header

Kata Bijak untuk Diri Sendiri Bisa Meningkatkan Mood Booster

13 komentar


Kata Bijak untuk Diri Sendiri Bisa Meningkatkan Mood Booster - Hai Gais, pernah merasakan yang namanya mood sedang turun ngga?? Kalau pernah berarti kita senasib nih. Saya juga pernah mengalami yang namanya bad mood hingga mengalami writer's block. Nah berikut ini, saya akan membahas mengenai cara meningkatkan mood booster lewat kata-kata bijak untuk diri sendiri.

Kok bisa ya? Ya, membaca kata-kata bijak dan mengulang-ulangnya ternyata mampu menjadi mood booster kita lho. Ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan kekuatan Law of Attraction (LoA) atau hukum tarik menarik yang terjadi di alam bawah sadar kita. Jadi ada semacam adanya permainan pikiran.
    
Kata Bijak untuk Diri Sendiri Bisa Meningkatkan Mood Booster

Simpelnya seperti ini, ketika kita menganggap bahwa lingkungan kita baik maka seluruh alam ini, terutama alam pikiran kita akan memberikan sinyal bahwa lingkungan kita baik. Sebaliknya, ketika kita berpikir bahwa lingkungan kita ini negatif, penuh dengan hal buruk, mengecewakan, dan sebagainya maka seperti itulah yang akan terjadi selanjutnya.

Alam akan mengirimkan sinyal seperti apa yang ada di dalam pikiran kita. Sinyal ini disebut oleh Rhonda Byrne sebagai hukum tarik menarik atau the Law of Attraction (LoA).

Apa hubungannya dengan mood booster? Nah LoA ini yang akan kita olah di dalam alam bawah sadar kita sebagai pencetus terjadinya good mood. Lewat apa? Lewat kata-kata bijak yang akan kita masukkan ke dalam pikiran kita. Makanya kita butuh kata-kata bijak untuk diri sendiri yang mampu memotivasi dan mendongkrak mood baik.

Law Of Attraction Dalam Berbagai Sudut Pandang


Hukum tarik menarik atau The Law of Attraction (LoA) ini dipopulerkan oleh Michael J. Losier dan Rhonda Byrne. Beliau berdua mempopulerkannya dalam buku dengan judul yang sama. Law of Attraction adalah hukum tarik menarik yang berpusat pada pikiran kita. Apa yang kita pikirkan, maka alam akan menariknya ke dalam pikiran kita
  
Kata Bijak untuk Diri Sendiri Bisa Meningkatkan Mood Booster
Jika saya boleh menarik kesimpulan, inti dari LoA ini adalah tentang permainan pikiran. Hampir mirip seperti dalam buku terjemahan yang berjudul Berpikir dan Berjiwa Besar karangan David J. Schwartz. Sedikit banyak buku yang berjudul asli The Magic of Thinking Big ini menekankan kekuatan pikiran kita.
"You are What You Think"

1. Law of attraction Dalam Kacamata Islam


Jika kembali pada hukum Islam, ini seperti kekuatan Doa, Ucapan adalah Doa. Tentang sikap husnuzan kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata,”Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya Allah berkata: "Aku sesuai prasangka hambaku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku" (HR Muslim)

The Law of Attraction dalam Islam, berhubungan dengan sikap positif, dan husnuzan. Selalu berprasangka baik dan ridha terhadap segala ketetapan Allah SWT. Sikap husnuzan terhadap ketentuan Allah SWT inilah yang lebih menentukan kesuksesan seseorang.

2. Law of Attraction Dalam Kacamata Ilmiah


Mengambil penelitian dari Harvard University menyebutkan bahwa Kesuksesan ditentukan oleh 85% sikap, dan 15% kerja keras termasuk intelektualitas dan sebagainya.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa metode Law of Attraction ini belum memiliki bukti ilmiah, dan cenderung mengarah ke pseudosains.

Pseudosains adalah sebuah keyakinan atau metodologi yang dianggap ilmiah tetapi tidak sesuai dengan metode ilmiah. Intinya tidak sesuai dengan praktik ilmu pengetahuan.

Saya tidak membahas tentang LoA ini secara detail, tapi saya lebih menekankan bahwa apa yang kita alami berbanding lurus dengan apa yang kita pikirkan. Makanya kita butuh kata-kata bijak untuk diri sendiri yang bisa memotivasi untuk hidup yang lebih baik.

Contoh Kata-kata Bijak Untuk Diri Sendiri


Jika berbicara mengenai kata-kata bijak untuk diri sendiri, maka saya akan kembali pada pengalaman NLP (Neuro Linguistic Programming) training yang pernah saya ikuti. Saya harus membuka kembali buku catatan yang dulu hehe

Peran kata-kata bijak ini sangat besar lho, kita ambil contoh saja ketika sedang tidak mood, maka cobalah membaca kata-kata bijak yang pernah kita tulis, pasti akan ada semacam kekuatan yang menyentil kita dan membuat mood kembali bangkit.

Berikut ini adalah contoh kata-kata bijak untuk diri sendiri yang menjadi catatan saya saat mood menulis sedang drop. Beberapa kata bijak ini saya kutip dari quote tokoh, penulis, bahkan tokoh tanpa nama. Kata-kata bijak ini berguna sekali untuk meningkatkan mood Booster dalam menulis
Kata Bijak untuk Diri Sendiri Bisa Meningkatkan Mood Booster
"Satu peluru bisa menembus satu kepala, tapi satu tulisan dapat menembus ratusan, bahkan jutaan kepala" (Sayyid Qutb)

"Setiap Penulis akan menemukan Pembacanya sendiri" (Anonym)

"Kita tidak menulis untuk dipahami, tetapi kita menulis untuk memahami" (C.Day Lewis)

"Penulis itu tidak dilahirkan, tetapi diciptakan. Bakat menulis (terkadang) lahir karena ide dan gagasan" (Bambang Tri Mansyah)

"Menulislah tanpa henti, karena Air tidak akan mengalir hingga keran dinyalakan" (Louis L 'Amour)

"Apapun profesinya, menulislah karena Jika TIDAK menulis maka Kau akan hilang dari sejarah." (Anonym)

"Penulis yang baik adalah Pembaca yang baik" (Hernowo)

"Menulislah apapun yang ingin kau tulis, Jangan berhenti sampai Kau merasa tak ada kata lagi kata yang bisa ditulis" ( Mom Queen)


Kata-Kata Bijak untuk Motivasi dalam Islam


"Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak" (Ali bin Abi Thalib)

"Allah SWT tahu apa yang layak kau dapatkan, dan kapan kamu bisa menikmatinya" (Anonym)

" Ketika kamu mencari dunia, (mungkin saja) Kau kehilangan akhirat. Ketika Kau mencari akhirat, Kau akan mendapatkan keduanya. Menulislah untuk akhiratmu" (Anonym)

"Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untuk dirimu."

"Kita (sebagai wanita) tidak bisa selalu berdakwah di depan mimbar, Tapi kita bisa berdakwah lewat Tulisan. Menulislah untuk Berdakwah dan Syiar Islam." (Mom Queen)


Meningkatkan Mood Booster Lewat Kata-Kata Bijak


Saya Dulu sering menuliskan kata-kata bijak yang saya dapat dari membaca buku atau mengikuti seminar yang saya ikuti. Ketika sedang tak bersemangat saya akan membuka kumpulan kata-kata bijak ini untuk memompa semangat saya lagi.

Sebagai pribadi yang terus bertumbuh, mari temukan kata-kata bijak untuk diri sendiri yang mampu meningkatkan mood booster.

Beberapa cara berikut bisa membantu meningkatkan mood booster, syukur kalau bisa sambil menemukan kata bijak.

1. Introspeksi Diri


Introspeksi diri mampu meningkatkan mood booster. Melihat kedalam, memperbaiki kelakuan dan memetik pelajaran semoga bisa semakin berbenah diri.

2. Membaca Buku


Membaca buku juga bisa meningkatkan mood booster, tergantung juga buku apa yang dibaca sih hehe. Usahakan memilih buku yang bisa memberikan suntikan semangat ya!

3. Mendengarkan Lagu


Beberapa penelitian ternyata mendengarkan lagu mampu memperbaiki perasaan yang sedang tidak baik. Saat sedang bad mood, cobalah mendengarkan lagu yang disukai. Mudah-mudahan moodnya kembali lagi.

4. Nonton Film


Yes! Siapa yang doyan nonton film? Rupanya nonton film juga mampu memperbaiki bad mood lho. Saya juga kadang memilih nonton film untuk memperbaiki mood yang loyo.

Jadi Sudah tahu kan Jawaban apa peran kata-kata bijak dalam meningkatkan mood booster? Yuk mulai sekarang temukan kata-kata bijak yang bisa bikin motivasi dan semangat belajar tinggi.

Saya pernah membaca sebuah buku, bahwa setiap orang sukses didunia ini selalu memiliki kata-kata bijak untuk diri sendiri yang selalu tertulis di depan cermin. Jadi setiap pagi ketika dirinya menatap cermin, maka dia akan membaca kata-kata bijak ini, dan itu yang selalu bisa meningkatkan mood boosternya setiap hari.

Jadi sudah menemukan kata-kata bijak untuk meningkatkan mood Booster kamu? Sharing dong di kolom komentar :)

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Ketika kamu mencari dunia, (mungkin saja) Kau kehilangan akhirat. Ketika Kau mencari akhirat, Kau akan mendapatkan keduanya. Menulislah untuk akhiratmu"
    Ini quote favorit aku. Ngena banget....

    BalasHapus
  2. Setelah baca nih tulisan jadi dapat kata bijak aku. "Jangan hanya nonton film karena aktor atau aktrisnya, tonton film karena pesan moralnya"

    BalasHapus
  3. Afrimasi diri penting sekali ya, Mb karena sejatinya motivasi bukan hanya dari luar tapi jug adari dalam. Membaca LOA di sini jadi ingat buku yang sering dibaca dulu

    BalasHapus
  4. Aku jadi ikut merasa termotivasi, mb. Setelah baca kutipan-kutipan kata bijak di atas. Jadi ter-trigger untum nulis nih. Makasih mb, sudah meningkatkan mood ku..

    BalasHapus
  5. Hihihi aku nih tiap weekend tuh rasanya mager banget nulis. Padahal mah nulis gak memadang weekdays atay weekend ya harusnya. Dari sekian banyak kata bijak aku tuh selalu suka kata dari Sayyid Qutb.

    BalasHapus
  6. Pas bgt nih klo lagi galau baca artikel ini, jdi dpet semangat dan motivasi kembali

    BalasHapus
  7. Huaaah, Semangat Kakaaak. Tapi aku keknya lagi di tahap gamempan buat dengar atau baca kutipan kata bijak, Mbak. hehe. Kebanyakan demotivasi sepertinya. macem y udah hidup dijalani aja, kalau sekarang hidupmu lagi di bawah, yakinlah besok keadaanmu belum tentu tidak di bawah lagi:")

    BalasHapus
  8. Untuk mengembalikan mood, biasanya saya just take a breath, mundur sejenak, dan merenung. Kalau udah agak tenang, nyari buku bacaan favorit dech

    BalasHapus
  9. kata bijak buat diri sendiri juga penting bgt ya. tapi aku gatau kata bijak buat diriku sendiri apa, pling bisa ngasih kata2 bijak buat orlin hehe

    BalasHapus
  10. Nah ini nih kesukaanku, cari2 kata bijak buat menyemangati diri sendiri. Makasih mbak

    BalasHapus
  11. Menulis untuk memahami cocok banget buat melecut mood nulis ..

    BalasHapus
  12. Wah, kata" bijak nya bisa dicontoh jg nih.. Mood memang bisa brubah sewaktu" jadi harus tetap semangat.. Hehee

    BalasHapus
  13. Aku suka ngumpulin quote.. tiap mampir ke medsos selalu suka nyempetin save atau screenshot kalau ada quote yang cocok dan menggugah jiwa.

    BalasHapus

Posting Komentar