header

Strategi Lulus ODOP Batch 9

Posting Komentar

Hai Gais, pada tahu kan tentang komunitas ODOP di Indonesia? ODOP adalah wadah sebuah komunitas menulis dari berbagai genre tulisan. Pendiri ODOP adalah Bang Syaiha, lebih lengkapnya kamu bisa baca tentang informasi komunitas ini pada artikel sejarah ODOP.

Kebetulan tahun 2021 ini, aku berkesempatan mengikuti event Open Recruitment ODOP (Oprec ODOP). Aku menjadi (calon) member ODOP angkatan 9. Pada angkatan ke 9 ini, ketua komunitas ODOP generasi ke-5 adalah Kak M. Zen, sedangkan ketua panitia oprec angkatan 9 ini adalah Kak Florensia.

Untuk mengikuti komunitas ini, tentu aku mempersiapkan strategi jitu, agar bisa lulus sebagai member ODOP. Apa strategi agar lulus sebagai alumni ODOP Batch 9? Yuk simak ceritaku.

Apa Strategi Lulus ODOP?


Tidak banyak yang bisa berikan caranya selain menulis, menulis, dan menulis. Tapi sekali lagi menurut Kak Heru Sang Amurwabhumi, anggota ODOP tetap harus memiliki strategi jitu agar tetap bisa bertahan di dalam komunitas ODOP ini.
  
Strategi Lulus ODOP Batch 9

Strategi Lulus ODOP
1. Niat dan Tekad yang Kuat
2. Semangat Menulis
3. Siap Belajar dan Begadang
4. Pandai Mengatur Waktu
5. Aktif dan Lihat Syarat Kelulusan

1. Niat dan Tekad yang Kuat

Peserta Odop harus memiliki niat dan tekad yang kuat dalam mengikuti komunitas ini. Terlebih waktu yang diperlukan untuk menulis dan bertahan di kelas ini adalah 42 hari. Aku yang biasanya kalah dalam minggu ke tiga ng'ODOP terpaksa harus menggunakan strategi poin minimal agar tetap bisa bertahan di kelas ini. Pada angkatan ke-9 ini syarat kelulusan adalah memiliki poin minimal 78 dari poin total.

2. Semangat Menulis

Semangat menulis tetaplah menjadi modal dasar dalam mengikuti dan bertahan di kelas menulis ini. Namun yakinlah, bahwa semangat menulis itu menular. Dengan adanya komunitas dan support teman-teman maka akan menular kepada yang sedang loyo.

3. Siap Belajar dan Begadang

Karena ilmu dan materi yang diberikan pada kelas ODOP ini benar-benar banyak. Materi yang disajikan setiap hari terasa super penting dan berdaging. Sayang sekali jika kamu lewatkan. Aku sarankan jika kamu mengikuti kelas ini, maka kamu harus siap mengosongkan gelasmu. Karena otakmu akan dipenuhi dengan banyaknya informasi dan ilmu baru.

Jangan lupa untuk menanamkan sikap rendah hati untuk dapat menampung banyak ilmu pada kelas ini. Siap begadang pun sudah pasti, karena setiap hari kamu harus melahirkan sebuah tulisan baru dan mempostingnya dalam sebuah artikel blog.

4. Pandai Mengatur Waktu

Meski materi dan kelasnya padat merayap, maka kamu juga harus pandai mengatur waktu. Terutama yang memiliki peran multi, sebagai ibu, pribadi bahkan istri. Pandai-pandailah mengatur waktu, jangan lupa untuk minta izin pasangan sebelum mengikuti kelas ini. Karena kamu akan mengalami sebuah pergolakan yang maha dahsyat tanpa dukungan dan support dari pasangan.

5. Aktif dan Lihat Syarat Kelulusan

Jangan lupa untuk aktif dan memperhatikan syarat kelulusan. Jangan sampai karena kamu tidak aktif di kelas, membuat kamu gagal di tengah jalan mengikuti ODOP ini. Walaupun, jika kamu gagal sekarang, kamu tetap bisa mendaftar lagi di tahun berikutnya. Tapi, apa tidak sayang jika terus-terusan mengulang dari awal? Jadi maksimalkan ketika kamu sudah berhasil berada di titik ini.

Sekarang sudah tahu kan strategi lulus ODO? dari semua poin yang aku bagikan di atas, mana yang siap kamu lakukan? Ada yang mau menambahkan strategi ng'ODOP juga? Silakan berkomentar.

Salam,
Yunniew
(Calon) Member ODOP Batch 9
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar