header

12 Materi Bahasa Inggris TK yang Bisa dicoba

Posting Komentar

Hi Moms,

Ada yang ingin mengajarkan bahasa inggris kepada anaknya tapi bingung apa materi bahasa Inggris TK yang harus diajarkan? Nah kalau kamu membaca tulisan ini, rasanya pas banget lho hehehe. Karena di tulisan ini saya akan berbagi pengalaman mengenalkan bahasa inggris pada anak usia TK. Spill dulu, tulisan ini lebih mirip tulisan curhat sih hehe.

Motivasi Mengajarkan Anak Bahasa Inggris


Kenapa sih terburu-buru menyuruh anak belajar bahasa asing? Karena bahasa asing terutama bahasa inggris adalah bahasa utama yang dipakai dalam komunikasi Internasional. Saya berharap kelak dia mampu bersaing bukan cuma di kancah lokal, namun juga global.

Sudah hampir sebulan ini, anak saya yang duduk di TK B (usia 6 tahun) sedang belajar bahasa inggris. Saya memilih kelas online, karena sangat memudahkan waktu belajar yang fleksibel.

Sebenarnya saya bisa mengajarkannya sendiri, tapi saya takut tidak konsisten. Selain itu juga, dalam kelas online anak akan mendapat lingkungan yang saling memberi semangat dan support untuk mengenal bahasa asing. Jadi saya memilih menggunakan kelas online, meskipun banyak 'drama' lainnya hehe. 

Kelas online minusnya adalah ketika skip satu materi, kita akan 'ditimbun' dengan materi lainnya. Konsep manajemen waktu sangat penting disini. Tetap membutuhkan peran serta orang tua. Jadi kalau tidak bisa membersamai anak belajar, skip kelas online ya haha. 

Hasil sementara ini perkembangan bahasa inggris anak saya cukup baik. Jadi kemungkinan saya akan teruskan ke tahap berikutnya. 

Dia jadi sudah mulai berani berbicara dalam bahasa inggris. Berbicara sedikit-sedikit dengan kosakata yang dia pahami. Serta mempraktikkan apa yang dipelajarinya pada keseharian kami. Alhamdulillah. Apa saja materi yang diberikan? Berikut saya bagikan poin materinya ya.

Materi Bahasa Inggris TK


Moms, saya percaya bahwa anak itu sudah fitrahnya dilahirkan untuk menjadi cerdas. Tepat sekali rasanya bila ingin mengajarkan anak-anak bahasa asing pada awal kehidupan mereka. Awalnya saya juga kebingungan apa materi bahasa inggris TK yang bisa saya ajarkan.

Materi Bahasa Inggris TK

Saya adalah salah satu dari sekian banyak Ibu di dunia yang tak ingin melewatkan periode emas ini. Anak saya cepat sekali berkembang, mengingat, dan melakukan hal-hal baru. Ada saja tingkahnya yang membuat saya merasa amazed dengan kemampuannya.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa anak terlahir dalam keadaan suci, memori otaknya kosong, sehingga jika diisi informasi apapun akan masuk dengan mudah tanpa disaring.

Ibarat sebuah memory card baru yang masih kosong, otak anak mampu menyimpan ribuan informasi baru ke dalam otaknya. Maka dari itu, orang tua sebaiknya mengajarkan anak berbagai hal baik pada periode emas pertumbuhan otaknya (0-6 tahun).

Selain hal lain yang saya kenalkan, saya memanfaatkan momen ini untuk mengenalkan mereka pada bahasa inggris. Bahasa inggris adalah salah satu bahasa asing yang ingin saya ajarkan pada anak. Kalau Moms memiliki goal yang sama, yuk  lanjutkan baca sharing saya ya.

Apa materi bahasa inggris TK yang bisa diberikan?


Sebagai perkenalan pada bahasa asing, tidak masalah apabila anak terbata-bata dalam melafalkannya. Anak saya yang sedari kecil sudah saya kenalkan bahasa inggris juga masih belum begitu baik pelafalannya. Wajar sih! Karena bahasa inggris bukan bahasa Ibu mereka.

Materi yang dipelajari pada anak usia TK adalah materi yang akrab dengan keseharian mereka. Sehingga anak-anak merasa 'dekat' dengan kosakata baru tersebut. Berikut materi bahasa inggris TK yang bisa dipelajari.

1. Self Introduction


Berisi perkenalan diri sendiri seperti what is your name? How old are you? Where do you live? Where do you come from? What food do you like and what food don't you like?

Queensha belajar
Anak saya saat mengikuti kelas online, foto: dokpri

Perkenalan diri sendiri ini bisa dirangkai dalam satu kalimat utuh atau bisa juga di disebutkan dalam kalimat terpisah. Tidak masalah. Anak saya bahkan menyebutkannya dalam kalimat terpisah. Poin pentingnya mereka sudah mengucapkan dengan benar.

2. Family Tree


Pengenalan anggota keluarga atau family tree juga menjadi bagian penting dalam pembelajaran materi bahasa inggris TK. Moms bisa mengenalkan pada mereka susunan anggota keluarga mulai dari kakek-nenek, Ayah-Ibu, paman-bibi, saudara laki-laki, saudara perempuan, keponakan laki-laki, hingga keponakan perempuan.

Susunan anggota keluarga ini bisa disebutkan secara berurutan atau pun tidak. Tujuan utamanya, yang penting anak paham dan terbiasa mengucapkan nya.

3. Body Parts


Pengenalan bagian-bagian tubuh (body parts) juga menjadi bagian penting dalam pengenalan bahasa inggris. Materi bahasa inggris TK ini bisa dimulai dari pengenalan bagian kepala, badan, dan bagian kaki. Akan sangat menyenangkan bila dikenalkan dengan permainan atau lagu-lagu.

Anak saya 6 tahun, saya kenalkan dengan metode permainan kemudian saya buatkan lagu ala-ala saya sendiri hehe. Hasilnya, anak saya justru sangat menyukainya, dia mudah mengingat jika dibuatkan lagu.

4. Favourite Colour


Diawali dengan pertanyaan what's your favorite color? Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan warna-warna dalam bahasa inggris. Warna bisa juga disandingkan dengan gambar buah sesuai dengan warnanya.

5. Kind of Vegetables


Berbagai jenis sayuran juga bisa dijadikan materi bahasa inggris TK lho. Selain pengucapan dalam bahasa inggris, anak-anak juga dikenalkan dengan berbagai jenis sayuran. Asik kan, belajar berbagai jenis sayuran plus pelafalan dalam bahasa inggris juga.

6. Kinds of Food


Jenis-jenis makanan atau kinds of food juga bisa menjadi sumber pembelajaran bahasa inggris ya. Anak-anak kita dikenalkan berbagai jenis makanan seperti seafood, sandwich, bread, rice, fish, dan beef. Selanjutnya Moms bisa bertanya apa makanan favorit mereka dalam bahasa inggris ya.

7. Kinds of Flower


Kinds of flower juga bisa menjadi bahan ajar mengenalkan bahasa inggris kepada anak-anak. Jenis-jenis bunga yang bisa dikenalkan yaitu Jasmine, bougainvillea, orchid, rose, dan masih banyak lagi. Moms tinggal menggali lebih banyak jenis bunga lainnya tujuannya menambah kosakata bahasa inggris mereka.

8. Hobbies


Apa kegiatan anak-anak yang paling mereka suka? Itulah hobi! Berbagai jenis hobi seperti bermain bola, berkebun, membuat prakarya, menulis, menonton, berbicara, dan olahraga. Kenalkan berbagai jenis hobi pada mereka dalam bahasa inggris sekaligus mengenalkan berbagai kosakata baru pada mereka.

9. Electric Equipment


Peralatan listrik yang ada di rumah juga bisa dijadikan materi buat mereka. Sebutkan benda-benda listrik seperti setrika, TV, kulkas, kipas angin, lampu, AC, dan mesin cuci. Masih banyak lagi benda-benda listrik yang ada di rumah yang bisa jadi materi bahasa inggris anak TK kan.

10. In the Bedroom


Mulai sekarang sebelum tidur, selain membaca buku Moms bisa mengenalkan benda-benda yang ada di kamar tidur dalam bahasa inggris. Latih anak-anak mengucapkan peralatan tidur versi english pada mereka. Dengan begitu mereka jadi semangat belajarnya.

11. In the Bathroom


Benda-benda di kamar mandi juga bisa lho dijadikan materi pengenalan bahasa inggris anak TK. Anak-anak yang senang berlama-lama di kamar mandi jadi dapat pengetahuan baru nih.

12. Amusements Park


Amusement park atau taman bermain memiliki benda-benda yang bisa disebutkan dalam bahasa inggris. Media permainan seperti swing boat, roller coaster, slide, carousel (komedi putar) adalah nama-nama permainan yang bisa dijadikan kosakata baru untuk anak-anak belajar. Sambil bermain, Mereka juga mengenal kosakata baru. Seru kan.

Penutup


Materi bahasa inggris TK yang bisa diberikan masih sangat banyak dan luas. Kita bebaskan dulu dari beban bagaimana tata bahasa yang baik (grammar), tenses, dan lainnya. Poin penting pembelajaran bahasa inggris pada anak-anak ini adalah pengenalan dan pembiasaan saja. Selebihnya biarkan mereka mempelajarinya secara bertahan.

Satu hal yang ingin saya tekankan disini adalah masa TK adalah masanya bermain. Penting untuk membuat anak mencintai proses mencari ilmu. Bukan sekadar cepat pintar, tetapi agar mereka suka belajar. 

Bagaimana ilmu bisa dimasukkan dalam permainan agar mereka tidak terbebani? Serta bagaimana menyeimbangkan antara speaking, learning, dan writing pada anak TK? Simak pada tulisan saya berikutnya ya. Semoga bermanfaat.

Salam,
YunnieW

Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar