header

Sejarah Komunitas ODOP (One Day One Post) di Indonesia

24 komentar

Hai Gaiss, apakah kamu tertarik untuk mengikuti komunitas menulis One Day One Post via Blog? Apakah kamu ingin menguji sampai sejauh mana batas kemampuan menulismu?

Jika kamu ingin mendapat tambahan ilmu yang banyak tentang kepenulisan, aku mau merekomendasikan sebuah wadah menulis yang sangat kredibel. Apakah itu? Namanya Komunitas ODOP (One Day One Post)

One Step Closer with Komunitas ODOP

   
Sejarah Komunitas ODOP (One Day One Post) di Indonesia
Lambang Komunitas ODOP, Source Instagram @komunitas.odop


Komunitas ODOP adalah sebuah wadah menulis yang ada di Indonesia dengan foundernya adalah Syaiful Hadi atau lebih dikenal sebagai Bang Syaiha. Bang Syaiha berprofesi sebagai guru blogger, pebisnis online dan juga pengasuh di sekolah sosial Rumah Muda Indonesia.

Di awal pendiriannya, menurut pengamatanku komunitas ODOP ini penuh dengan cerita yang cukup menyita perhatian.

Bang Syaiha, sang founder ODOP, awal mendirikan komunitas menulis ini dengan niat untuk menjaga konsistensi dalam menulis, saling berkunjung ke blog, memberi komentar untuk saling support dan menyemangati dalam menulis.

Jadi, orang-orang yang memiliki hobi yang sama dalam menulis, dikumpulkan dalam sebuah media sosial dan saling menyemangati.

Menurut kak Heru Sang Amurwabumi, ketua ODOP generasi pertama, Bang Syaiha mendirikan komunitas ini sangat percaya bahwa semangat menulis itu dapat menular. Makanya diperlukan sebuah komunitas untuk mewadahinya. Sehingga terbentuklah komunitas ODOP di tahun 2015.

Pada ODOP angkatan pertama ini, berhasil menjaring hingga 150 anggota. Selama 3 bulan anggota generasi pertama ini dibimbing dan dibekali dengan ilmu kepenulisan dasar. Jadi pada angkatan pertama, durasi belajar dalam komunitas ini lumayan lama. Waktu 3 bulan sangat mungkin membentuk hobi menulis menjadi habit.

Namun sayang, di tahun 2017 karena kesibukan bang Syaiha, komunitas ODOP tidak lagi menjadi fokus sang Founder.

Komunitas ODOP dengan banyaknya anggota yang bergabung saat itu, tidak lagi bisa dihandle. Kondisi komunitas ODOP saat itu menurut Kak Heru, bagai anak ayam yang kehilangan induknya.

Di tahun 2017, melalui sebuah musyawarah perwakilan anggota dan tentunya restu sang founder. Akhirnya bang Syaiha mendapuk Kak Heru sebagai ketua ODOP generasi pertama.

Memegang tanggung jawab sebagai ketua dengan segala kondisi yang saat itu tidak begitu baik, membuat Kak Heru harus bekerja keras agar kapal ODOP terus berlayar. Tantangan badai dalam pelayaran kapal ODOP generasi pertama berhasil dilalui, hingga komunitas ODOP bisa bertahan dan dikenal hingga saat ini.

Kepemimpinan ODOP dari Masa ke Masa


Tampuk kepemimpinan ODOP kemudian berlanjut berturut-turut dari Kak Heru, kepada Kak MS. Wijaya kemudian Kak Wakhid Syamsudin, Kak Sakifah, dan sekarang dipimpin oleh kak M. Zen sebagai ketua ODOP generasi V.

Komunitas ODOP akhirnya mampu bertahan dan berlayar dengan gagahnya. Sampai saat ini komunitas ODOP sudah memasuki angkatan ke-9 dalam perjalanannya sejak didirikan.

Visi Misi ODOP (One Day One Post) 


Menilik lebih jauh ke dalam komunitas ODOP ini, kita akan tahu bahwa komunitas menulis ini memiliki visi yang luar biasa, yaitu

"Menjadi komunitas penulis terbesar (dalam prestasi) di Indonesia"


Misi ODOP antara lain


Menumbuhkan minat baca tulis, sebagai salah satu sumbangsih kepada dunia literasi tanah air.

Mencetak penulis ideal tanpa mengedepankan unsur materi/bisnis dalam belajar.

Program-Program ODOP


1. ODOP Tembus Media (OTM)


yaitu kelas bimbingan menulis dan mengirimkan artikel ke berbagai media cetak maupun online. OTM ini diketuai oleh kak Wakhid Syamsudin, bagi yang berminat tulisannya dimuat di media, bisa masuk kelas OTM ini.

2. ODOP Blogger Squad (OBS)


OBS adalah kelas bimbingan, membuat dan mengoptimasi blog. Kelas ini akan dibimbing oleh Kak Jihan Mawaddah. Aku sedari awal 'ngidam' sekali ingin masuk ke kelas SBO ini.

3. ODOP Nulis Buku


Ini adalah kelas bimbingan menulis buku solo dan menerbitkannya. Kelas ONB ini juga menjadi incaran aku lho. Kelas ini digawangi oleh Kak Sakifah. Bismillahirrahmanirrahiim semoga dikasih kesempatan bisa mengikuti kelas ini.

4. Reading Challenge ODOP (RCO)


Adalah kelas tantangan membaca dan bimbingan meningkatkan minat baca. Seru juga ya, kalau kita bisa saling menyemangati dalam membaca.


Sudah pada puas kan melihat program-program dari ODOP ini? Makanya wajar jika komunitas menulis ini memiliki visi menjadi komunitas terbesar dalam prestasi di Indonesia. Karena memang didukung dengan program-program yang mantap jiwa!

Detik Akhir Perjuangan ODOP


Kabar bahagianya aku termasuk (calon) member komunitas ODOP angkatan 9 ini. Saat ini aku sedang berada di detik-detik akhir menuju pengumuman kelulusan di komunitas ODOP 2021.

Aku sedang berjuang merangkai kata memenuhi tulisan bolong pada 42 hari mengikuti komunitas ini (Jangan ditiru ya!). Tinggal sedikit lagi, perjuanganku di sini, harapanku aku berhasil sesuai strategi lulus ODOP dan dinobatkan sebagai alumni ODOP batch 9.

Doakan Gaiss! Semoga setelah membaca sejarah ODOP beserta visi misi dan program kerjanya, kamu juga bisa menjadi bagian dalam keluarga besar ODOP nantinya. Amiin (^_-)

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

24 komentar

  1. Wah, apa enggak kelenger? Programnya bagus, tapi untuk setiap hari nulis, Bunda nyerah dech...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus banget Bun ini..tar juga terbiasa sendiri Bun.

      Hapus
  2. gilasihhh mb :D aku ingin tapi masih takut keteteran hihi.. semoga lolos ya mb, dan berhasil menaklukan odop! semangaaaatttt!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi cobain deh,lumayan banyak temannya sekarang.

      Hapus
  3. Selamat bergabung Mbak Yuni di komunitas ODOP. Saya ikut Blogger Squad, pernah juga ikut reading challenge nya. Seru sekali program-programnya

    BalasHapus
  4. wah jadi pingin masuk komunitas ODOP nya, pingin masuk semua kelasnya wkwk, semoga lulus dan dinobatkan sebagai alumni ya mbaa

    BalasHapus
  5. Keren banget ODOP nih apalagi misinya yang "Menumbuhkan minat baca tulis" banyak sekali orang langsung mencari inti topiknya langsung padahal sebelum ke inti topik itu mungkin ada hal-hal yang penting terlewatkan

    BalasHapus
  6. programnya cukup menarik kak, memang yang paling sulit itu adalah konsisten menulis, kadang udah berusaha konsisten biasa cuman bertahan slama satu sampai dua minggu aja...

    semangat kak, semoga bisa lolos ya ...

    BalasHapus
  7. wah mba Yunniew ikutan ODOP batch 9 juga, samaan kita mba, beda grup kecil kayanya. Alhamdulillah dah lulus walau ngos-ngosan. Hihihi

    BalasHapus
  8. Tantangan yang paling berat yaitu konsisten menulis karna jika belum terbiasa menulis akan sedikit susah, tapi yakinlah terus bersemangat dan pasti berhasil

    BalasHapus
  9. Heri Joko Said: Good job, jadi ngiri nih sama member ODOP yang bisa istiqomah dalam menulis. sedangkan saya baru bisa 1 pekan sekali post nya.

    BalasHapus
  10. Keren mbak komunitasnya.. nggak cuma bagus buat blogger tapi visinya juga keren buat yang hobi nulis biar semangatnya tetep ada..

    BalasHapus
  11. Pengen nyoba tapi masih ada tanggungan bocil wkwkwk, bisa nulis cuma malem itu pun kadang udah tepar. Tapi, boleh deh bagi info cara gabungnya gimana ya hihi

    BalasHapus
  12. Komunitasnya keren, bisa menginspirasi banyak penulis untuk belajar bareng.

    BalasHapus
  13. Baguus buat latihan konsisten nulis dan nemuin ide. Soalnya kalo kaya aku yang susah bangeet nemuin ide, nulis bisa sebulan sekali di blog. Itu pun ide nya receh. Wkwkwk

    BalasHapus
  14. Selamat datang mbaa, semoga istikamah terus sampai dapat 10ribu jam terbang ya hihi. semangattt

    BalasHapus
  15. Baru tau ada komunitas ODOP ini. Tertarik pengen ikutan tapi sekarang masih belum sanggup kayaknya :'D semangat Kak, moga lolos yaa

    BalasHapus
  16. Seneng banget deh menjadi bagian dari komunitas ODOP. Awalnya emang terbebabni banget harus nulis tiap hari sampe kehabisan ide. Lama2 malah berasa ada yang hilang kalau ngga nulis hihi. Banyak banget ilmu yang bisa diambil lewat ODOP.

    BalasHapus
  17. Mbak, aku jadi pengin join awal 2022, semoga ada pendaftaran angkatan baru yaa.. pengin menantang diri

    BalasHapus
  18. Pengen ikitam, tapi 1 minggu 1 pos aja belum bisa. Bermanfaat mba.

    BalasHapus
  19. Wah, dayang sekali tidak difokuskan lagi. Padahal, aku pengen mengikuti komunitas menulis One Day One Post via Blog. Semoga kedepannya bisa gabung di komunitas sejenis yg seperti ini.

    BalasHapus
  20. Wah. Jadi menasaran. Aku sendiri baru tau kalau ada komunitas ODOP. di Lampung ada cabangnya ndak?

    BalasHapus
  21. Kreatif sekali ya komunitas ini. One one post bagiku itu susah . Belum bisa bagi waktunya kak

    BalasHapus
  22. Wah menarik sih. ternyata ada juga event one day one post. Ya walaupun yang biasa seminggu 3 postingan, dengan ikut event ini mungkin bisa jadi makin rajin nulis. 😅

    BalasHapus

Posting Komentar