header

7 Lokasi Syuting Crash Landing On You, BUKAN di Korea Utara!

Posting Komentar

Hi Sobat MQ!
Rasanya satu artikel belum membuat saya puas untuk menyatakan bahwa saya sangat terkagum-kagum dengan karya penulis Park Ji-eun dalam drama Korea Crash Landing on You (CLOY).

Menonton drama CLOY ini membuat saya bertanya-tanya benarkah kita pernah bertemu dengan jodoh kita sebelum kita menjadi takdirnya (menikah)? Entahlah! Namun dalam drama yang bintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye-jin ini benar-benar memukau.

Sebelum membahas lokasi syuting Crash Landing on You, yang nyatanya BUKAN di Korea Utara, saya mau memberikan cerita melalui tulisan tentang kesan setelah menonton drama yang hits tahun 2019 ini.

Kesan Menonton Crash Landing on You


Kesan saya setelah menonton Crash Landing on You tentu saja takjub. Penulis kisah Kapten Ri dan Yoon Se-ri ini begitu amazing. Setiap episode demi episode yang ditayangkan, penonton tak henti-hentinya diberikan kejutan demi kejuatan. 

Bahkan setiap scene yang tayang di TVN Korea ini selalu menyajikan sesuatu yang baru dan susah ditebak oleh pemirsa.

Kalau kamu belum tahu Kdrama Crash Landing on You ada baiknya kamu membaca dulu synopsis CLOY dan menonton secara berkesinambungan, agar pembicaraan kita nyambung hihi.

Tapi, saya sarankan sebaiknya kamu jangan terlalu baper serta siapkan tisu yang banyak ya, karena setiap episode selalu dipenuhi adegan yang mengharu biru. Inti ceritanya sih adalah kisah cinta terhalang tembok perpecahan dua negara, antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Saya sendiri nggak bisa membayangkan jika jodoh kita ternyata adalah warga negara musuh. Bersama dengannya merupakan perbuatan melanggar hukum. Perbuatan ini dapat membahayakan diri sendiri dan keluarga besar. Hmm sungguh berat kisah cinta mereka.

Jika biasanya saya menyaksikan drama romantis bertema hukum karena perbedaan kasta atau tak direstui orang tua adalah hal biasa. Namun baru kali ini saya menonton serial TV dengan kisah cinta terlarang karena permusuhan antar negara,

Harapan Penonton Crash Landing On You, Semoga Korea Bersatu Kembali


Kalau dipikir kasian sih Kapten Ri dan Yoon Se-ri harus menjalani hubungan long distance dan hanya bisa ketemu di luar negeri. Nggak bisa open ke public tentang hubungan mereka. Kalau begini, kapan sih mereka bisa mewujudkan impian mereka untuk menikah, memiliki anak, dan menua bersama?

Tetapi harapan ini sepertinya sulit terjadi, selama Korea Utara dan Korea Selatan masih berseteru. Adanya gencatan senjata sejak tahun 1953 pun sudah lebih baik dibandingkan mereka berperang seperti dulu. Meskipun cerita CLOY adalah cerita fiksi, tapi nggak ada salahnya mendoakan.

Karena pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas panjang lebar tentang kehidupan asli Korea Utara berdasarkan drama CLOY, kali ini saya akan membahas lokasi syuting CLOY.

Lokasi Syuting Crash Landing On You, Bukan di Korea Utara


Kamu pasti sadar kan kalau lokasi syuting CLOY disetting dengan latar Korea Utara, Swiss, dan Korea Selatan. Nah, untuk lokasi Korea Utara, tidak mungkin hal itu dilakukan di sana. Makanya kita akan mengulas beberapa lokasi syuting Kdrama CLOY.

Berikut beberapa lokasi syuting CLOY yang 'dianggap' sedang berada di Korea Utara

1. Halasan National Park, Jeju Island


Kapten Ri Jeong-hyeok

Pada adegan pertama Yoon Se-ri mendarat darurat di zona demiliterisasi Korea utara. Diambil dengan latar hutan belantara yang cantik, terdapat rusa, dan hewan hutan lainnya. Diceritakan juga zona ini dipenuhi ranjau yang aktif untuk menghindari pembelot atau mata-mata musuh melewati garis perbatasan.

Wilayah inilah yang dijaga oleh pasukan kompi pimpinan Kapten Ri Jong-hyeok. Namun tahukah Sobat MQ, bahwa hutan pada episode satu ini sebenarnya adalah sebuah taman nasional di Korea yaitu Hallasan National Park Jeju Island. Taman ini memang terkenal indah di Jeju. Wajar bila penonton melihat hutan yang terawat dan tampak asri.

2. Pemukiman Penduduk, Taean


Lantas untuk setting lokasi di pemukiman penduduk wilayah perbatasan yang disetting sebagai tempat tinggal Ri Jong-hyeok adalah Taean. Lokasi ini dapat ditempuh dengan perjalanan 3 jam dari Seoul. Lokasi tempat tinggal penduduk dan rumah Kapten Ri adalah hasil karya Tim CLOY. Memang dibuat semirip mungkin dengan kehidupan di Korea Utara.

3. Cheongsan Arboretum


Crash Landing On You

Adegan di ketika Kapten Ri membonceng Yoon Se-ri naik sepeda di Korea Utara, berada di Cheongsan Arboretum. Lokasi ini pada bulan Juli dan Agustus terdapat festival bunga teratai setiap tahunnya.

Cheongsan Arboretum ini merupakan tempat tumbuh lebih ari 200 jenis bunga, pohon, dan tanaman teratao dan lili air. Lokasi ini telah dibuka sejak tahun 1990 lho, menarik sekali jika kamu bisa melihatnya langsung. Kamu bisa kesini ya untuk mengunjunginya di Yeonkkot-gil, Taean-gun, Chungcheongnam-do.

4. Binae Island, Chungju, Korsel


Siapa yang penasaran dengan lokasi piknik Yoon Se-ri dan 4 anggota kompi dari kapten Ri? Lokasi pantai dengan sungai mengalir, ilalang yang indah, serta pasir yang bersih membuat saya pun ingin ikutan piknik juga hehe

Dijadikan setting lokasi piknik perpisahan Yoon Se-ri dan anak buah Kapten Ri di Korea Utara, nyatanya wilayah ini masih di Korea Selatan. Namanya Binae Island, Chungju. Wilayah Binae Island memang terkenal sebagai tempat camping yang indah.

5. Ulaanbaatar Railway Station, Mongolia


Nah untuk lokasi stasiun kereta api listrik Pyongyang, tidak diambil di Korea Selatan, tetapi dipilih lokasi yang mirip dengan Korea Utara yaitu Mongolia. Namanya Ulaanbaatar Railway Station, Mongolia.

Lokasi ini muncul pada episode 5 yang menceritakan ketika Yoon Se-ri ingin mengambil pass foto untuk pembuatan passpor palsu guna memperlancar kepulangannya. Meski belum pernah melihat kehidupan langsung Korea Utara, saya cukup mendapat gambaran tentang kehidupan warga sana yang bersahaja.

6. Swiss


Sedangkan untuk lokasi di Swiss terdapat beberapa lokasi yang menjadi settting latar diantaranya Lake Brienz Cruise, lokasi ini terdapat pada scene akhir episode pamungkas CLOY. Pemandangan dengan banyak perbukitan dan lereng yang hijau berada di tengah Pegunungan Alpen Bernese Oberland, Swiss.

7. Hantangang Sky Bridge di Pocheon


Lokasi yang mucul di episode 11 dimana Kapten Ri dan Yoon Se-ri bolos kerja dan melakukan perjalanan singkat ke Hantangang Sky Bridge di Pocheon. Disini juga penonton diperlihatkan pemandangan alam dengan jembatan gantung yang indah.

Hantangang Sky Bridge di Pocheon adalah jembatan dengan panjang mencapai 200 meter ini berdiri di atas Hantan River Gorge, dan dibuka pada 13 Mei 2018 lalu di Gyeonggi-do, Korea.

Itulah tujuh beberapa lokasi syuting Korean drama Crash Landing on You. Tulisan ini sekaligus menyingkap tabir pertanyaan penonton tentang lokasi syuting Crash Landing on You. Drama yang memiliki rating tertinggi lebih dari 21% pada penayangan terakhir, BUKAN berada di Korea Utara.

Tetapi berlokasi di 3 negara berbeda yaitu Korea Selatan, Swiss, dan Mongolia. So, sudah terjawab kan? Semoga Sobat MQ nggak penasaran lagi tentang lokasi syuting CLOY. Drama ini merupakan salah satu serial film favorit saya lho. Kalau kamu apa nih film favorit kamu?

Salam,
Yunniew

Referensi:
https://english.visitkorea.or.kr/svc/whereToGo/locIntrdn/locIntrdnList.do
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar