header

Google Search Console, Buat Apa? Ini Fungsinya

14 komentar

Hey Kamu! Tahun 2022 ini sudah paham apa itu Google Search belum? Hehe.. Kali ini saya mau membahas tentang apa itu Google Search Console dan fungsinya.

Untuk lebih memperkuat alasan ngeblog maka dari itu kita juga perlu mengetahui segala printilan dalam dunia blogging. Setelah lulus One Day One Post dari Komunitas ODOP, saya kembali mengikuti kelas lanjutan blogging yaitu ODOP Blogger Squad atau OBS .

Sekilas Tentang Kelas ODOP Blogger Squad (OBS)


Sebenarnya materi tentang platform bentukan Google ini bukan materi baru bagi saya, namun ketika mendapatkan materi ini kembali di kelas ODOP Blogger Squad Saya seakan memiliki pemahaman tambahan tentang tools gratis Google ini. 

ODOP Blogger Squad adalah kelas bimbingan bagi alumni komunitas ODOP untuk mengoptimasi blog. Tujuannya agar ngeblog tidak hanya sekadar website bertuan, tetapi juga menghasilkan cuan.

Kelas OBS awalnya dibimbing oleh Kak Jihan Mawaddah, namun karena saat ini Kak Jihan sudah mengemban amanah baru sebagai Ketua ODOP tahun 2022, maka kelas OBS diambil alih oleh sang owner Blogspedia yaitu coach Marita Ningtyas. 

Materi yang disampaikan secara apik oleh coach asal Semarang ini, mengingatkan saya tentang kelas Blogspedia Coaching for Newbie beberapa bulan lalu. Feel nya sama, tetap antusias dan tegas.

Bagaimana tidak tegas, diakhir arahan tugas sudah ada peringatan jika tidak mengumpulkan tugas sebanyak 3 kali maka peserta OBS auto kick wkwkwk..kok jantung saya kebat kebit jadinya :D

OBS, Kelas Ramah Emak-emak


Meski tegas dan selalu ada tugas, tetapi kelas ODOP Blogger Squad ini amat sangat cocok buat semua kalangan. Termasuk emak-emak dengan anak banyak seperti saya hehe. Karena kelas OBS ini sangat Mom's friendly. Tugas dan materinya diberikan seminggu sekali (semoga ga berubah sampai akhir kelulusan, amiin).

Coach-nya juga menjelaskan dengan detail di setiap materi, arahan nya jelas, serta pembimbing menjawab pertanyaan peserta dengan ramah dan runut. Wah, semoga kamu yang belum ikutan kelas OBS makin ngiri ya hahaha..

Inilah sedikit rangkuman saya tentang materi Google Search Console pada kelas pemula OBS tahun 2022.

Apa Itu Google Search Console? Berikut Arti dan Fungsinya!


Jika kamu adalah seorang blogger pemula, mungkin istilah ini sangat asing di telinga. Namun yakinlah, semakin lama kamu akan semakin akrab dan jatuh cinta dengan istilah yang biasa disingkat GSC ini.
  
Google Search Console, Buat Apa? Ini Fungsinya

GSC atau Google Search Console adalah sebuah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk melihat performa blog dari sudut pandang pencarian organik. Google Search Console ini dulunya bernama Google Webmaster Tools. Tools ini memiliki banyak fungsi bagi sebuah website.

Fungsi Google Search Console

Diawali dengan pembahasan tentang apa dan bagaimana cara memasang Google Search Console materi ini semakin seru dengan adanya pembahasan melihat fungsi Google Search Console.

Mari kita lihat fungsi Google Search Console ini. Menurut coach Marita ada 5 fungsi penting dari GSC ini.

1. Untuk Melihat Kinerja Blog (Performance)

Google Search Console bisa digunakan untuk melihat performa sebuah website di mesin pencarian.

Melalui menu Performance/Kinerja kita bisa mendapat informasi diantaranya :
  • Mengetahui total klik oleh pengunjung,
  • Jumlah tayangan di Google, meski tidak semuanya di klik visitor
  • Melihat angka CTR (Click Through Rate) yaitu prosentase pembagian total klik per total tayangan. Tentunya semakin besar angka CTR maka performa website akan semakin baik.
  •  Mengetahui posisi artikel di mesin pencarian
  • Mengetahui query yang banyak di klik oleh visitor
  • Memanfaatkan query populer sebagai sumber ide tulisan berikutnya.
  • Menganalisis strategi untuk meningkatkan organic traffic lewat query yang sering dicari pengunjung.

2. Melakukan Inspeksi Url

Sebelum mendaftar dan membuat akun di google news, saya dulu selalu melakukan inspeksi permalink (URL) lewat Google Search Console ini.

Tentunya inspeksi URL bertujuan untuk mempercepat artikel kita di index oleh Google. Inspeksi URL juga berfungsi untuk 'mengingatkan' google bahwa di website kita telah muncul sebuah artikel baru.

Cara inspeksi URL di Google Search Console cukup mudah, caranya :
  • Klik di Google Search Console login dan masukkan permalink artikel di kolom inspeksi url.
  • Tunggu hingga muncul ceklis hijau, jika belum, lakukan permintaan indexing (request indexing).
  • Selesai! Tinggal tunggu artikel kita tayang di pencarian sesuai kata kunci yang dibidik.

3. Melakukan Indexing


Google Search Console ini memiliki fungsi untuk melakukan perayapan (crawling) ke dalam sebuah website. Ada 3 sub menu pada fungsi Index ini, yaitu:

Cakupan (Coverage)
Berfungsi untuk melihat masalah pada sebuah website, berapa artikel yang valid dan berapa artikel yang error. Untuk bagian ini biasanya GSC getol memberikan notifikasi berupa email, apabila ada bagian dari website yang error.

Peta situs (sitemap)
Pada sitemap atau peta situs ini memungkinkan google merayapi semua bagian (isi) dari website dan memunculkannya di mesin pencarian. Pada bagian ini juga akan tampak berapa jumlah artikel yang sudah terindex.

Penghapusan (Removal)
Berfungsi untuk menghapus sebuah postingan agar tidak di index oleh Google. Sama seperti yang disampaikan oleh coach Marita, saya juga belum pernah memiliki pengalaman menggunakan menu ini.

4. Experience


Pada fungsi experience terdapat sub menu yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu :

Page Experience
Fungsi page experience ini berhubungan dengan pengalaman halaman, baik atau tidaknya sebuah website ketika di akses menggunakan mobile.

Core Web Vitals
Pada bagian ini berisi informasi berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah situs untuk merespon permintaan visitor.

Mobile Usability
Berisi informasi apakah sebuah situs bisa di akses dengan menggunakan metode ponsel atau tidak (mobile friendly).

5. Enhancements (Peningkatan)


Pada menu Enhancements ini terdapat 2 kategori sub menu yaitu Breadcrumbs dan Sitelinks Search Box.

Breadcrumbs
Untuk melihat sejumlah artikel yang di posting, apakah dapat terbaca atau tidak oleh mesin pencari.

Sitelinks Search Box
Pada fungsi ini memungkinkan pengguna melihat dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi pada sebuah situs.

Inilah 5 poin penting fungsi Google Search Console yang dibahas pada materi ke 5 di kelas ODOP Blogger Squad kali ini.

Penutup


Seorang guru saya pernah berkata, betapa pun banyaknya pengetahuan yang kamu ketahui, tanpa sebuah action, maka pengetahuan itu akan hampa. Tetapi, jika kita langsung menerapkan ilmu yang didapat dan membagikan, maka ilmu itu akan tersimpan rapi di dalam ingatan.

Ini adalah salah satu materi yang sangat menarik bagi saya dalam perjalanan ngeblog, sehingga saya mau mengabadikannya dalam tulisan. Saya juga mengharapkan hal yang sama berlaku juga dengan kamu yang sudah lebih dulu tahu tentang GSC.

Jika sudah paham tentang apa itu Google search console dan fungsinya, maka saatnya Kamu langsung eksekusi untuk menulis artikel blog yang menarik. Yuk pahami apa itu Google Search Console!

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. aku sampe sekarang masih rada bingung perbedaan GSC sama Google Analytic. soalnya fungsinya hampir sama, iya nggak sih? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda kak, kalau GA lebih banyak dipakai untuk cek PV/UV blog sih.
      Kalau GSC untuk cek kinerja blog di mesin pencari.

      Keduanya masih terus ku gali kak, makanya aku senang ikutan kelas optimasi blog hihi

      Hapus
  2. Keren artikelnya kak. Poin ketiga yakni indexing sangat menarik bagi saya, jujur saja, masih banyak artikel saya yang masih belum terindeks..
    Jadi berminat untuk mengikuti kelas yang diadakan

    BalasHapus
  3. Ini tools yang lumayan sering kupakai tapi belum ngulik secara dalam. Mau nanya kak kalau mau lihat ranking web bisa cek di GSC juga gak ya?

    BalasHapus
  4. Kalau nggak salah GSC berbayar ya kak kalau udah sampai batas maksimal viewer? Atau apa gitu?

    BalasHapus
  5. Mbak kenapa yaa aku udah inpeksi url tp belum keindeks juga berhari2 huhu sedih deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya Google dan Tuhan yang tahu mbak wkwk
      tapi sepenngalaman aku untuk keyword trending cepet ke indeks. daftar google news lah.

      Hapus
  6. Alhamdulillah bisa gabung di OBS dan mendapat materi tentang dunia blogging dari para mastah. Termasuk materi GSC ini yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. GSC membantu kita menemukan ide tulisan berikutnya ya mbak. Seneng banget ada tool GSC ini jadi terpantau juga lalu lintas blog

    BalasHapus
  8. saya sudah pakai gsc, enak fitur2 nya , tapi kok kadang lama ya keindex artikelnya, kira kira apa penyebabnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba daftar google news.hitungan jam udah ke index kak.

      Hapus

Posting Komentar