header

Cara Menerbitkan Buku Novel di Gramedia

2 komentar

Hi SobatMQ!
Gimana kabar libur lebaran kemarin? Apakah sudah cukup mengembalikan semangat untuk kembali ke rutinitas? Atau masih perlu adaptasi lagi untuk mengembalikan pada kebiasaan awal?

Sebagai blogger, saya mau mengajak teman-teman penulis lainnya agar lebih produktif. Terutama dalam menghasilkan karya-karya yang bermanfaat. Bukan tidak mungkin nantinya tulisan-tulisan tersebut bisa kamu jadikan untuk bahan menerbitkan buku. Setuju nggak?

Novel

Menerbitkan buku menjadi salah satu impian terbesar bagi setiap penulis, demikian juga dengan saya. Saya juga mempunyai impian untuk memiliki sebuah karya berupa buku solo.

Kalau selama ini karya yang dihasilkan masih berupa berupa buku antologi semoga suatu hari bisa memiliki karya berupa buku solo yang bisa diterbitkan oleh penerbit mayor. Begitu juga dengan kamu pastinya kan?

Dalam menerbitkan sebuah buku tentunya ada aturan-aturan yang harus kamu ketahui. Apalagi jika kamu ingin menerbitkan buku gratis di Penerbit mayor.

Dalam kesempatan kali ini, saya yakin kamu juga penasaran bagaimana cara menerbitkan buku novel di penerbit mayor? Tertarik mengetahuinya? Mari kita bahas!

Cara Menerbitkan Buku Novel Melalui Gramedia Digital Publishing System


Disini saya ingin menjelaskan bagaimana cara menerbitkan buku novel di penerbit mayor, salah satunya adalah penerbit Gramedia. Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya jika saat ini sudah ada cara terbaru dalam mengirimkan naskah ke penerbit Gramedia yaitu melalui website Digital Publishing System (DPS).

Digital Publishing System adalah sebuah website yang menjembatani penulis dengan semua penerbit di bawah perusahaan Gramedia Group. Gramedia Group memiliki 6 penerbit besar di bawah kepemimpinannya seperti Gramedia Pustaka Utama (GPU), Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Elex Media Komputindo, Grasindo, m&c, serta Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Setiap penerbit di perusahaan Gramedia Group memiliki karakteristik tersendiri terhadap karya yang hendak diterbitkan. Sebaiknya kamu mengetahui hal ini, saya sudah menulisnya pada pada postingan sebelum ini.

Pengiriman naskah melalui website DPS dirasa lebih mudah dan praktis. Jika biasanya penulis buku mengirimkan naskah ke penerbit melalui email atau kotak pos, sekarang menjadi semakin praktis dengan sekali upload melalui website saja.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan dengan mengirimkan naskah buku melalui Digital Publishing System, antara lain:
  • Bisa memilih hingga 3 penerbit sekaligus sebagai pilihan.
  • Sekali upload naskahq, maka otomatis naskah kamu akan direview juga oleh penerbit lain.
  • Jika naskah kamu ditolak oleh penerbit pilihan satu, maka naskah kamu akan direview oleh penerbit berikutnya sesuai pilihan.
  • Status naskah bisa dipantau melalui dashboard DBS melalui akun kamu.
  • Jika naskah kamu kemudian ditolak, maka kamu tetap akan menerima pemberitahuan melalui email.
  • Adanya kesempatan penerbitan karya dalam bentuk cetak, Print on Demand (POD), maupun digital

Cara Mendaftar di Digital Publishing System


Bagaimana cara mendaftar di website Digital Publishing System ada beberapa langkah berikut yang harus kamu lakukan, antara lain:
  • Buka website dps.gramedia.com
  • Buat akun dengan menggunakan email aktif dan masukkan password
  • Lakukan aktivasi melalui link yang dikirimkan via email kamu
  • Isi data sesuai yang diminta, kemudian simpan
  • Registrasi selesai dan kamu siap mengirimkan karya kamu di DPS

Syarat Mengirim Naskah Melalui Digital Publishing System


Sob, jika kamu ingin menerbitkan novel di Gramedia, ada beberapa syarat yang bisa kamu lakukan, yaitu:
  • Format naskah dalam bentuk pdf, maksimal 50MB
  • Sudah melakukan self editing, pastikan tidak ada typo
  • Sertakan gambar jika karya kamu disertai memang dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Sebaiknya kirim dalam resolusi rendah agar tidak melebihi ukuran 50 MB.

Hal Penting Dalam Mengirim Naskah Ke Penerbit


Beberapa catatan penting yang harus kamu perhatikan dalam sebelum mengirim karya kamu ke penerbit, setidaknya kamu perlu mengetahui informasi dasar berikut.

Status naskah yang pernah diterbitkan

Jika naskah novel atau lainnya yang kamu kirim pernah diterbitkan oleh penerbit indie, kamu masih bisa mengirimkannya ke penerbit mayor. Dengan catatan kamu tidak terikat kontrak dengan penerbit tersebut.

Masa tunggu

Masa tunggu penerbit mayor minimal 3-6 bulan. Karena banyaknya antrian naskah yang harus direview, sebaiknya kamu harus lebih banyak bersabar ya.

Pahami karakter penerbit

Agar naskah karya kamu diterima oleh penerbit, sebaiknya kamu juga harus mengetahui karakter penerbit tujuan. Agar kamu tidak salah dalam memilih penerbit, kamu harus memahami penerbit mana yang bisa menerima karya kamu.

Naskah yang ditolak bisa ditarik kembali

Jika karya kamu ditolak, kamu bisa menarik naskah kamu dan memilih penerbit lainnya ya.

Itulah beberapa cara menerbitkan buku novel atau naskah lainnya di penerbit Gramedia. Kamu bisa melihat jenis-jenis penerbit Dan karakter naskah yang diterbitkan dan mempelajarinya. Tetap semangat yaa

Salam,
Yunniew

Referensi:
dps.gramedia.com.
https://id.quora.com/Berapa-royalti-yang-didapatkan-oleh-seorang-penulis-novel
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Ingin sebenarnya membuat tulisan tentang cerita, entah itu novel, narasi-narasi tentang kehidupan, tapiii... Selalu mentok untuk membuat struktur tulisannya, bingung.. Padahal juga sudah menggunakan bantuan Ai tapi masih belum cocok dengan hasil diberikan :(

    BalasHapus
  2. Wah asik banget bisa milih 3 penerbit sekaligus mbak, jadi kalau ditolak masih ada harapan penerbit yang lain, hehe. Aku baru tahu kalau banyak perusahaan besar di bawah Gramedia. Aku kira perusahaan besar tersebut berdiri sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar