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Penerbit KPG?


Penerbit yang berdiri sejak 1 Juni 1996 ini bersedia menerima nafkah kamu dengan font bebas, yang penting rapi Sob. Selain naskah utama, kamu tetap harus melampirkan sinopsis, serta data diri yang lengkap.

Berbeda dengan penerbit Gramedia lainnya, masa tunggu dari penerbit KPG adalah 6 bulan. Jika dalam enam bulan naskah yang kamu kirim belum mendapat feedback dari KPG, kamu bisa mengirim karya kamu ke penerbit lain.

Oh ya, sekarang sudah ada cara simpel mengirimkan naskah ke penerbit Gramedia dengan menggunakan Digital Publishing System (DBS). Cara ini dianggap lebih efektif karena kamu bisa mengirim naskah ke semua penerbit Gramedia hanya dalam sekali upload. Next post, saya akan bahas lebih detail ya Sob

Penutup


Kalau kamu ingin mengirimkan naskah ke salah satu penerbit di anak perusahaan Gramedia diatas, maka kamu harus sesuaikan dengan tema tulisan kamu ya. Kemudian baru kirim ke penerbit yang pas. Awas jangan salah memilih penerbit Gramedia ya, karena beda penerbit beda jenis tulisan yang diterbitkan.

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan berapa biaya menerbitkan buku di Gramedia? Melalui tulisan ini semoga sudah dapat menjawabnya. Bahwa tidak ada biaya menerbitkan buku di Gramedia, akan tetapi kamu akan melewati serangkaian kurasi dari para editor dan menunggu selama lebih kurang dua hingga enam bulan. So, mohon bersabar ya. Tetap semangat nulis ya Sob!

Salam,
Yunniew

Referensi:
https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-gramedia/
https://www.gramedia.com/blog/cara-mengirim-naskah-ke-penerbit-di-gramedia/
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar