header

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City, Pilihan Jeli Investasi

30 komentar

Nasihat dari penulis buku Rich Dad, Poor Dad, Robert T. Kiyosaki tentang investasi properti memang sangat mengena. Banyak yang mengikuti apa yang disampaikan olehnya. Kiyosaki mengatakan investasi real estate (properti) adalah cara yang benar dan teruji, meski dalam skala paling kecil sekalipun untuk membangun arus kas dan kekayaan individual. Jadi kaya lewat properti? Wow ini impian di hati!

Saya dan suami pun sepakat akan hal ini. Kami menganggap bahwa investasi yang memiliki nilai tinggi di masa depan adalah properti. 

Berdasarkan data RIPMI (Rumah.com Indonesia Property Index Market) menyebutkan secara tahunan tren harga rumah pada kuartal 1 2019 mengalami kenaikan sebesar 6,1% dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2020, indeks harga rumah juga mengalami kenaikan sebesar 7,9%. Pun tahun 2021, pasca pandemi harga rumah tetap mengalami kenaikan 0,5%. Sedangkan tahun 2022, indeks harga rumah mengalami kenaikan 5,7% secara tahunan. 

Harga rumah yang cenderung meningkat membuat kami mengambil langkah cepat. Membeli properti sebagai hunian dan investasi. Ketika mendengar kabar ada yang ingin menjual rumah dengan harga yang relatif murah, saya dan suami segera mengambil langkah membelinya. Meski saat itu kami masih minim pengetahuan investasi properti.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli properti? Bagaimana kehidupan lokal disana? letak geografis, hingga lokasi. Ketika membeli kami tidak berpikir sejauh itu. Padahal menurut Robert Kiyosaki, aspek lokasi, penting diperhatikan (bahkan) sebelum mengecek letak geografis.

Memang di awal belum tampak efeknya bagi kami. Tetapi dampaknya baru terasa setelah beberapa tahun kami menempati rumah itu. Rumah yang kami tempati hampir 9 tahun itu selalu langganan banjir.

Hal ini dikarenakan dampak dari pembangunan yang tidak memikirkan lingkungan, sehingga drainase menjadi kurang optimal. Ketika hujan turun, air dengan cepat menggenangi rumah kami. Bahkan kami pernah mengalami banjir besar hingga sebetis orang dewasa. Air merangsek ke dalam rumah kendati kami sudah memasang tanggul.

Kejadian ini sangat membekas bagi kami, terutama putri saya, Queen. Dia berusia 6 tahun saat banjir terjadi. Ketakutannya luar biasa melihat air menggenang di seluruh rumah. Suatu kali Queen pernah menggambar rumah impiannya yang bebas banjir.

"Mami, kita pindah saja dari sini. Biar kita nggak kebanjiran lagi. Kita beli rumah yang tinggi seperti ini." ucapnya sambil menunjukkan gambar rumah impiannya.

rumah impian queen

Saya hanya tersenyum sambil mengaminkannya dalam hati. Ternyata membeli properti memang harus jeli dan teliti, jika tak ingin bikin miris di hati.

Dampak Salah Pilih Properti Dapat Menggerus Kocek Pribadi


Dampak salah pilih properti ini menjadikan rumah yang (semula) kami anggap sebagai investasi, malah menjadi sumber liability (pengeluaran) bagi kami. Kami harus mengeluarkan sejumlah uang agar rumah kami menjadi layak huni. Hal ini mengakibatkan beban cash flow rumah tangga bertambah.

Dampak lainnya adalah nilai investasi yang tidak sesuai prediksi. Belum lagi jika ditinjau dari segi lokasi, properti yang kami miliki terbilang masih minim fasilitas. Untuk sarana pendidikan, kawasan komersil, hingga rekreasi masih jauh dari ekspektasi. 

Sebelum memilih properti sebaiknya pahami dulu aspek-aspek investasi properti. Cukup kami saja yang mengalami kejadian seperti ini. Penting untuk memperhatikan properti seperti apa yang layak dijadikan investasi. Kawasan berkonsep livable city bisa jadi pilihan tepat berinvestasi.

Tips Pilih Investasi Properti dengan Konsep Livable City


Menurut Dieter Rams, seorang design engineer asal Jerman menyebutkan 10 prinsip desain yang baik di dalam bukunya 10 principles of good design. Prinsip ini banyak diadopsi oleh Developer real estate untuk konsep livable city.

Livable city atau kota layak huni adalah kota dengan suasana yang nyaman disertai lingkungan untuk beraktivitas yang dilihat dari berbagai variabel fisik dan non fisik. (Wheeler, 2004)

Sebuah kota layak disebut sebagai livable city karena memiliki beberapa unsur-unsur kritikal. Saya mengadopsi apa yang disampaikan oleh Rams Dieter dalam bukunya tersebut. 

Menurut saya sebuah kawasan yang bisa disebut sebagai kota layak huni (livable city) jika memenuhi unsur-unsur esensial berikut ini.

1. Lingkungan yang baik

taman golf Nuvasa Bay Batam

Lingkungan yang baik bukan hanya lingkungan yang mengedepankan panorama alam yang indah. Lingkungan yang baik yaitu memenuhi standar green living tanpa merusak sekeliling. Mulai dari adanya green space, pepohonan yang terawat, udara yang bersih, bebas polusi, bebas sampah, pedestrian yang teratur, jalur sepeda, serta memiliki panorama global yang indah.

Lingkungan yang baik bukan sebatas mampu memenuhi kebutuhan orang dewasa, tetapi juga mampu mengakomodasi kebutuhan anak-anak. Livable city adalah kota yang ramah anak. Anak-anak memiliki ruang untuk bergerak, playground, serta fasilitas bermain. 

2. Understable

Sebuah kota layak huni mampu memenuhi dan mengerti kebutuhan masyarakatnya. Kebutuhan masyarakat seperti kebutuhan rumah yang layak, akses menuju tempat bekerja yang mudah, pusat komersil, store, sekolah, tempat rekreasi, serta mampu memenuhi rasa aman bagi masyarakatnya.

Sinarmas world academy

Livable city juga mengerti secara detail akan kebutuhan pendidikan bagi masyarakatnya. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Mulai dari sekolah formal maupun sekolah vokasional. Dari tingkat dasar hingga universitas nasional dan internasional. Livable city hendaknya memiliki sekolah yang terjangkau dan mudah diakses dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi massal.

Livable city juga sebaiknya mengerti kebutuhan hiburan bagi masyarakatnya. Semisal menyediakan sarana hiburan seperti city hall, mall, tempat rekreasi, dan tempat hiburan lainnya. Apalagi jika semua fasilitas ini terkoneksi dengan transportasi massal atau highway yang lancar.

Satu hal yang paling penting dari sebuah kota layak huni adalah mengerti akan kebutuhan rasa aman. Livable city hendaknya memiliki strategi menciptakan rasa aman bagi penduduknya. Misal dengan adanya sistem monitoring terpusat menggunakan cctv atau menempatkan pos-pos pengamanan di sejumlah titik rawan.

3. Inovatif

Livable city dipandang inovatif terlihat dari segi tata kota, struktur, teknologi, transportasi, dan fasilitas lainnya. Inovatif bukan hanya dalam hal fasilitas dan teknologi, tetapi juga inovatif dalam memenuhi tujuan agar masyarakat memiliki kehidupan yang nyaman dan pergerakan yang mudah serta saling terintegrasi.

Livable city yang baik hendaknya memenuhi berbagai kebutuhan pribadi dan fasilitas umum yang memadai. Seperti letak perumahan yang teratur dan tertata, drainase yang baik, pengelolaan sampah yang berkesinambungan, fasilitas jalan yang terintegrasi, akses telekomunikasi lancar, serta transportasi massa yang mudah diakses. Livable city yang memadai menurut saya harus memiliki prinsip inovatif, agar masyarakatnya hidup nyaman dan kreatif.

4. Estetik

the nove nuvasa bay batam

Sebuah kota layak huni mampu memenuhi unsur sebagai kota yang cantik dan estetik. Nilai estetik livable city bukan hanya tampak dari arsitektur bangunan yang indah, tetapi dari tata kota yang terstruktur dan teratur.

Jika sebuah kota memiliki nilai estetik, maka akan menimbulkan kecintaan masyarakat terhadap kota tersebut. Secara fitrah, manusia menyukai sesuatu yang indah. Jika livable city dibangun dengan nilai estetik, saya yakin akan timbul kecintaan masyarakat untuk menjaga kota yang cantik.

5. Long Lasting

Livable city yang long lasting artinya memiliki sebuah value added bagi masyarakat dan lingkungannya. Sehingga penghuninya betah dan memiliki keterikatan emosi untuk tinggal disana.

Saya memimpikan tinggal disebuah kota dengan value sebagai kota yang memiliki kebermanfaatan bagi masyarakatnya. Dimana value yang dibangun dapat menjadi nilai tambah bagi penduduknya. Misalnya masyarakat diberi keterampilan mengolah sampah menjadi rupiah dan sebagainya. 

Ini yang membuat sebuah kota layak disebut sebagai livable city. Bukan hanya mencari materi tetapi mampu memenuhi kebutuhan emosi, saling mengisi, saling memotivasi, serta saling menginspirasi.

Kriteria sebuah kota layak huni yang saya sebutkan diatas sepertinya terlalu tinggi, tapi bukan berarti tidak ada. Jika suatu hari saya ingin membeli properti impian untuk investasi dengan konsep kota layak huni, saat ini Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City


Sinar Mas Land sangat fokus untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah kota layak huni. Hal ini tercermin dari proyek-proyek yang digarap oleh Sinar Mas Land. Proyek properti dari Sinar Mas Land dikembangkan dengan konsep livable city. Hal ini sesuai dengan komitmen Sinar Mas Land sebagai pengembang properti yang peduli akan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Beberapa proyek-proyek besar yang dibangun oleh Sinar Mas Land dengan konsep livable city antara lain BSD City Jakarta, Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Kota Deltamas Cikarang, Nuvasa Bay Batam, dan masih banyak lagi.

Banyaknya properti yang dibangun Sinar Mas Land mengedepankan konsep livable city sangat menarik minat pembeli. Wajar saja! Karena sinar Mas Land membangun properti dengan mengedepankan konsep livable city dengan 4 pilar utama sebagai kunci.

4 pilar utama Sinar Mas Land

Empat pilar utama yang diusung Sinar Mas Land menjadi jiwa dalam setiap propertinya. Masyarakat dapat melihat nafas dari livable city yang dibangun Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land sangat memperhatikan detail pembangunan mulai dari master plan, kualitas bahan, nilai investasi, hingga konsep green living dan green building. Ini yang menjadi acuan masyarakat tentang The future of integrated livable city in Indonesia.

Memilih Properti dengan Konsep Livable City adalah Pilihan Jeli dalam Berinvestasi


Konsep livable city memang konsep hunian impian. Hampir semua proyek-proyek dengan konsep livable city Sinar Mas Land mirip dengan impian saya tentang kota layak huni. Proyek kota layak huni seperti kawasan kota mandiri BSD City Jakarta atau Nuvasa Bay Batam yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land adalah salah satu properti impian saya.

terrace Nuvas Bay Batam

Karena proyek-proyek tersebut dibangun tak hanya memikirkan nilai komersil tetapi juga akses transportasi yang terintegrasi, fasilitas publik yang yang mendukung, serta konsep green living dan green building yang beriringan dengan pembangunan. 

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, Sinar Mas Land menghadirkan pilihan hunian dengan nilai investasi terbaik. Maka saya menyimpulkan bahwa konsep livable city Sinar Mas Land adalah pilihan jeli investasi properti. Mau investasi dengan nilai tinggi, ingat bahwa Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city. Sepakat? Semoga bermanfaat!

Referensi:
https://www.rumah.com/panduan-properti/estimasi-kenaikan-harga-rumah-67894
https://instagram.com/swa_jkt
https://www.sinarmasland.com/
https://www.nuvasabay.co.id/
https://instagram.com/nuvasabay
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

30 komentar

  1. Bagus ya konsepnya untuk mengembangkan livable city. Memilih hunian itu memang banyak pertimbangannya. Ga hanya dari desain rumah tapi lingkungan, fasilitas dan akses juga

    BalasHapus
  2. Investasi tidak bisa asal investasi, ya. Sekalipun itu property yang katanya pasti menguntungkan. Kita tetap harus selektif dan upgrade wawasan.

    BalasHapus
  3. Punya rumah dengan konsep livable city juga impianku mbak. Dengan pemandangan yang segar, pohon, bebas sampah dan polusi udara bisa bikin nyaman di rumah. Apalagi kerjaan banyak di rumah ya mbak. Semoga tercapai impian punya rumah dengan konsep livable city ini. Sinarmas Land keren banget wujudkan itu semua.

    BalasHapus
  4. konsep livable city memang keren dan menurut saya itu harus ada disetiap kota, apa yang sudah dilakukan oleh Sinar Mas Land itu merupakan hal yang luar biasa, membangun kota yang livable.

    BalasHapus
  5. konsep project properti sinar mas land sangat bagus sekali diterapkan untuk mncapai livable city, dengan 4 pilar yg dterpkn live, learn, work dan play, untuk brkehidupan layak, nyaman dan aman

    BalasHapus
  6. sinar mas land ternyata punya konsep yang emang keren ya mbk.
    tempat hunian impian semua orang semoga bisa punya juga amin ..

    BalasHapus
  7. Bagus memang kalo developer memperhatikan soal lingkungan, karena kalau jumlah bangunan/kompleks besar besar pengaruhnya, bisa membuat lingkungan jd rusak atau sebaliknya jadi lebih bagus

    BalasHapus
  8. Punya hunian tuh bukan sekedar nyaman ditempati tapi banyak aspek yang jadi pertimbangan, apalagi dengan kondisi cuaca dan lingkungan negara kita yang tidak terduga. Suka deh sama konsep liveable city yang ditawarkan, relate sesuai kebutuhan kita

    BalasHapus
  9. Bismillah impian juga mempunyai investasi, apalagi sampe punya hunian dengan konsep Livable city pasti aman, nyaman dan tentram.

    BalasHapus
  10. Keren nih konsep yang diusung Sinar Mas, tujuan seseorang membeli sebuah rumah adalah untuk tempat tinggal dalam kurun waktu panjang sehingga perlu banyak pertimbangan mulai dari lingkungan sekitar, sarana umum, strategis atau tidak, ini semua ada ya di perumahan Sinar Mas, di Surabaya juga ada perumahan milik Sinar Mas

    BalasHapus
  11. Sepertinya sering dengar kejadian beli rumah pertama yang kurang beruntung. Bisa dimaklumi sih yabal, karena kita kan belum punya pengalaman. Belum lagi karena iming-iming harga murah dan kita sudah kebelet ingin pumya rumah 😅. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi saat beli rumah. Jadi bisa pindah ke tempat baru. Apakah sampai sekarang masih kena banjir mbak?

    BalasHapus
  12. Di Jabodetabek sudah ternama konsep livable city ala Sinar Mas Land ini, memang ya pengembang properti ini sungguh peduli akan kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  13. Dalam memilih rumah (tempat tinggal) memang banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Jangankan rumah, kos (bagi saya yang masih mahasiswa) pertimbangannya juga lumayan banyak. Mulai dari air, listrik, akses jalan, keamanan hingga terakhir biaya sewanya. Apalagi membeli sebuah rumah yang akan ditinggali dalam waktu yang panjang, makin banyak juga pertimbangannya. Beruntung yah, ada sinar mas land yang cukup inovatif dan memberikan perhatian terhadap living Environment dan perumahan masyarakat

    BalasHapus
  14. Perumahan besutan Sinarmas Land yang terdekat dengan Rumah saya adalah Kota Wisata Cibubur. Dan setiap kali masuk kesana selalu berdecak kagum atas keindahan cluster maupun fasilitasnya.

    BalasHapus
  15. Yang kusuka dari Sinar Mas Land itu selalu ngembangin proyek yang punya kesinambungan dengan lingkungan, bahkan kepedulian dengan warga yang ada di sekitar wilayah pengembangan. Desain properti baik apartemen maupun kota mandiri, sangat unik dan memanjakan pelanggan.

    BalasHapus
  16. setuju, membeli rumah terkadang adalah perkara yang dilematis.. di satu sisi ingin cepat membeli rumah karena khawatir dengan pertumbuhan harganya yang tinggi di setiap tahun, tapi di satu sisi jika salah maka yang ada malah boncos.. apalagi banyak ditemukan para pembeli rumah dari developer2 yg mengungkapkan kekecewaan karena misalnya desain kamar mandi yang salah, sehingga air menggenangi kamar mandi atau instalasi listrik yang kurang baik sehingga rumah yang baru ditempati beberapa tahun malah mengalami kebakaran..
    semoga konsep yang diberikan sinarmas bisa memberikan solusi kepada para pencari hunian :)

    BalasHapus
  17. Sinarmas ini keren yak! Mereka membuat design pembangunan kota dengan konsep yang estetik. Nggak salah kalau penjualan rumah di sinarmas ini jadi incaran. Setahuku salah satu perumahan di BSD, juga pengembangnya sinarmas, di kawasan elite. Wow, banget! :D

    BalasHapus
  18. Wah, konsep livable city emang penting banget buat kita yang milih properti sebagai tempat tinggal ataupun investasi. Mengingat itu kan kebutuhan primer manusia ya... Keren sih kalau Sinarmas Land udah merhatiin hal-hal penting ini.

    BalasHapus
  19. Kalau investasi properti lebih baik coba jadikan kontrakan atau kos-kosan saja. Tapi pemilihan lokasi juga harus diperhatikan, pastikan wilayahnya benar-benar strategis.

    BalasHapus
  20. Investasi properti coba dijadikan kos-kosan saja biar menguntungkan. Tapi wajib pilih lokasi yang strategis biar banyak yang ngekos di rumah tsb

    BalasHapus
  21. Sampai sekarang masih belum berani beli rumah karena belum paham betul soal beginian. Beneran kayak cari jodoh rasanya. Baca artikel ini jadi ada gambaran setidaknya apa saja hal2 yg harus dipertimbangkan dalam memilih hunian.

    BalasHapus
  22. Properti adalah investasi jangka pnjang dengan minim resiko. Tapi bener adanya jika tepat. Jika meleset malah kita yang ambyarya..

    Hal hal yang perly dipertimbangkan adalah trackrecord dari instamsi mana yang membawahi properti tersebut. Ini juga krusial. Bahus juga nih konsepnya sinarmas. Mantap

    BalasHapus
  23. Setuju kalau investasi properti itu harus hati2. Jangan termakan harga murah tapi someday kita malah boncos untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi

    BalasHapus
  24. MasyaaAllah, Queen bijak syekali, semoga terwujud yah, aamiin.. Tapi, bener nih, rasanya tinggal di tempat layak huni tuh, menentramkan banget. Alhamdulih, ada Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city ini yah, Mom. Fasilitasnya juga lengkap banget, bener-bener hunian impian deh.

    BalasHapus
  25. Pengen dong ada hunian liveable city nuansa batam di Garut. Kalau Sinar Mas yang handle pastinya bakalan luar biasa hasilnya. Namun, susah juga, ya, kalau di kota kecil macam garut ini.

    BalasHapus
  26. Sebagai yang tinggal di sisi BSD City saya bisa menyaksikan sendiri bagaimana livable city bisa diwujudkan oleh Sinarmas land dalam hitungan satu dekade. Awal mula lahan perkebunan karet yang sepi mampu disulap menjadi komplek hunian yang all in one, semua ada di sini.

    BalasHapus
  27. Kebetulan banget saya dan istri sedang berusaha untuk belajar tentang investasi properti ini. Sepertinya saya jadi minat untuk pelajari lebih lanjut program dari Sinas Mas Land ini..

    BalasHapus
  28. Pengen banget punya rumah yang berkonsep livable City. Ada artikel yang isinya tentang referensi hunian berkonsep livable City disertai harganya kah Mbak?

    BalasHapus
  29. Sinar Mas Land Nuvasa Bay huniannya emang ga ada duanya. Kapan ya bisa nginap di sini.

    BalasHapus
  30. Investasi properti kalau di kota besar memang menggiurkan. Apalagi kalau lokasinya strategis kayak proyek2 Sinar Mas Land ya

    BalasHapus

Posting Komentar