header

4 Cara Menemukan Writer Authority Melalui Konsep IKIGAI

11 komentar

4 Cara Menemukan Writer Authority Melalui Konsep IKIGAI

Pernah mendengar istilah writer authority?  Seorang penulis hendaknya memenuhi authority atau otoritasnya dalam menulis. Pembuat konten sangat memerlukan kemampuan writer authority dalam menghasilkan karya.

Apa yang dimaksud Dengan Writer Authority?


Writer Authority adalah otoritas penulis. Writer authority ini mirip dengan niche sebuah blog. Tetapi otoritas penulis memiliki pengertian keahlian mendalam seorang penulis, dengan kata lain spesialisasi seorang penulis. Ingin dikenal sebagai apa? Itulah yang disebut dengan writer authority.

Apa yang harus diperhatikan dalam menentukan writer authority?


Dalam menentukan writer authority untuk blog pribadi, kamu bisa menggunakan pendekatan Ikigai.

Apa itu IKIGAI?


IKIGAI adalah sebuah alasan yang menjadi sebab seseorang sangat mencintai atas apa yang dilakukannya.

Menurut kak Nabila, coach dalam kelas Content Writing yang sedang saya ikuti, Ikigai itu secara sederhana berarti sebagai alasan yang membuat mengapa kita semangat bangun pagi.

Seperti ketika saya menulis, saya sangat bersemangat sekali,karena menulis adalah passion saya. Tetapi, lagi-lagi kak Nabila mengatakan bahwa Ikigai lebih dari sekadar passion.

Atau hal lainnya, misal passion kamu adalah travelling maka kamu bisa menjadi traveler. Atau passion kamu adalah berdagang, maka kamu bisa menjadi seorang pemilik toko online.

Pertanyaannya, apa yang membuat kamu begitu bersemangat dalam menjalankan apa yang menjadi passion mu itu? Disitulah peran IKIGAI.

Setidaknya ada 4 pertanyaan dalam menemukan IKIGAI. Namun sebelumnya mari kita simak bagan yang dibagikan oleh kak Nabila berikut ini :

4 Cara Menemukan Writer Authority Melalui Konsep IKIGAI

Bagaimana Cara Menemukan Writer Authority Melalui Konsep IKIGAI? 

  • Apa yang paling kamu sukai?
  • Apa yang menjadi kekuatan dan kelebihanmu?
  • Apa yang pembaca butuhkan?
  • Apa yang membuatmu dibayar
Untuk membuat bahasan ini mudah, mari kita bahas satu persatu.

1. Apa yang paling kamu sukai?


Kamu bisa menuliskan hal apa saja yang paling kamu sukai. Apapun itu, lengkap dengan alasannya. Kalau di challenge ke 2 ini saya menulis tentang dunia blog saya.

Yaitu informasi seputar pola asuh anak, pernikahan, hubungan orangtua dan anak, tips dan trik dalam pola asuh dan semisal.

Intinya tentang dunia menjadi orang tua dalam sudut pandang ibu. Meski kadang diselipin curhat juga, tapi tetap berusaha memberikan informasi.

Saya juga gemar mereview produk. Baik dibayar ataupun tidak. Saya sangat suka memberi ulasan. Makanya saya mempunyai tagline 'tukang review produk temen'

Nah kamu juga bisa menuliskan apa saja yang kamu sukai. Bisa tulis minimal 5-6 poin sesuatu atau hal yang paling kamu sukai. Jika sudah? Kita lanjut ke konsep Ikigai yang ke dua.

2. Apa yang menjadi kekuatan atau kelebihanmu?


Kamu boleh menuliskan apa yang menjadi peta kekuatan kamu. Boleh juga menuliskan 3-4 poin atau lebih, peta kekuatan kamu.

Nah kalau saya, yang paling menjadi kekuatan saya adalah ahli menulis panjang hingga 2000 an kata untuk satu artikel.

Saya suka memberi ulasan pada berbagai produk. Baik produk barang maupun jasa. Saya memang doyan mengulas.

Kamu juga bisa mengamati lagi poin mana yang menjadi kekuatan atau kelebihan kamu. Paham ya? Kita lanjut ke poin nomor tiga. 

3. Apa yang pembaca butuhkan?



4 Cara Menemukan Writer Authority Melalui Konsep IKIGAI

Beberapa pembaca sangat tertarik dengan konten yang memuat tulisan seperti berikut ini

a. Konten yang Informatif


Meski memiliki konten tulisan yang (kadang) disertai curhatan, tapi saya tetap berusaha memberikan konten yang informatif. Konten yang memberikan informasi dari setiap postingan.

b. Konten Review


Pembaca juga biasanya mencari konten review yang berisi ulasan suatu produk, yang melihat bagaimana reaksi orang lain saat menggunakannya.

Istilahnya melihat hasil reviewnya terlebih dahulu. Review inilah yang akan digunakan oleh pembaca sebagai bahan rujukan, apakah akan membeli atau tidak untuk suatu produk.

c. Tips dan Trik


Selain itu pembaca juga sangat tertarik dengan konten tips dan trik. Tips dan trik jitu seputar pola pengasuhan, cara mengatasi anak yang tantrum, ataupun tips cara menghasilkan uang dari rumah.

4. Apa yang membuatmu dibayar?


Topik apa yang paling kamu kuasai? Dan membuat orang berani membayar mu?

Berdasarkan pengamatan selama ini, topik yang paling saya kuasai adalah dalam hal memberi ulasan suatu produk atau jasa. Inilah yang membuat orang berani membayar saya.

Kamu juga bisa menemukan apa yang menjadikan kamu layak dibayar? Dan jadikan itu sebagai salah satu kekuatanmu.

Topik review adalah alasan orang menggunakan jasa saya sebagai content writing.

Mereka biasanya, para Brand, pengguna jasa reviewer, sangat tertarik dan ingin bekerja sama karena :

a. Kualitas Konten


Brand tertarik untuk bekerja sama dengan kemampuan Blogger dalam mereview suatu produk atau jasa. Penggunaan gaya bahasa dan penyampaian yang lugas dan apa adanya membuat mereka mau bekerja sama.

b. Kualitas Web


Tak dapat dipungkiri bahwa, kualitas web juga menjadi salah satu alasan yang membuat brand mau berkolaborasi dengan content writer.

Kualitas konten meliputi jumlah pengunjung, peringkat web di mata google dan semisal menjadi tolak ukur brand berani membayar penulis blog.

c. Ketepatan Waktu Pengerjaan


Ketepatan waktu dalam mengerjakan sebuah konten juga menjadi salah satu alasan. Perusahaan atau brand sangat menghargai, jika kamu dapat mengerjakan job tepat waktu tanpa harus ditagih-tagih terlebih dahulu.

Setelah memahami konsep Ikigai ini, Saya bisa menyimpulkan Cara Menemukan Writer Authority Melalui Konsep IKIGAI ini sangat mudah diterapkan.

Tinggal bagaimana cara kamu menuangkannya dalam bentuk tulisan dan menjadikannya sebuah senjata rahasia. Menemukan otoritas penulis dengan Ikigai bisa mulai dipraktekkan yuk!

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Sangat bermanfaat! Aku jadi merefleksikan kembali writer authority-ku ❤ terima kasih.

    BalasHapus
  2. Setelah membaca tulisan Mbak Yuni ini semoga konsistensi menulis saya semakin istiqomah dengan perbaikan kualitas dan kuantitas menulisnya

    BalasHapus
  3. ini seperti berkaca pada diri sendiri. karena menulis itu bisa menjadi sesuatu yang abadi, maka ikigai bisa membantu kita merumuskan tulisan secara sederhana ya. apa yang mau kita bagikan pada pembaca.

    terima kasih tulisannya

    BalasHapus
  4. Terima kasih, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  5. Makasih udah diingatkan lagi melalui tulisannya, Mbak :)

    BalasHapus
  6. baca ini,, aku jadi refresh kembali soal konsep IKIGAI ini... thank you.... yeay

    BalasHapus
  7. Aku tuh kalau nulis ya nulis aja, gak pernah mikir lebih dalam soal macam2. Tapi baca artikel ini bikin aku jadi kontemplasi lagi soal menulis.

    BalasHapus
  8. Whaaa... Analisis diri sendiri setelah baca tulisan ini ternyata butuh effort yang lumayan juga... Makasih ilmunya kakkkk

    BalasHapus
  9. Baru tahu ada istilah ini. Sip banget nih buat referensi untuk memantapkan kembali skill menulis. Terima kasih atas artikelnya yg sangat inspiring

    BalasHapus
  10. siipp.. perlu ditiru biar writer authoritynya makin mantep 😍

    BalasHapus
  11. NtF kalo aku lupa teorinya aku mampir sini. Makasih mbam yuni selalu gercep. Keren ih

    BalasHapus

Posting Komentar