header

Belajar Bahasa Jepang Online dari Nol, Mulai dari Sini Yuk!

4 komentar

Hi SobatMQ!
Setuju nggak sih, jika mempelajari hal baru membuat kita semakin bersemangat dari hari ke hari? Berhubung masih dalam suasana hari pendidikan, yuk kita tingkatkan skill dalam diri dengan belajar bahasa Jepang online mulai dari nol.

Belajar bahasa Jepang online

Ternyata mempelajari bahasa Jepang itu menyenangkan lho. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika pertama kali memutuskan untuk belajar bahasa Jepang. Cerita sedikit ya, saya mengenal bahasa Jepang ketika bekerja di salah satu perusahaan asal negeri sakura.

Seperti diketahui bahwa bahasa internasional Jepang adalah bahasa Jepang. Mereka tidak berkomunikasi dalam bahasa Inggris, tetapi mereka lebih nyaman menggunakan bahasa Jepang atau bahasa tempatan ketika berinteraksi.

Demi bisa berkomunikasi dengan atasan, kala itu saya mulai tertarik dengan bahasa Jepang. Mulailah saya membeli buku dan kamus bahasa Jepang. Saya belajar bahasa Jepang secara otodidak, sambil sesekali dibantu oleh atasan.

Setelah puluhan tahun berselang, saya baru punya kesempatan untuk belajar bahasa Jepang secara online dan gratis pula hehe. Saya akan membagikan pengalaman yang saya dapatkan untuk Sobat MQ semua. Semoga bisa (sedikit) membantu kamu mempelajari bahasa Jepang secara otodidak.

Belajar Bahasa Jepang Online


Menulis Huruf Hiragana

Saya mendapat kesempatan belajar bahasa Jepang online karena melihat sebuah postingan dari instagram Ibu Pembelajar Indonesia (IPI). Sebelumnya saya memang telah mengikuti program belajar bahasa Korea volume 1 dari IPI tahun lalu.

Tahun 2023 peserta yang terdaftar cukup banyak, sekitar 2000 an peserta dan beruntungnya saya adalah salah satunya. Nah tahun ini, kembali dalam rangka memperingati bulan bahasa, IPI mengadakan belajar bahasa asing gratis. Bahasa asing yang bisa diikuti oleh para ibu meliputi:
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Arab, serta
  • Bahasa Coding

Pendaftaran dibuka hanya beberapa hari saja, yakni dari tanggal 30 April hingga tanggal 4 Mei 2024. Dalam waktu singkat ini, jumlah peserta yang join dalam program memperingati bulan bahasa ini sekitar 300an orang.

Pada gelombang kedua ini, saya mengambil bahasa Korea dan bahasa Jepang. Untuk kelas belajar bahasa Korea insya Allah akan saya posting pada postingan berikutnya ya. Sekarang seri bahasa Jepang dulu hehe.

Nah kalau kamu tertarik untuk mempelajari bahasa asing lainnya seperti yang saya sebutkan diatas, kamu bisa mulai follow instagram Ibu Pembelajar Indonesia dan instagram Educourse.id

Oh ya, dalam dalam hal ini, lembaga pendidikan bahasa asing yang digandeng oleh Ibu Pembelajar Indonesia adalah Educourse.id ya. Mereka yang akan menjadi mentor selama lebih kurang 8x pertemuan.

Nah pada tanggal 6 Mei 2024 kemarin saya sudah mengikuti kelas bahasa Jepang pada pertemuan pertama. Dari pembelajaran yang saya ikuti, ada beberapa materi yang bisa saya highlight sebagai catatan. Saya harap catatan singkat ini bisa bermanfaat juga untuk kamu ya.

Ragam Huruf Bahasa Jepang


Apa yang saya pelajari pada pertemuan pertama ini? Materi pertama dibuka dengan pengetahuan mengenai ragam huruf dalam bahasa Jepang. Dari sini juga, saya baru mengetahui bahwa bahasa Jepang itu menggunakan setidaknya 3 huruf. yaitu:
  1. Huruf Hiragana
  2. Huruf Katakana
  3. Kanji

1. Huruf Hiragana


Huruf Hiragana adalah huruf yang digunakan untuk menulis kosakata asli dalam bahasa Jepang. Misalnya untuk menuliskan kata konichiwa (selamat sore), konbanwa (selamat malam), ohaiyo (Selamat pagi) dan sebagainya. Termasuk juga nama orang Jepang asli. Semuanya ditulis menggunakan huruf Hiragana.

Huruf Hiragana dibuat oleh bangsa Jepang sendiri. Hurufnya berjumlah 46. Karakter guratan huruf Hiragana lebih banyak lengkungannya. Kamu bisa melihat pada gambar dibawah ini.

Huruf hiragana

Huruf hiragana juga digunakan untuk membaca huruf kanji (furigana, okurigana= huruf hiragana setelah kanji). Huruf hiragana dikenal sebagai Onna no de atau tulisan kaum perempuan. Memang sesuai dengan sejarah penciptaanya, huruf Hiragana memang diciptakan oleh kaum perempuan.

2. Huruf Katakana


Huruf Katakana adalah huruf yang digunakan untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing. Misalkan untuk menulis kata-kata dari bahasa Inggris, Jerman, dan sebagainya.

Huruf Katakana juga digunakan untuk menuliskan nama orang asing dalam bahasa Jepang. Ciri khas huruf Katakana dari segi goresan lebih tajam dan tegas. Pada posting berikutnya akan saya tuliskan penjelasan tentang huruf Katakana ya.

3. Kanji


Oh ya menyebut Kanji tidak disertai dengan kata 'huruf' ya. Karena kata 'Ji' pada kata 'Kanji' artinya adalah huruf. Kanji sendiri berasal dari aksara China yang memiliki banyak huruf. Namun Kanji Jepang memiliki huruf yang lebih sedikit.

Kanji adalah huruf yang digunakan oleh dinasti Han. Makanya huruf kanji sering disebut sebagai huruf Hanzi. Fungsi Kanji sama dengan huruf Hiragana yaitu menuliskan kosakata bahasa Jepang asli.

Mengenal Huruf Hiragana


Huruf Hiragana dasar terdiri atas 46. Menurut sensei Ryu, seorang pengajar bahasa Jepang yang telah 8 tahun tinggal di Indonesia dalam channel youtubenya, jika kamu sudah bisa menghafal 46 huruf Hiragana maka kamu sudah menghafal 80% huruf hiragana.

Detail huruf Hiragana dapat kamu lihat pada tabel dibawah ini.

Hiragana dasar

Kalau dilihat, apalagi bagi yang pertama kali belajar bahasa Jepang online mulai dari nol, mungkin agak sedikit bingung. Tetapi kami disarankan cara mudah menghafal huruf hiragana dasar ini.

Cara menghafal huruf Hiragana dasar dengan mudah adalah
  • Hapalkan baris mendatar paling atas terlebih dahulu yaitu huruf A, I, U, E, O
  • Setelah baris pertama hafal, maka kamu bisa menghafal baris menurun yaitu baris huruf A, Ka, Sa, Ta, Na, Ha, Ma, Ya, Ra, Wa, N

Kamu bisa menghafal baris menurun ini dengan mengulang-ulang menyebutnya seperti ini: 
Akasatanahamayawan..Akasatanahamayarawan..Akasatanahamayarawan.

Setelah menghafal urutan huruf Hiragana dasar ini, langkah selanjutnya adalah bagaimana menuliskan huruf Hiragana dasar dengan benar. Lanjut lagi ya :)

Cara Menulis Huruf Hiragana


Pada pertemuan pertama ini, kami diajarkan bagaimana cara menuliskan satu per satu huruf Hiragana. Karena ini merupakan pengalaman pertama saya belajar bahasa Jepang secara online, hal ini membuat saya semakin exited untuk menuliskannya.

Awalnya agak kagok juga menulis huruf Hiragana, apalagi tipikal goresannya memiliki banyak lengkungan. Namun setelah dicoba dan mempraktekkannya, tidak begitu sulit menulis huruf hiragana. Kamu bisa mencobanya di rumah dengan menggunakan buku kotak seperti ini ya.

Menulis Huruf Hiragana

Huruf Hiragana memiliki 2-4 guratan. Nah disini saya menyadari bahwa untuk menulis huruf hiragana membutuhkan kejelian. Beberapa catatan saya selama belajar Hiragana antara lain:
  • Tidak boleh melebihi batas garis yang sudah ditentukan.
Misalnya untuk membuat huruf ‘A’kami diwanti-wanti oleh sensei (guru) untuk membuat sesuai bentuk huruf ‘A’
  • Buat satu guratan yang tidak terputus.
Misal untuk membuat huruf ‘E’ tidak boleh terputus atau ragu-ragu.
  • Melatih tangan kita untuk menulis berulang-ulang agar bisa lancar menulis huruf Hiragana
  • Jangan menulis huruf terlalu berjauhan, beri jarak secara proporsional agar mudah dibaca dan tidak menimbulkan salah huruf.
  • Huruf Hiragana dasar selalu diikuti dengan huruf vokal kecuali huruf 'N' satu-satunya huruf konsonan pada huruf Hiragana.
  • Huruf ‘Ki’ ada dua variasi, yaitu versi ditulis sambung serta ditulis terpisah.

Tips Cara Membaca Huruf Hiragana dengan Mudah


Cara membaca kosakata Hiragana mulai dari huruf-huruf yang dipelajari. Tak ada cara lain untuk mudah membaca huruf hiragana selain kita harus menghafal semua hurufnya terlebih dahulu. Dan tips yang telah diajarkan kepada kami yaitu dengan cara:

1. Melalui lagu


Cara menghafal huruf Hiragana adalah melalui lagu atau membaca cepat seperti yang sudah saya sebutkan diatas.
Akasatanahamayarawan
Akasatanahamayarawan
Akasatanahamayarawan


Baca berulang-ulang dan dalam waktu satu menit kamu sudah bisa menghafalnya. Coba deh!

2. Menggunakan flash card


Sensei kami menceritakan bahwa jika dirinya dulu menggunakan flash card dalam menghafal huruf Hiragana. Bagi saya menghafal huruf Hiragana sama seperti saya mulai belajar membaca. Dari sini saya jadi merasa bagaimana susahnya jadi orang buta huruf (Hiragana) hehe

Belajar Kosakata Baru dari Huruf Hiragana


Selain mempelajari huruf Hiragana, cara membaca, dan menuliskannya, kami juga diajarkan beberapa kosakata baru. Kosakata baru dari huruf Hiragana yang diajarkan pada kami berasal dari gabungan beberapa huruf Hiragana.

Contoh kosakata huruf Hiragana antara lain:
  • Hi yo ko (anak ayam) = ひ ( hi) よ (yo) こ(ko)
  • Sa shi mi (sashimi) = さ(sa) し(shi) み (mi)
  • Sa ku ra (Bunga sakura) = さ(sa)く(ku) ら(ra)
  • Ku ri (chestnut ) = く(ku) り(ri)
  • Yu ki (salju) = ゆ(yu)き(ki)
  • Ka wa (Sungai) = か(ka) わ(wa)
  • Arigato (Terima kasih) = あ(a) り(ri) が (ga)と(to)

Itulah beberapa catatan kecil yang saya dapatkan ketika mengikuti kelas belajar bahasa Jepang online mulai dari nol dari Ibu Pembelajar Indonesia (IPI) dan Educourse.id

Semoga apa yang saya tuliskan bisa menambah khasanah belajar Sobat MQ mengenai bahasa Jepang ya. Insya Allah saya akan terus menulis tentang pengalaman saya belajar bahasa Jepang online bersertifikat ini setiap minggunya.

Semoga kita diberi kemudahan dalam belajar dan menuntut ilmu buat kita semua ya. Ganbatte kudasai. Arigato gozaimashita :)

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

4 komentar

  1. Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa yang sulit dipelajari. Soalnya bahasanya sendiri punya huruf-huruf yang bervariasi. Apalagi masing-masing hurufnya itu sulit untuk dipahami. Butuh ketekunan dan keseriusan dalam mempelajarinya

    BalasHapus
  2. Bahasa Jepang itu menarik yaa..saya seneng kalau denger orang berbicara bahasa Jepang. Makasih ka Yunie....jadi ada link informasi buat belajar Bahasa Jepang, bisa dipelajari dimana saja

    BalasHapus
  3. Seru juga ya Mbak ikutan belajar bahasa online. Pengen ikutan tapi bisa tidak ya, secara sering lupa-lupa. Ups...

    BalasHapus
  4. Seru ya belajar bahasa jepang dari nol, jadi pengen coba juga nih.

    BalasHapus

Posting Komentar