header

Dekspanthenol, Bahan Alami Iritasi Kulit Bayi

4 komentar


Iritasi kulit bayi sering menjadi wabah bagi para orang tua. Memang, meskipun ini adalah masalah kesehatan yang tidak berbahaya, iritasi seperti ruam popok atau ruam panas dapat mempengaruhi kenyamanan anak Moms. Bayi baru lahir menjadi mudah menangis dan rewel karena merasa gatal atau bahkan nyeri di daerah yang teriritasi. Untuk mengatasi keluhan iritasi, salep yang mengandung deksphantenol sering digunakan pada kulit bayi yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. 

Dekspanthenol adalah

Menariknya, ternyata Dekspanthenol juga biasa digunakan sebagai sediaan perawatan kulit orang dewasa, mulai dari lotion hingga pelembab wajah. Pertanyaannya adalah apa sebenarnya Dekspanthenol itu? Dan apa saja manfaatnya hingga banyak digunakan untuk merawat kesehatan kulit termasuk kulit bayi? Yuk, simak rangkuman informasinya di bawah ini ya. 

Dekspanthenol

Dekspanthenol adalah nama lain untuk pro vitamin B5. Seperti vitamin lain pada umumnya, Dekspanthenol tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga perlu dipasok dari luar melalui makanan. Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin tersebut, Kamu juga bisa mendapatkannya melalui produk yang mengandung Dekspanthenol seperti salep, krim, atau pelembab. 

Sebagai bahan alami, Dekspanthenol relatif aman untuk digunakan sehari-hari, termasuk pada kulit bayi yang sensitif. Dengan pemakaian teratur, bahan ini dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit untuk mencegah kulit kering, pecah-pecah, yang juga merupakan tanda iritasi kulit. 

Manfaat Dekspanthenol

Dekspanthenol memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit. Manfaat tersebut tidak hanya dialami oleh anak-anak dengan kulit sensitif, tetapi juga oleh orang dewasa yang ingin menjaga kesehatan kulitnya. 

1. Membantu Menjaga Kelembaban Kulit 

Kulit anak-anak dan orang dewasa dapat menjadi kering karena banyak faktor, mulai dari iritasi hingga dehidrasi. Dekspanthenol yang memiliki sifat melembabkan memiliki kemampuan mengikat air dan menguncinya ke dalam sel kulit sehingga kulit tetap terhidrasi dengan baik untuk mempertahankan kelembaban dan menghindari kekeringan. Tentu saja fungsi Dekspanthenol ini akan maksimal jika dibarengi dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya. 

2. Merangsang Pembentukan Kolagen 

Kolagen adalah protein yang dibentuk oleh sel-sel kulit untuk menjaga keremajaan. Menggunakan produk yang mengandung Dekspanthenol dapat membantu merangsang produksi protein tersebut, sehingga tidak heran jika dengan pemakaian rutin kulit akan menjadi lebih lembut dan halus. Ini juga mengapa Dekspanthenol sering ditemukan dalam produk anti-penuaan untuk orang dewasa. 

Selain membantu menjaga keremajaan kulit, kolagen juga diperlukan untuk regenerasi sel-sel kulit yang telah rusak, misalnya karena goresan atau iritasi. Dengan dukungan kolagen, sel-sel kulit akan diperbarui untuk penyembuhan luka yang lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa Dekspanthenol juga digunakan sebagai bahan aktif dalam krim ruam popok yang dimaksudkan untuk mempercepat penyembuhan ruam. 

3. Anti Inflamasi 

Salah satu tanda ruam popok yang sering menyerang bayi adalah kulit merah, mengkilat, dan gatal saat disentuh. Ruam merah ini merupakan tanda peradangan dari banyak penyebab, mulai dari alergi hingga gesekan antara kulit dan permukaan popok. Dekspanthenol memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Dengan pemakaian rutin, kulit yang awalnya merah dan “kencang” berangsur-angsur menjadi tenang dan kemerahan akan memudar. Dengan cara ini, anak Moms juga akan merasa lebih nyaman karena rasa sakitnya berkurang. 

4. Menjaga Elastisitas Kulit 

Selalu terikat dengan Dekspanthenol untuk membantu merangsang produksi kolagen, ternyata protein ini juga berperan dalam menjaga kekencangan dan kepadatan kulit. Hasilnya, dengan penggunaan Dekspanthenol secara teratur, kulit akan terasa selembut dan segar kulit remaja muda. 

Dekspanthenol untuk Iritasi Kulit Bayi 

Ruam popok adalah iritasi kulit yang umum terjadi pada bayi di bawah usia 2 tahun. Ruam ini ditandai dengan kulit merah dan nyeri saat bersentuhan dengan permukaan popok, gatal dan bahkan berair pada kasus yang parah. Meskipun ruam dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat membuat bayi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengoleskan salep yang mengandung Dekspanthenol. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Dekspanthenol memiliki sejumlah manfaat yang berguna untuk mengobati kulit yang teriritasi pada bayi, misalnya:

  • Membantu menjaga kelembapan alami kulit 
  • Membantu mengurangi peradangan dan ruam merah
  • Merangsang produksi kolagen untuk penyembuhan lebih cepat melalui sel kulit yang baik regenerasi 

Bepanthen baby

Salep ruam popok Bepanthen mengandung deksphantenol serta lanolin yang sangat bagus untuk merawat kulit bayi yang terkena iritasi seperti ruam popok. Karena diekstrak dari bahan-bahan alami, Bepanthen aman digunakan setiap hari sesuai anjuran. Selalu sediakan salep ini di rumah agar Moms bisa segera membantu Si Kecil meredakan gejala ruam popok secepat mungkin.

Salam,

Yunniew

Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Wah rupanya Deskphantenol memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya untuk bayi tapi juga orang dewasa ya Kak? Alhamdulillah.

    Jadi paham soal hal ini, Terima Kasih informasinya Kak.

    BalasHapus
  2. biasanya salep yang mengandung dekspanthenol ini dibutuhin banget pas muncul iritasi di selangkangan dedek bayi karena lembab penggunaan popok ya..

    BalasHapus
  3. keren nih kak tipsnya, bisalah dipraktekin nanti kalau sudah menikah dan punya debay..

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah, dulu adek aku jg sering ruam karena pakai popok, ternyata ada salep.y

    BalasHapus

Posting Komentar