header

6 Cara Membuat Artikel yang Menarik, Short Course Gratis Kak Jeyjingga dkk

14 komentar

6 Cara Membuat Artikel yang Menarik, Short Course Gratis Kak Jeyjingga dkk - Bulan Oktober adalah hari yang sangat berharga buat aku. Aku berkesempatan mengikuti short course gratis yang diselenggarakan oleh blogger kenamaan Kak Jihan dan kawan-kawannya.
 
6 Cara Membuat Artikel yang Menarik, Short Course Gratis Kak Jeyjingga dkk

  
Jihan Mawaddah atau lebih dikenal sebagai Jeyjingga, menggandeng blogger senior yaitu Shafira Adlina, dan mas Rozak.

Kursus online gratis yang berlangsung selama 3 hari ini, dilakukan via zoom. Mengangkat tema "Meraih 30 Juta Pertama dari Blog' pemilik blog jeyjingga.com ini berhasil membooster semangat kami para blogger pemula. Hei! siapa yang menolak??.

Mendapatkan penghasilan dari Blog, Kenapa Tidak?


Dibuka dengan materi pertama oleh Shafira Adlina, pemilik blog ceritamamah.com. Mengambil 3 bahasan sekaligus, kak Shafira membuka online course ini dengan santai. Pokok bahasan yang diangkat malam itu adalah
  • Apa tujuan ngeblog
  • Cara mendapatkan penghasilan dari ngeblog, dan
  • Cara menulis artikel yang menarik

Apa Tujuan Blogging?


Sebagai pembuka materi blogging, kak Shafira mengambil beberapa jawaban kami. Sebagai informasi, sebelum mengikuti short course ini, kami diberi pertanyaan saat melakukan registrasi. Salah satunya apa tujuan mengikuti kelas blogging short Course ini.

Jawaban peserta ternyata bermacam-macam. Diantaranya yang berhasil ku ingat, alasan blogging adalah
  • Ingin mendapatkan 30 juta seperti kak Jihan (ini jawaban terbanyak hehe)
  • Mempertajam kemampuan menulis dan wawasan
  • Tips dan trik menang lomba, dan
  • Meningkatkan skill menulis.
Alasan inilah yang akan membawa, kemana arah blog ini akan berlabuh. Apakah blog ini hanya sharing pengalaman atau mau menambah penghasilan?

Peluang Penghasilan Tambahan Lewat Blog


Menurut kak Shafira, blog berpeluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seberapa besar penghasilannya? Tanya saja sama kak Jihan, jangan tanya aku! Wkwk

Tentang penghasilan, kak Jihan sudah membuktikan lewat blog beliau sudah berhasil mengumpulkan 30 juta pertamanya. Yakin kamu menolak? Aku sih mau banget Guys!

Darimana peluang penghasilan ngeblog? Enaknya di kelas online ini, lagi-lagi pemilik blog cerita mamah ini membagikan rahasianya.

Channel penghasilan blog

  • Marketplace job
  • Sponsored post
  • Content placement
  • Google Adsense
  • Afiliasi
  • Lomba

1. Marketplace Job

Peluang mendapatkan penghasilan dari marketplace job seperti yang lagi ramai dibiciarakan oleh Blogger Indonesia adalah Intellifluence. Marketplace ini bahkan membayar dengan mata uang dolar US. Lain lagi dengan marketplace Sosiogo atau pun Vira.id dan Rajabacklink. Ini adalah jajaran marketplace blogger yang bisa diikuti untuk mendatangkan penghasilan.

2. Sponsored Post


Lagi-lagi mengenai sponsored post ini, kak Shafira menjelaskan bahwa sponsored post adalah jasa penulisan artikel baik produk maupun jasa, yang bertujuan mempromosikan /menanam backlink/meningkatkan awareness atau keperluan lainnya. Dari situ peluang pundi-pundi rupiah bisa didapatkan.

Dimana kamu bisa mendapatkan informasi tentang peluang job sponsored post ini? menurut kak Shafira informasi ini bisa didapatkan dari agensi,komunitas, grup facebook, whatsapp komunitas blog atau teman sendiri.

3. Content Placement


Content placement artinya penempatan konten didalam blog post yang semua materinya sudah disediakan oleh pihak pemasang konten. Blogger biasanya hanya mengedit seperlunya dengan penyesuaian bahasa yang biasa digunakan dalam blog. Aku juga belum pernah sih mendapat tawaran content placement hehe.

4. Afiliasi


Afiliasi ini biasanya berlaku perjanjian dengan pihak pemilik produk yang memberikan sejumlah komisi kepada pihak pemasar setiap kali berhasil melakukan penjualan. Contohnya shopee, Raja backlink dan lain-lain,

5. Google Adsense


Bisa juga untuk menambah penghasilan dengan memanfaatkan google adsense atau dari pengiklan lainnya.

6. Lomba Blog


Lomba blog bisa saja menjadi ajang mengukur kemampuan menulis. Selain itu manfaat dari kompetisi blog itu bisa mendapatkan hadiah dan popularitas. Untuk sesi ini akan ada kak Jihan yang akan membahasnya.

Pertanyaannya agar tulisan kita muncul sebagai pemenang lomba, maka harus mempunyai skill menulis yang mumpuni, salah satunya adalah memiliki kemampuan membuat artikel menarik.

6 Cara Menulis Artikel yang Menarik


1. Tentukan Niche Blog dan Target Pembaca


Dalam menentukan niche blog, sesuaikan dengan passion yang dimiliki. Aku sendiri mengambil niche parenting untuk blog Maminca Sharing dan hobi untuk blog TulisanMQ.

Kak Shafira mengingatkan bahwa, beda topik, beda pembaca, dan tentu saja beda gaya bahasanya.

2. Membuat Judul yang Menarik


Membuat judul yang menarik memiliki tantangan tersendiri. Berikut ini contoh judul yang diberikan oleh narasumber pada materi ini.

Perhatikan contoh judul di bawah ini :
  • Tips Melahirkan Normal
  • 6 Cara Melahirkan Normal : Tahapan dan Tips Persiapannya
  • 6 Cara Melahirkan Normal Terbaru dan Terlengkap

Dari ke tiga contoh judul diatas kak Shafira bertanya manakah judul yang paling menarik? 

Yup benar! nomor 2. Kenapa ? 
karena bermain dengan angka. Sedangkan di poin no 3 juga terdapat angka tetapi kurang menarik karena semacam ada over claim dalam judulnya hehe.

3. Gunakan Format yang Jelas Agar Tulisan Mudah dibaca


Tips yang diberikan oleh ibu dua anak ini adalah
  • disarankan menggunakan font yang mudah dibaca
  • Ukuran font antara 14 - 22 px, Jadi tidak khawatir terlalu besar atau terlalu kecil
  • Margin di bawah paragrap 1.5 - 2 cm
  • Perbanyak gambar, yang aku tahu juga setiap 100 kata setidaknya ada satu gambar pendukung biar mata pembaca ga jenuh melihat tulisan hehe.
  • Gunakan subheading. Penggunaannya membuat tulisan kita menjadi rapi.

4. Tingkatkan Kualitas dan Bobot Isi Artikel


Sebelumnya, di kelas Blogspedia yang aku ikuti juga selalu ditekankan bahwa "Konten is the King". Mau tidak mau kita harus memiliki kemampuan mengolah kata dengan apik.

5. Terapkan Piramida Terbalik


Piramida terbalik maksudnya pada paragraf awal diisi dengan informasi yang harus diketahui terlebih dahulu. Agar pembaca menjadi penasaran, sehingga melanjutkan membaca. Baru kemudian diparagrap berikutnya makin kebawah semakin mengerucut bahasannya. Lebih jelasnya bisa melihat pada tabel dibawah ini.
   
6 Cara Membuat Artikel yang Menarik, Short Course Gratis Kak Jeyjingga dkk

6. Bagaimana cara meningkatkan kualitas artikel? 

Berikut sharing hasil rangkuman dari narsum pada malam itu :

  • Membaca ! Bacalah konten dengan topik yang sama
  • Membaca !
  • Banyak membaca !
  • Cari topik yang lebih luas
  • Jangan bertele-tele
  • Harap memposisikan diri sebagai pembaca

Inilah materi pertama 6 Cara Membuat Artikel yang Menarik yang berhasil ku rangkum dalam short course gratis bareng Kak Jeyjingga dkk pada malam itu. Oh ya, tulisan ini ga plek ketiplek seperti yang di sampaikan,tapi mirip-mirip. Semoga kak Shafira berkenan ya menerima ulasan aku. 

Aku akan menuliskan rangkuman materi di hari kedua dan ketiga oleh sang empunya acara kak Jihan dan Mas Rozak di postingan berikutnya ya.

Niatnya mau sekalian di postingan ini, tapi aku takut kamu lelah membaca tulisanku ini hehe. So, pastikan kamu terus mantengin blog TulisanMQ ya untuk membaca materi inti yaitu Tips Menang lomba dan SEO dasar. Masih pada semangat buat mendapatkan 30 juta dari blog kan?

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. Wah blogger2 keren nih: Jihan Mawaddah, Shafira Adlina, dan mas Rozak.

    saya setuju banget untuk selalu menimba ilmu menulis dan SEO

    dan jangan berhenti, praktekan dan ikut lagi

    karena ilmu selalu berkembang

    BalasHapus
  2. Soal niche ini aku masih maju mundur. Skrg niche di blog ku ada 4 Kategori utama. Masih tergolong banyak sih 4 niche. Semoga aja bisa mengerucut

    BalasHapus
  3. Mba yuni.. sangat informatif dengan bahasa yang ringan. Kereen sih ini. Bisa aku saved juga makasih ilmunya

    BalasHapus
  4. Saya juga ikuti kursusnya, ilmu semua... mantap...

    BalasHapus
  5. membaca, membaca daaaan membaca. bener bangeet. kalau ga pernah atau jarang baca ,apa yang mau ditulisnya yaak. ini napol bangeud buat saya.

    terima kasih reviewnya yaa

    BalasHapus
  6. Iyaa kelasnya Serui, banyak bgt info2 baru yang bisa di dapat. Senangnya, semoga bisaaa konsisten ikutin semua ilmunya.

    BalasHapus
  7. Memang ngeblog kalau ditekuni bisa menghasilkan ya kak. Saya juga merasakan jatuh bangun membangun blog. Alhamdulillah bisa merasakan penghasilan dari job

    BalasHapus
  8. Nungguin long course jadi bloger profesional nih.. Ada nggak ya? Wkwkwk

    BalasHapus
  9. Ngerasa ke trigger buat semangat nulis, tapi disatu sisi juga merasa insecure huhu

    BalasHapus
  10. Sangat bermanfaat kak. Bagi pemula kayak saya

    BalasHapus
  11. Wah aku juga ikutan short course nya ini. Dengan adanya postingan ini membantu aku banget karena nggak banyak nulis waktu ikutan. Wkwkw thanks rangkuman yang sangat lengkap ini.

    BalasHapus
  12. Kebetulan ada disini infonya, saya sempat ketinggalan pas sesi mbak Shafira. Thanks mbak udah diragkumin lengkap.

    BalasHapus
  13. Saya juga ikutan, nih, Mba. Booster semangat banget buat lebih berdaya.Buat artikel juga jadi lebih terarah setelah ikutan kursus singkat ini. Moga ada lagi kelas lanjutannya, ya, kan, Mba :)

    BalasHapus
  14. semangattttttt!!! terus bersemangat bahkan saat sejujurnya udah pernah dapat materinyatiap baca atau menyimak dari orang lain jadi beda gtu insight ya di dapat ada aja// dan tentunya nambah semangat

    BalasHapus

Posting Komentar