header

Penyebab Asam Lambung Naik Karena Stress, Lakukan 4 Tips Berikut Ini

Posting Komentar

Hi SobatMQ!
Tahukah kamu jika penyebab asam lambung naik karena stress juga? Memang benar, asam lambung bisa meningkat karena beban pikiran yang berlebihan dan stress. Stress dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan produksi asam lambung.

Apa hubungan stress dan peningkatan asam lambung? Stress dapat menyebabkan otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) mengendur, hal ini menyebabkan lambung tidak menutup sempurna. Hal ini yang menyebabkan asam lambung dapat naik ke tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, nyeri ulu hati, heartburn, rasa tidak nyaman di bagian dada bawah dan perut.

Karena sebentar lagi bulan ramadhan, kita harus mempersiapkan kondisi fisik yang sehat untuk menyambut bulan mulia. Jangan sampai masalah kesehatan seperti asam lambung menjadi penghalang kita untuk beribadah secara khusu'.

Mengapa stress bisa menyebabkan asam lambung meningkat? Bagaimana penderita asam lambung bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman? Adakah makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam lambung? Simak tulisan MQ sampai habis ya.

Penyebab Asam Lambung Naik Karena Stress


penyakit asam lambung gerd

Melansir dari hallodoc.com disebutkan bahwa penyakit asam lambung sering disebut juga sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease). Asam lambung terjadi ketika otot penutup asam lambung tidak dapat menutup sempurna. Akibatnya makanan dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan berbagai rasa sakit di tenggorokan, dada, dan perut.

Orang yang Beresiko Terkena GERD


Penyakit asam lambung bisa menyerang siapa saja. Tak pandang usia mau tua atau pun muda, mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa berpotensi terkena GERD.

Namun demikian, penyakit GERD berpotensi menyerang orang dengan factor resiko seperti para lansia, wanita hamil, orang yang gemar mengkonsumsi alcohol, perokok aktif maupun pasif, hingga orang yang mengalami obesitas.

Selain orang yang yang berpotensi tersebut, bukan tidak mungkin diluar itu juga bisa mengalami penyakit asam lambung karena gaya hidup dan pengaturan pola makan yang tidak sehat. Saya pernah membaca jurnal harian Ibu yang menyebutkan bahwa ada anak usia remaja yang terkena asam lambung karena pola makan yang tidak sehat. Cenderung gemar konsumsi makanan berlemak dan gorengan.

Maka, diantara hikmah ramadhan adalah memperbaiki kinerja lambung. Berpuasa dapat membuat kerja lambung menjadi ringan, karena adanya masa istirahat karena berpuasa. Meski demikian, kamu sebaiknya mengetahui penyebab asam lambung karena stress dan berusaha mengantisipasinya. Ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Diantara hikmah ramadhan adalah memperbaiki kinerja lambung. Berpuasa dapat membuat kerja lambung menjadi ringan, karena adanya masa istirahat karena berpuasa. Meski demikian, kamu sebaiknya mengetahui penyebab asam lambung karena stress dan berusaha mengantisipasinya. Ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Tips Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung


1. Makan sedikit dan perlahan

Penderita asam lambung akan merasakan kondisi perut terasa penuh hingga dada sesak karena naiknya asam lambung. Perasaan 'penuh' ini membuat tak nyaman mengkonsumsi apa pun. Solusinya, penderita asam lambung bisa makan dalam porsi kecil, sedikit-sedikit, dan lakukan dengan perlahan. Hal ini dapat membuat waktu makan menjadi lebih nyaman.

2. Hindari pemicu asam lambung

Sebagai penderita asam lambung, kamu juga sebaiknya menghindari jenis makanan pemicu asam lambung. Makanan pemicu asam lambung seperti makanan berlemak, buah jeruk, tomat, kafein, dan alkohol dapat memicu naiknya asam lambung.

3. Lakukan olahraga ringan

Salah satu penyebab asam lambung naik karena stress yang berlebihan. Maka, untuk mengalihkan pikiran pada hal-hal yang memberatkan adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Olahraga dapat mengalihkan pikiran kita dari pikiran penyebab stress. Sebaiknya pilih olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi.

4. Jangan langsung tidur setelah makan

Penderita asam lambung sebaiknya harus memperhatikan jam makan. Hindari langsung beranjak tidur setelah makan. Tidur setelah makan dapat membuat asam lambung meningkat. Jika ingin tidur, sebaiknya beri jarak 3 jam setelah makan.

Tips nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung seperti yang saya sebutkan di atas bisa diterapkan dan lakukan secara konsisten ya. Oh ya, selain itu beberapa jenis makanan tertentu juga bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Berikut ini jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung.

Makanan yang Harus dihindari Penderita Asam Lambung


Beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung antara lain jenis
  • Kafein seperti teh, kopi, dan makanan yang mengandung kafein lainnya. Hindari juga makanan yang
  • Makanan berlemak karena makanan berlemak lebih lama dicerna lambung sehingga bertahan lama dan dapat membuat tekanan lambung sehingga membuat katup lambung mudah terbuka
  • Buah tertentu yang dapat menjadi penyebab asam lambung meningkat salah satunya adalah tomat, dan buah sitrus seperti jeruk.
  • Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda
  • Minuman beralkohol

Jenis makanan di atas sebaiknya penderita asam lambung. Jika pun ingin sekali memakannya, makanlah dalam jumlah kecil dan lakukan setelah makan.

Asam lambung merupakan penyakit yang bisa disebabkan karena pikiran.Tentu saja salah satu penyebab asam lambung naik karena stress. Jaga pikiran tetap positif dan selalu pikirkan hal-hal yang baik. Jaga kondisi kesehatan dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Sehat selalu ya :)

Salam,
Yunniew

Referensi:
https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-lambung

Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar