header

5 Pesan Moral Film Layangan Putus Episode 10

13 komentar


Apa pesan moral film Layangan Putus Episode 10 ini? Film layangan putus menjadi salah satu web series yang sedang ramai diperbincangkan oleh para Ibu Indonesia. Bagaimana tidak, film yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Putri Marino ini sukses menghipnotis penonton negeri +62.   

5 Pesan Moral Film Layangan Putus Episode 10

Isu yang diangkat adalah isu perselingkuhan dan poligami dalam rumah tangga. Kedua isu ini adalah problem yang sering sekali bersinggungan dengan rumah tangga. Wajar bila film yang tayang dalam aplikasi WeTV ini langsung mencuri perhatian.

Sinopsi Film Layangan Putus


Bermula dari kisah rumah tangga antara Aris dan Kinan yang sangat harmonis. Suaminya sangat mencintai istri, begitu pula istrinya, sangat mencintai suaminya, Aris.

Rumah tangga mereka telah dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik bernama Rayya. Kebahagiaan mereka terasa lengkap tatkala Kinan saat itu sedang mengandung bayi laki-laki di rahimnya.

Aris adalah seorang pengusaha sukses. Tetapi tidak begitu jelas apa yang menjadi proyek bisnis Aris. Dia memiliki rekan kerja yang bernama Miranda, Aris terlihat sangat intens dengan Miranda. Hal ini sempat membuat Kinan merasa ada sesuatu dalam hubungan keduanya.

Pernah Kinan menganggap bahwa Miranda adalah selingkuhan Aris, ketika Kinan menemukan ada anting wanita dalam jas Aris. Kinan mengira anting itu kepunyaan Miranda. Di sinilah awal kecurigaan Kinan pada Aris.

Kinan bahkan pernah melabrak Miranda ke apartemennya, pada saat Miranda sedang bersama dengan teman lelakinya. Ada juga adegan Kinan bak detektif mengendap-endap mendata semua perilaku aneh Aris.

Mulai dari anting perempuan, bau parfum yang bukan miliknya, hingga mengecek handphone suaminya. Sikap tenang dan cerdas yang dimiliki Kinan patut dijadikan contoh ketika menghadapi suami yang mulai melirik wanita lain. Ahay! 

Rupanya Kinan salah sangka, ada seseorang yang bernama "Jack Office" yang menjadi wanita lain dalam rumah tangga mereka. Wanita itu adalah Lidya (diperankan Anya Geraldine). 

Bagaimana kinan bisa mengungkap perselingkuhan Aris dan Lidya? Drama rumah tangga Layangan putus ini penuh dengan emosi dan air mata. Sayang sekali kalau Kamu melewatkannya. 

Kinan mengibaratkan rumah tangganya adalah sebuah layangan. Dan mereka berdua adalah yang memegang tali kendalinya. Maka ketika rumah tangganya diwarnai dengan isu perselingkuhan dan perceraian, maka Kinan mengibaratkan bagai layangan putus yang tak tentu arah.

Drama series yang tayang setiap minggu di aplikasi WeTV selama bulan Desember ini, sangat menguras emosi, mengandung bawang dan of course diwarnai dengan adegan 17+. Meski menurut saya porsinya terlalu banyak, dan sedikit vulgar.

Namun dari mini seri ini saya melihat banyak pelajaran dari Film Layangan Putus yang bisa diambil. Apa saja? Mari kita bahas.

5 Pesan Moral dari Web Series Layangan Putus Episode 10


Film Layangan Putus episode 10 memberi banyak pelajaran bagi kita semua. Terutama bagi saya sebagai istri, ibu dan sebagai seorang pribadi.

1. Sebagai Istri, Kinan Adalah Istri yang Sempurna

  
Diary Kinan

Dimata sang suami, Kinan adalah istri yang sempurna. Menurut Aris, dia sangat menghargai suaminya, dia juga sangat mengerti suaminya meski tidak semuanya. Kinan juga bisa menghandle semua hal.

Namun ada satu pertanyaan yang menggelitik kepada Aris. Jika Kinan adalah seorang istri yang sempurna, lantas mengapa kamu selingkuh? apakah menjadi istri yang sempurna malah menjadi celah bagi suami untuk bisa selingkuh?

Web series Layangan putus episode 10 ini benar-benar menguras emosi saya. Menurut saya, penggambaran Aris tentang Kinan yang sempurna justru menjadi alibi bagi Aris untuk menutupi perlakuannya. 

Bisa saja ada yang beropini begini, "Ah ngapain jadi istri yang sempurna, nanti suaminya malah selingkuh kayak layangan putus" atau begini "Jangan mau jadi wanita sempurna, nanti suami malah mencari yang tidak sempurna" oh no! 

Untuk menghindarkan dari pemahaman ini, saya pribadi menganggap tokoh Kinan adalah wanita yang cantik, tegas, dan cerdas. Ini tidak ada hubungannya antara sikap ini dengan perilaku suami yang suka selingkuh.

Satu hal catatan saya sebagai istri, mungkin Kinan lebih suka tampil natural dibandingkan selingkuhannya yang punya penampilan cetar dan memikat.

Hmm mungkin juga karena Kinan sedang hamil, tetapi saat episode 7 Kinan mengatur drama pertemuan Aris, Lidya, dan dirinya. Kinan justru jauh lebih cantik dari selingkuhan suaminya.

Intinya, saya ingin mengangkat pesan bahwa tampillah cantik untuk suami. Karena kita tidak pernah tahu, godaan macam apa yang di lihat suami di luar sana.

2. Membangun Rumah Tangga Tidak Hanya Modal Cinta, Butuh Komitmen!


Meski sudah berselingkuh hampir setahun, Aris masih tetap mengatakan dia sangat mencintai Kinan. What?? Cinta macam apa yang dimaksud Aris? Menurut pendapat saya inilah yang dinamakan cinta tanpa komitmen. Cinta palsu, dan cinta status.

Aris tetap ingin menikahi Lidya, tetapi di pihak lain dia juga enggan menceraikan Kinan. Benar kata pepatah mencintai itu mudah, tapi untuk komitmen dengan kata cinta pada pasangan, sungguh tidak mudah.

Jika cinta mengapa harus selingkuh? Inilah pesan besar dalam membangun rumah tangga : modalncinta saja tidak cukup, butuh komitmen didalamnya. Komitmen untuk saling menjaga dan menghargai perasaan cinta masing-masing. Komitmen ini yang akan membuat cinta dalam pernikahan semakin kuat.

Cinta saja tidak cukup, butuh komitmen untuk membuktikannya. Aris tidak bisa membuktikan komitmen cintanya. film ini benar-benar mengaduk-ngaduk emosi para istri, termasuk saya.

3. Kinan Memiliki Kecerdasan Emosi yang Sangat Baik


Momen yang paling mendebarkan adalah saat Kinan memegang pisau dan mengendap-ngendap ke kamar Lidya. Apa yang saya harapkan sebagai penonton dan sebagai seorang istri yang menemani wanita lain bagi suamimu? You should know! Hehe..

Tetapi justru diluar dugaan penonton. Kinan hanya ingin memotongkan buah untuk Lidya yang sakit. Saya mengira Kinan akan berbuat hal bodoh, namun sang Director film layangan putus, Benni Setiawan sukses membuat emosi penonton bergejolak dengan ending yang epik.

Salut dengan sikap tenang Kinan dalam menghadapi Lidya. Kinan tetap bersikap profesional sebagai seorang dokter melayani pasiennya. Mungkinkah dalam kehidupan nyata akan begini? Saya rasa sulit! Yang banyak terjadi adalah saya melihat pelakor dan istri sah seringnya jambak-jambakan hehe.. 

4. Kinan Tidak Pernah Menunjukkan Rasa Marah Pada Suami di Depan Anaknya.


Pada banyak kasus, sering sekali terjadi yang namanya parental burnout. Parental burnout adalah kondisi kesehatan mental yang muncul karena kelelahan yang luar biasa, atau stress yang berkepanjangan sehingga tak jarang anak-anak yang menjadi korbannya.
   
Pesan Raya Layangan Putus


Meski Kinan sudah dapat membuktikan bahwa suaminya jelas-jelas mempunyai wanita idaman lain (WIL), Kinan tetap bisa menguasai emosinya di depan Rayya.

Hal yang kurang sinkron dengan kehidupan sehari-hari Indonesia adalah perilaku 'hidup bersama' antara Aris dan Lidya. Ini agak bersebrangan dengan gaya ketimuran kita yang menganggap hal ini adalah tabu.

Meski begitu, Kinan tetap membolehkan Rayya tinggal dan menginap bersama Aris dan Lidya. Jika penonton mengharapkan ada adegan jambak-jambakan, tentu tidak ada di serial Layang Putus ini. Karena yang terlibat dalam cinta segitiga ini adalah orang-orang intelek. Emosinya tidak labil dan marahnya stabil.

Kinan menjadi contoh yang seharusnya dilakukan seorang ibu, yang sedang berkonflik dengan pasangan. Jangan bawa anak-anak. Jangan libatkan anak-anak pada konflik dan emosi orangtuanya. Contohlah Kinan!

4. Meski Sudah Menikah Kita Tetap Butuh Sahabat


Saat Kinan merasa berada dititik nol hidupnya, dia paham bahwa dia butuh tempat berbagi. Siapa orang terdekat setelah orang tuanya? Sahabat! Ada Lola, Dita dan Andre.
  
Kinan dan Para Sahabat


Mereka tetap bersama meski masing-masing memiliki kesibukan. Tetap saling mendukung saat yang lain terluka. Dan yeah! Tetap bersama saat suka maupun duka.

Itulah sahabat, yang tak pernah meninggalkanmu ketika kesepian, apalagi membiarkanmu membayar bill sendirian hehe..

Kita tetap butuh sahabat, dan Kinan selain di dampingi oleh ibunya disaat tersulit dalam hidup nya, dia juga didampingi oleh para sahabatnya. So, meski sudah menikah tetap jalin komunikasi dengan sahabat ya :)

5. Kinan Sebagai Istri, Ibu dan Pribadi Berhak untuk Bahagia! 


Sosok Andre (diperankan Martinus Liao) mengatakan bahwa Kinan itu seorang yang mandiri, tegas, cerdas dan pekerja keras. Selama mengenalnya, Kinan tegas terhadap sesuatu, dan terlebih Kinan melakukan sesuatu dengan happy.

Ketika dirinya merasa tidak bahagia, maka dia akan meninggalkannya. 
"Kinan, I just wanna see you happy. You deserve to be happy" Andre, sahabat Kinan.
Bagi 'Kinan-Kinan' yang lain, sudah saatnya jika merasa sesuatu sudah mencoreng harga diri, maka saat itu lah kamu harus tegas untuk pergi dan happy. Kita butuh berdamai dengan diri sendiri dan menyembuhkan luka bathin

Jangan meratapi keadaan dan berharap kebaikan Tuhan dengan berdalih ini takdir. Jadilah tokoh Kinan yang tegas dan cerdas untuk memilih melanjutkan hidup dan memilih bahagia.

Quote Terbaik dari Film Layangan Putus Episode 10 End


"Saya harap orang tua kamu tidak merasakan apa yang orang tua saya rasakan sekarang. Dan yang paling penting adalah kamu tidak pernah merasakan apa yang saya rasakan sekarang." Kinan pada Lidya

Sahabat sejati akan selalu ada apapun kondisi kita. Sahabat sejati selalu ada saat duka dan duka.
"We are here for you! " Lola, Lawyer dan Sahabat Kinan

Diary Kinan Layangan Putus 

"Bagaimana bisa aku membencinya? ketika dialah yang menyampaikan pelajaran paling berharga dalam hidupku. Pernikahan ini telah mengajarkan ku, bahwa kadang kita membutuhkan kekuatan yang jauh lebih besar untuk melepaskan sesuatu, ketimbang menggenggamnya erat-erat. "

 

Diary Kinan

" Tidak apa-apa jika sesekali kita kehilangan layangan kita. Tidak apa-apa jika sesekali impian kita diterbangkan oleh angin. Karena satu-satunya yang harus kita genggam erat adalah diri kita sendiri. " 
___

Sebuah ending quote dari Film Layanan Putus episode 10 yang sangat epik. Menyentuh dan sarat pesan. Bersyukur saya punya kesempatan menonton film Layangan Putus ini dari awal hingga episode 10. Banyak hikmah yang bisa dipetik.

Kamu sudah nonton juga? Cerita dong di komentar.

Salam, 
Yunniew 
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Akting Putri Marino supeerrrr sekali! Kalau nggak ada Putri Marino, sepertinya nggak bakal 'hidup' web seri ini. Apalagi yang scene fenomenal "It's my dream.." itu.. sekali take bo'... keren banget sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow Sekali Take!?! Emang hebat dua tokoh ini ya..Putri dan Reza emang pemain yang totalitas dalam bermain.

      Hapus
  2. Soal kerjaannya Aris itu kayak ada plot hole, ga sih? Kan ada adegan Aris di UGD pakai baju rada lusuh ditolong Kinan yg masih jadi dokter jaga UGD. Terus kok jadi kaya raya gitu? Itu perlu berapa puluh tahun bisa jadi gitu? Wkwkwk

    Overall, kisah ini menyadarkan kalau satu-satunya yang bisa kita kendalikan adalah diri sendiri. Kinan ga bisa mengendalikan suaminya supaya ga selingkuh. Tapi ia berhasil mengendalikan dirinya di tengah konflik yang menguras kesabaran.

    Ceritanya bagus, tapi adegan 17+nya terlalu banyak menurutku heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. widih jeliii amat...iya ya bener juga,cepet banget si Aris tetiba menjelma menjadi pengusaha sukses dalam berapa tahun. Kalau di hitung usia anak yang masih SD mungkin cuma 6-7 tahun aja wkwk...di film mah cepat yah mau jadi kaya.

      Kalau di real life bisa berdarah-darah dulu belum tentu sukses wkwk
      btw,aku juga mikir kebanyakan apa doyan itu adegan 17+ nya haha.

      Hapus
  3. Definisi menguras emosi, 11-12 vibesnya sama pas nonton The World of Married Couple. Walau belum nikah, entah kenapa emosinya dapet dan bisa kerasa banget di penontonšŸ˜­

    BalasHapus
  4. Alibi yang pertama jadi alibi yang paling sering digunakan oleh pasangan untuk meninggalkan, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Bahasa lainnya adalah "kamu terlalu baik buat aku, kamu sempurna, kamu benar-benar penyayang".

    Memuji orang untuk menutupi keinginan segera pindah ke hati yang lain.

    BalasHapus
  5. Terpana sama quotes yang terakhir. Harus menggenggam diri sendiri itu penting biar nggak hilang arah. Punya prinsip sendiri.

    BalasHapus
  6. Kinan emang keren sih, she deserve better. Prinsip dan damage nya parah sih

    BalasHapus
  7. Saya lebih suka baca novelnya dibanding web series nya, karena menurut saya film nya agak terlalu berlebihan, seperti sebenarnya Mas Aris dan Lidya sudah menikah saat ke Capadocia. jadi tidak ada unsur perzinahan dalam cerita aslinya.

    BalasHapus
  8. Huhu setuju, tokoh Kinan yang digambarkan begini dan begitu ngga ada hubungannya dengan perilaku suami yang suka selingkuh. Makasih sharingnyaa Kak

    BalasHapus
  9. Nah ini drama yg lagi ngetren. Akting Reza dan Putri Marino sih udah ngga diragukan lagi. Apalagi jalan ceritanya juga emosional seperti ini.

    BalasHapus
  10. wah saya baca sampai habis, seru banget ya film nya? mantap alur ceritanya dan pesan yang disampaikan kayaknya sudah jelas dan bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  11. bencinya perselingkuhan wajib nonton ini sih wkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar