header

3 Cara Mendidik Anak Dalam Alquran

1 komentar

Saat ini banyak sekali cara mendidik anak dengan berbagai metode. Meski demikian, semoga kita tetap berpegang pada tuntunan cara mendidik anak dalam Alquran dan sunnah. Apalagi dalam hal belajar mengaji.

Nah melalui tulisan ini, saya mau berbagi 3 cara mendidik anak dalam Alquran, salah satunya dengan mengajarkan anak mengaji sejak usia dini.

Cara Mendidik Anak dalam Alquran


Moms, sering sekali dalam suatu kajian yang saya dengar, selalu disebutkan bahwa cara mendidik anak dalam Alquran, telah dimulai sejak fase perencanaan.

Dimulai dari pemilihan calon suami atau istri, proses pernikahan, tatacara hubungan suami istri, terjadinya pembuahan, kehamilan, kelahiran, hingga pada proses merawat dan membesarkan mereka.

Keluarga muslim

Dari buku yang berjudul Cara Nabi SAW Mendidik Anak Laki-Laki karya Abu Abdurrahman Al-Faruq dan Cara Nabi SAW Mendidik Anak Perempuan karya Misran Jusan, Lc.,M.A. dan Armansyah, Lc., M.H. cara mendidik anak dalam Alquran sebagai berikut.

1. Mengajarkan Tauhid

Mengajarkan tauhid atau mengesakan Allah SWT adalah pelajaran utama yang harus diajarkan pada anak-anak. Hal ini tertuang dalam Alquran surah Luqman ayat 13 yang berbunyi:

Wahai anakku, janganlah kamu menyekutukan Allah, sesungguhnya kesyirikan itu merupakan kezaliman yang besar.

Demikianlah nasihat Luqmanul Hakim kepada anaknya yang diabadikan dalam Alquran. Perintah ini menjadi rujukan bagi kita sebagai orang tua dalam mendidik anak. Pelajaran tauhid adalah pelajaran utama yang harus diajarkan pada buah hati. Mengajarkan tauhid meliputi:

Pertama, Pengenalan 6 rukun iman

Pengenalan rukun iman mulai dari iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Rasul, gimana kepada hari kiamat, serta iman kepada qada dan qadar.

Kedua, Pengenalan konsep halal haram

Penting bagi kita mengenalkan konsep halal haram pada buah hati kita. Karena hallal haram merupakan landasasan tegaknya tauhid yang benar.

Ketiga, Mengajarkan konsep iman, Islam, dan Ihsan

Bagaimana kita memberikan pemahaman percaya kepada Allah(iman), pemahaman agama yang benar (Islam), dan beribadah seolah-olah melihat Allah, meski kita tidak melihat Allah, tetapi meyakini jika Allah melihat kita (Ihsan). 

Keempat, Mengajarkan hadits-hadits Nabi

Banyak hadits-hadits yang shahih yang berhubungan dengan tauhid dan cara mendidik anak dalam Alquran. Sertakan hadits yang jelas dan ajarkan pada anak-anak kita.

Kelima, Mengajarkan cara mempertahankan akidah

Penting menanamkan anak bahwa Islam adalah harga mati. Berikan pemahaman pada mereka, telah dianugerahi agama Islam sejak lahir. Pahamkan bagaimana cara mempertahankan akidah dengan benar.

2. Mengajarkan Cara Beribadah Kepada Allah


Anak sholihah

Mengajarkan cara beribadah kepada Allah termasuk bagian utama cara mendidik anak dalam Alquran. Mulailah dengan mengajarkan ibadah dari hal-hal kecil seperti:
  • Mengenalkan tempat ibadah kepada anak
  • Mengajak anak sholat ke masjid
  • Mengajarkan cara berpuasa
  • Cara membayar zakat dan mengenalkan cara haji
  • Mengajarkan akhlak yang baik, dan lain-lain

3. Ajarkan Anak Mengaji Sejak Dini


Belajar ngaji

Mengajarkan Anak mengaji adalah cara menanamkan kecintaan pada Alquran sejak dini. Bagaimana caranya? Menurut Abu Abdurrahman Al-Faruq, penulis buku Cara Nabi SAW Mendidik Anak Laki-Laki, bagi anak usia 0-7 tahun bisa dimulai dengan:

Pertama, Ajarkan Baca Tulis Alquran

Bacaan pertama pada anak adalah Bacaan Alquran. Ini adalah bekal kehidupan dunia dan akhirat. Insya Allah jika anak sudah mengenal Alquran, insya Allah anak akan lebih mudah mempelajari ilmu dunia.

Kedua, Adab Terhadap Alquran

  • Ajarkan Anak untuk menerapkan bagaimana bersikap terhadap Kalamullah. 
  • Ajarkan anak diam dan khusu' saat mendengar lantunan ayat Alquran.
  • Berwudhu sebelum memegang Alquran
  • Memuliakan Alquran, dan sebagainya

Ketiga, Pentingnya Mempelajari Alquran

Mempelajari Alquran sebenarnya bagian dari penguatan tauhid. Ajarkan juga agar anak mempelajari dan mengerti isi bacaan ayat Alquran. Belajar Alquran bukan saat di Taman baca Alquran saja, tetapi lakukan sepanjang hidup.

Namun dalam menanamkan kecintaan Alquran pada anak usia dini, tidak sama dengan mengajarkan pada usia dewasa. Seperti pesan Ali Bin Abi Thalib dalam mendidik Anak
Didiklah anak sesuai zamannya, karena mereka hidup berbeda dengan zaman orang tuanya.

Menurut Ali bin Abi Thalib, sahabat Rasulullah SAW, anak pada usia 0-7 tahun dididik dengan kelembutan dan kasih sayang. Jangan ada kekerasan dalam mendidik anak diusia emas ini. Jika mengajarkan sesuatu pada anak, hendaknya dilakukan tanpa paksaan, dan dengan cara menyenangkan. Apalagi jika berhubungan dengan pembelajaran agama.

Saya pernah mengikuti suatu kajian parenting Islam, disana diingatkan juga bahwa mengajarkan sesuatu ilmu pada anak dilakukan tanpa paksaan. Terutama dalam mengajarkan kecintaan kepada Alquran. Lakukan dengan cara yang bisa membuat mereka semakin dekat dengan Alquran. Demikian lah cara mendidik anak dalam Alquran yang bisa kita terapkan. 
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Iya Kak, mengajar anak-anak itu penting sesuai Al-Qur'an dan Sunnah agar tidak melenceng di akhir zaman ini

    BalasHapus

Posting Komentar