header

Review Crash Landing On You, Ini 5 Fakta Kehidupan Rakyat Korea Utara

Posting Komentar

Hi SobatMQ!
Sudah nonton serial Crash Landing On You (CLOY)? Drama Korea yang dibintangi oleh Hyun Bin dan So Ye-jin ini membuktikan bahwa dimanapun kamu berada, jodoh pasti bertemu. Dan saya pun sangat mempercayai pendapat ini. Apalagi setelah saya 'melahap' habis 16 episode serial TV yang tayang pada Desember 2019 ini.

crash landing on You

Sepertinya penonton series Crash on Landing You akan sepakat jika kita harus mendoakan persatuan Korea Selatan dan Korea Utara? Ya..agar kapten Ri Jung-hyeok dan Yoon Se-ri nggak perlu LDR (Long Distance Relationship) terus hehe.

Crash Landing on You, Mengungkit Sejarah Permusuhan Dua Negara


Menuliskan pandangan saya mengenai film CLOY membuat saya membaca kembali sejarah perpecahan Korea Utara dan Korea Selatan. Sebelum berpisah menjadi negara yang berbeda ideologi, Korea adalah wilayah semenanjung yang terletak di Asia Timur, antara Tiongkok dan Jepang.

Korea adalah sebuah negara berbentuk kerajaan. Kerajaan pertama yang terkenal adalah Kerajaan Gojoseon yang berdiri tahun 2333 SM. Kerajaan Gojoseon merupakan kerjaan terlama yang ada di Korea dan bertahan hingga 108 SM. kemudian tahun 1 M terbentuklah 3 kerajaan besar di Semnanjung Korea yaitu kerajaan Goguryeo, Silla dan Baekje.

Nah ini sejarahnya agak panjang ya Sob, tapi saya mencoba merangkum poin penting saja, nanti kamu bisa baca tentang sejarah Korea ya. Dua kerajaan terkuat saat itu adalah Goguryeo dan Baekje. Terutama Kerajaan Goguryeo, tetapi kemudian kerajaan Sila berhasil menaklukan kerajaan Goguryeo.

Untuk pertama kalinya di tahun tahun 676 Semenanjung Korea bersatu menjadi Silla Bersatu. Kemudian sisa anggota kerajaan Gogoryeo melarikan diri dan membentuk Kerajaan Balhae. Namun akhirnya kerajaan Balhae ini runtuh juga akhibat serangan bangsa Khitan. Sejarah panjang negara Korea masih berlanjut Sob.

Sila Bersatu akhirnya runtuh juga, kemudian dinasti Goryeo mulai menguasai Semenanjung Korea, sisa-sisa kerajaan Balhae banyak yang mengungsi ke Goryeo. Bangsa Khitan yang ingin menguasai Sememanjung Korea terus menyerang dinasti Goryeo, namun tidak pernah berhasil, kemudian kedua melakukan perjanjian damai tahun 1238.

Namun akhirnya kerajaaan Goryeo akhirnya tumbang ditangan Taejo dan berdirilah dinasti Jaseon. Pada dinasti Jasoen inilah Korea mengalami perkembangan pesat, diantaranya diciptakannya huruf Hangeul oleh Raja Sejong. 

Tetapi dalam perang Imin, Jepang menginvasi Semenanjung Korea, tapi berhasil dihalau. Tahun 1870 Jepnang kembali berusaha merebut Semenanjung Korea dari China. Dan akhirnya tahun berhasil menjajah Korea tahun 1905, akibat perjanjian Eulsa (Perjanjian Protektorat Jepang-Korea).

Singkatnya, karena meletusnya perang dunia dua tahun 1945, kedua negara berada dalam pengaruh negara adidaya yang berbeda. Bagian Utara dikuasai oleh Uni Soviet dengan paham komunis, sedangkan bagian Selatan dipegang oleh Amerika Serikat dengan paham kapitalis.

Seiring berjalannya waktu Korea Utara lebih menganut paham komunis, sedangkan Korea Selatan menganut paham demokrasi kapitalis. Korea Utara pernah menyerang Korea Selatan tahun 1950 sehingga meletuslah perang Korea. Namun tahun 1953 kedua negara sepakat melakukan gencatan senjata hingga saat ini.

Meski tidak berperang, namun kedua negara tak bisa bersama. Baik Korea Utara maupun Korea Selatan sangat melarang warganya saling mengunjungi. Dikhawatirkan rakyatnya saling membelot. Makanya terdampar di negara musuh, bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Latar belakang sejarah ini yang berusaha diangkat dalam cerita fiksi serial Crash Landing on You. Meskipun sudah ditegaskan sejak awal bahwa cerita CLOY adalah cerita fiksi, namun tak urung banyak penonton yang mengaitkan dengan kehidupan riil masyarakat Korea Utara. Banyak yang penasaran dengan kehidupan warga Korut yang sangat 'tertutup' ini.

So, wajar bila drama CLOY menjadikan pihak Hollywood tertarik untuk membuat ulang karya sutradara Lee Jeong-hyo ini. Kamu penasaran? Simak dulu sinopsis Crash Landing on You berikut ini.

Sinopsis Crash Landing On You


Dalam drama Korea Crash Landing on You, diceritakan bahwa Yoon Se-ri (So Ye-jin) adalah pengusaha sukses sekaligus anak konglomerat terkenal di Korea Selatan. Suatu ketika, karena kecelakaan paradigling, Yoon Se-ri mendarat di daerah demiliterisasi Korea Utara.

Kecelakaan ini yang menyebabkan dirinya bertemu dengan Kapten Ri Jong-hyeok (Hyun Bin). Kedekatan mereka terjalin selama Yoon Se-ri terjebak di Korea utara, dan terpaksa harus beradaptasi dengan kehidupan Korea Utara yang bertolak belakang dengan kebiasaannya sebagai putri konglomerat dan pengusaha.

Bagaimana Yoon Se-ri bisa bertahan di Korea Utara yang merupakan negara tertutup? Akankah dirinya masih bisa kembali ke Korea Selatan dengan aman tanpa banyak drama dan membahayakan nyawanya dan keluarganya? Akankah ada benih-benih cinta terlarang tumbuh antara Yoon Se-ri dan Kapten Ri?

Menyimak episode demi episode yang disajikan seperti drakor Destined With You, saya tak henti-hentinya takjub dengan alur cerita yang dibuat. Plot campuran dengan epilog seolah menjadi jawaban atas rasa penasaran penonton yang menyaksikan cerita sedari awal. Berikut fakta kehidupan rakyat Korea Utara yang tergambar dalam drama Crash Landing On You (CLOY) versi Tulisan MQ.

Fakta Kehidupan Rakyat Korea Utara


Ketika seorang teman blogger merekomendasikan untuk menonton drama ini, Saya lebih tertarik membaca reviunya lebih dulu hehe. Mengapa? Karena saya takut alur ceritanya membuat saya kecewa. membayangkan harus menghabiskan waktu 16+ jam menonton, jika tak ada ilmu atau pelajaran yang didapat, terasa hanya membuang masa hehe.

Setelah membaca sinopsis CLOY secara keseluruhan, saya awalnya agak apatis, karena serial TV ini memiliki konflik yang rumit. Agat berat bagi saya yang plegmatis. Tapi melihat visual dan karakter main role yang kece, ditambah lagi lead female digambarkan sebagai tokoh yang cerdas dan kuat. Aha! Ini akan menjadi cerita yang menarik.

Saya nyaris disebut binge watching karena menghabiskan waktu 2 hari untuk menonton 16 episode CLOY. Melalui drama yang tayang di TV nasional Korea, didapatlah fakta kehidupan rakyat Korea Utara berikut ini

1. Rasa cinta tanah air yang kuat


"Mereka tidak melakukan kejahatan lainnya selama di Selatan, selain melakukan tembak menembak dengan sesama mereka. Mereka juga lebih memilih pulang ke Selatan dibandingkan tinggal di Selatan (Korsel)." Inspektur Kim dari BIN Korea Selatan (CLOY episode 16)
Terlepas dari hukuman berat bagi pembelot, tetapi rakyat Korea Selatan sangat mencintai kampung halaman mereka. Meskipun ditawarkan kemewahan di Korsel, ke-6 prajurit pasukan elit Korut ini tetap memilih dipulangkan ke negara asal. Meskipun ketika pulang,mereka tidak tahu bagaimana nasib mereka, hidup atau mati.

2. Perempuan harus mengikat rambutnya


"Ada dua orang yang membiarkan rambutnya tergerai, yang pertama hantu dan yang kedua orang gila." Kapten Ri Jong-hyeok kepada Yoon Se-ri.

Pada kenyataannya di Korea Utara perempuan memang dilarang membiarkan rambutnya terurai. Semua perempuan wajib membiarkan rambutnya terikat, makanya ketika diberita terlihat anak perempuan Kim Jong-un menggerai rambutnya ini merupakan tradisi yang tak biasa

3. Perbedaan kehidupan sosial Korea Utara dan Korea Selatan


Saya menilai drama CLOY menceritakan perbedaan kehidupan sosial mencolok antara Korut dan Korsel. Bak bumi dan langit. Korea Selatan yang digambarkan sebagi negara dengan teknologi canggih, namun Korut masih jauh tertinggal.

Bahkan ibu kota Pyongyang pun, dalam drama ini diceritakan, masih sering merasakan mati listrik akibat berkurangnya pasokan energi. Untuk daerah perbatasan yang jauh dari hiruk pikuk teknologi, listrik saja mereka dibatasi hanya beberapa jam di malam hari.

Kehidupan sosial Korut di drama CLOY seperti ini tentu saja mendapat kritik tajam dari berbagai media Korut. Mereka menyangkal semua kejadian disana. Namun menurut pembelot Korea, Kang Nara, kehidupan di drama CLOY hampir mirip dengan kehidupan sosial di Korut.

4. Aturan berpakaian di Korea Utara


Pada salah satu scene memukau di CLOY, Yoon Se-ri sedang berjalan-jalan dengan Alberto Gu (Kim Jung-hyun) di sebuah taman di Pyongyang. Ketika itu Se-ri terkejut dengan adanya pemeriksaan pakaian. Petugas akan menegur cara berpakaian yang salah pada warga Korut, jika melanggar mereka akan diberi hukuman.

Mengutip dari viva.co.id seorang penduduk melaporkan kepada Radio Free Asia mengatakan, di Korea Utara wanita dilarang memakai celana di atas lutut, berpakaian ketat, hingga mengecat rambut. Hal ini karena dianggap sebagai budaya asing. Korea Utara sangat melarang masuknya budaya asing di negara tersebut.

"Mengapa kau bilang aku mata-mata yang berasal dari Selatan?" tanya Yoon Se-ri
"Lantas bagaimana aku menjelaskan cara bicara dan cara berpakaianmu yang sangat berbeda?" ungkap Kapten Ri
(Crash Landing on You, episode 3)

Aturan berpakaian di Korea Utara bahkan telah disahkan dalam undang-undang tahun 2020. Tujuannya untuk menolak dan menghilangkan praktik budaya Korea Selatan serta budaya asing. No wonder, beberapa waktu lalu ada pemuda Korut yang dihukum kerja paksa karena ketahuan menonton drakor. Duh!

5. Lokasi syuting BUKAN di Korea Utara


Melihat setting latar di Korea Utara tentu membuat saya bertanya, benarkah syuting CLOY memang disana? Ah tapi tak mungkin hehe. Dan ternyata benar syuting lokasi Korea Utara tidak benar-benar terjadi di Korea Utara.

Lokasi yang dimaksudkan sebagai wilayah Korea Utara ini sebenarnya di Korea Selatan juga. Beberapa negara yang sangat dominan sebagai setting lokasi adalah Swiss. Namun sebagian besar latar film ini diambil di Korea Selatan, sedangkan setting lokasi stasiun kereta api Pyongyang adalah di Mongolia. Hmm nggak nyangka ya?!

Reviu Drama Crash Landing On You: Kekuatan Cinta Mengalahkan Segalanya


Membayangkan Kapten Ri merangkak melewati bekas tambang bawah tanah sejauh hampir 10 km sungguh diluar nalar. Apalagi ada kemungkinan terowongan tersebut runtuh karena sudah lama tak diperhatikan. Sungguh tak masuk akal, tapi ah namanya juga film ya! Anggap saja kekeuatan cinta Kapten Ri begitu besar pada Yoon Se-ri hingga mampu menembus batas kewajaran

Namun jika dipikir secara logika, hal ini sangat wajar sih, karena Kapten Ri adalah anggota pasukan elite Korea Utara yang sangat terlatih. Apalagi dirinya sangat paham arah meskipun dalam kondisi gelap. Mengetahui Kapten Ri, sanggup menempuh perjalanan bawah tanah yang penuh resiko. Wajar bila anak buahnya menjulukinya sebagai pria idaman Korea. Daebak!

Menurut saya Kdrama yang dibintangi oleh pasangan #BinJin ini akan saya rekomendasikan sepanjang masa haha. Karena tema yang diangkat akan relate sampai kapan pun. Terlepas dari perjanjian gencatan senjata dua negara, namun jauh di dalam hati rakyatnya, mereka sangat berharap kedua negara bersatu. Meski tak tahu kapan.

Sebagai fans berat daddy Bin dan mommy Jin, saya juga turut mendoakan semoga kedua negara bersatu. Demi mereka terwujudnya impian kapten Ri dan Yoon Se-ri untuk menua bersama dan memiliki anak kembar. Kita doakan ya, semoga perdamaian kedua negara akan segera terwujud. Sudah nonton Crash Landing On You belum?

Salam,
Yunniew

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Korea
https://www.klook.com/id/blog/crash-landing-on-you-di-korea/
http://korean-drama-addicted.blogspot.com

Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar