header

Hobi yang Menghasilkan Uang, IDN Live Sebagai Fasilitator Konten Kreator

1 komentar

Sejak memutuskan resign dari pekerjaan sebagai staff quality assurance pada sebuah perusahaan migas 2 tahun lalu, Saya berpikir bagaimana tetap bisa memiliki penghasilan sendiri. Hingga akhirnya saya memilih untuk melakukan hobi yang menghasilkan uang.

Sebenarnya saya sangat menikmati hari-hari saya sebagai ibu rumah tangga. Hamil, melahirkan dan merawat anak-anak 24/7 adalah cita-cita saya. Tetapi hal ini baru bisa terwujud setelah 10 tahun lebih sibuk dalam karier. Karena saya terlalu terbuai dengan indahnya makan gaji hehe

Tetapi kemudian saya tersadar bahwa ada hak anak-anak saya yang kemudian tidak bisa saya penuhi jika saya menjalani 2 peran sekaligus. Ibu bekerja dan ibu rumah tangga. Percayalah, menjadi ibu bekerja dan ibu rumah tangga secara bersamaan tidak mudah. Banyak pergolakan batin yang terjadi dalam prosesnya.

Setiap ibu bekerja pasti pilu saat meninggalkan anak-anaknya di rumah dan menitipkannya pada orang lain. Ibu bekerja pasti gundah saat anak-anaknya sakit, tapi harus tetap bekerja. Ibu bekerja pasti kecewa ketika dirinya tak bisa hadir dalam setiap tangisan anaknya.
  
Pengorbanan ibu

Setiap ibu bekerja pasti punya setumpuk rasa bersalah, saat anak-anaknya lebih dekat dengan sang nanny dibanding dirinya. Dan setumpuk penyesalan lainnya.

Itu yang saya rasakan dulu. Alhamdulillah, ketika anak kedua lahir, saya kemudian harus mengambil keputusan antara karir saya atau karir anak? Karir anak? Iya, karir anak adalah masa depan anak-anak saya. Dengan ikhlas, akhirnya saya izin ke suami untuk melanjutkan karir di rumah saja. Untungnya suami mengaminkan.

Hobi yang Menghasilkan Uang


Bagaimana dengan kondisi saya pasca di rumah saja? Tak terkira bahagianya, saya bisa dekat dengan anak-anak. Tidak lagi berpacu dengan waktu, tidak lagi memaksa anak-anak bangun pagi dan menitipkannya pada pengasuh, dan yang paling penting saya adalah orang yang pertama kali mereka cari saat mereka menangis. 

Satu-satunya hal yang paling saya rindukan dalam dunia kerja adalah gajian wkwk. Gaji pribadi membuat saya bisa leluasa membelanjakan uang. Apalagi yang punya hobi memanfaatkan harbolnas di angka kembar. Duh godaan!
  
Harbolnas ramadan sale

Inilah bentuk kegalauan ibu bekerja. Galau jika tidak bisa memenuhi hasrat membelanjakan uang tanpa takut beban kehabisan uang. Beban itu ketika mendapat pertanyaan seperti

"Kok uangnya habis? Kemana aja?"
"Kok belanja terus sih?"


dan semisal adalah pertanyaan nyelekit yang tidak bisa diterima mantan ibu bekerja yang memilih pensiun dini.

Jadi ingat ya suami, jangan coba-coba memberi pertanyaan seperti ini jika tidak ingin melukai hati istrimu haha.

Meski tidak pernah mengalaminya, tapi setiap istri pasti merasakan hal yang sama. Punya prinsip eman-eman dalam membelanjakan uang suami. Karena alasan inilah ibu rumah tangga biasanya ingin memiliki penghasilan sendiri, meski sedikit tapi setidaknya ada kepuasan tersendiri, plus bisa bebas membelanjakannya (ya kan!?). 

Makanya demi bisa mempunyai penghasilan sendiri, saya kemudian mencari berbagai cara untuk bisa memiliki penghasilan tambahan dari rumah. Yup!  Salah satunya dengan melakukan hobi yang menghasilkan uang. 
  
Cara mencari penghasilan tambahan dari Rumah


Saya pun mulai mencari alternatif penghasilan tambahan dari rumah. Satu hal yang bisa saya lakukan adalah berjualan hehe.

Meski ada usaha laundry kami yang bisa saya tekuni, tetapi karena harus keluar rumah otomatis membuat saya enggan melakukannya. Ya, laundry kami letaknya di ruko depan perumahan. Ini tidak bisa saya lakukan, karena gerak saya terbatas dengan adanya anak-anak.

Saya memilih berusaha dengan cara lain, yang penting anak-anak tetap terurus. Itu pikiran saya. Beberapa cara saya dalam mencari penghasilan tambahan dari rumah yaitu :

1. Mengaktifkan online shop


Sejak masih single saya memang aktif berjualan online, hampir semua teman-teman saya mengetahuinya. Makanya saya memilih menghidupkan kembali akun olshop yang sempat vakum.

2. Join banyak reseller

  
Oprn reseller


Saya juga join ke banyak brand untuk menjadi reseller mereka. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Semua saya coba, karena saya tidak tahu mana yang bakal lebih cepat mendatangkan pembeli.

3. Ikut komunitas ibu produktif


Saya juga mengikuti komunitas ibu produktif, sambil berjualan secara online saya juga mengisi waktu luang sambil join beberapa komunitas ibu produktif. Disana para ibu rumah tangga bisa saling menguatkan dan menyemangati.

4. Menimba ilmu


Saya juga mendaftar short course yang banyak digelar secara daring.

"Saya pikir jika hanya sibuk mencari uang tanpa ada tambahan ilmu setiap hari, maka saya merasa sia-sia. Karena uang akan habis, tetapi ilmu tidak akan pernah habis."

5. Menulis


Nah yang paling membuat saya happy menjalani hari-hari sebagai ibu rumah tangga adalah menulis. Ya saya aktif menulis di blog pribadi saya.

Hal ini saya lakukan sebagai bentuk apresiasi dan aktualisasi atas apa yang saya lakukan setiap hari.
   
Hobi yang menghasilkan uang

Bukan apresiasi dari orang lain, tapi dari diri sendiri. Menulis bisa menjadi healing bagi saya. Healing saat saya merindukan dunia kerja, healing saat saya merasa lelah di rumah. Bonusnya, tentu saja bisa mendatangkan penghasilan. 

Berkarya Pakai Gawai


Setiap hari saya menulis, apapun saya tulis. Saya sangat menikmati melakukan hobi yang menghasilkan uang ini. Mulai dari kejadian bangun tidur hingga tidur lagi. Jika ada manfaatnya saya akan membagikannya kepada khalayak dan saya publikasikan.

Dari situ akhirnya saya mulai berkenalan dengan dunia blogger.Dan lahirlah blog ini. Saya lebih banyak menggunakan gawai dalam berkarya menghasilkan tulisan.

Kenapa? Karena waktu saya sangat terbatas, jika harus duduk di depan laptop berjam-jam otomatis anak-anak akan keteteran. Sedang goal utama saya adalah mengurus anak-anak.

Rezeki sudah diatur!


Percaya kan? Meski hanya melalui hp nyatanya lumayan juga peluang pekerjaan yang mampir, hehe. Berkarya pakai gawai tidak menyurutkan niat saya untuk menjemput rezeki dari-NYA. Lewat hobi ngeblog bisa juga mendatangkan uang.

Kreativitas Menembus Batas, Raih Cuan Tak Terbatas di IDN App


Kini semakin hari semakin banyak saja cara untuk melakukan hobi yang menghasilkan uang. Termasuk cara untuk menghasilkan uang dari rumah. Asal mau mencari informasi. Insya Allah peluang akan selalu datang. Jangan takut hanya karena tidak datang ke kantor setiap hari bukan berarti tidak bisa terima gaji.

Justru dari rumah kita bisa mengembangkan kreativitas hingga menembus batas. Terutama untuk konten kreator, peluangnya semakin terbuka lebar, apalagi sekarang ada aplikasi yang memberi dukungan penuh kepada para konten kreator seperti blogger, youtuber dan juga streamer.

Satu aplikasi yang lagi hit untuk content creator adalah IDN app. Aplikasi ini bisa digunakan oleh penulis maupun kamu yang punya hobi cuap-cuap di depan kamera. 

Bagi penulis seperti blogger, bisa menjadi kontributor IDN dengan mengirimkan tulisan yang bisa langsung di submit via aplikasi. Tulisan yang dimuat tentunya akan mendapatkan poin yang bisa di redeem menjadi rupiah. 

Bagi yang hobi ngomong di depan kamera, bisa menggunakan fitur IDN live yang sedang viral. Ada yang sudah mencoba? Yuk kita kenalan.

Apa itu IDN Live?


Idn app

IDN live adalah sebuah fitur live streaming di IDN app. IDN app adalah sebuah platform baca berita dan hiburan terlengkap yang menjadi referensi generasi mil) enial dan gen Z. Menurut saya, memadukan aplikasi baca berita dan hiburan dengan fitur live streaming adalah ide brilliant. IDN app bisa didownload secara gratis di playstore atau IOS dari hp kamu kok

Saat ini IDN app telah menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan fitur siaran langsung. IDN Live terbukti sangat memanjakan para streamer (pelaku streaming). Mengapa saya bisa mengatakan begitu? Karena IDN Live memiliki sebuah program IDN Live Streamer Fund Rp 50 Miliar, mau tahu? Bahas yuk!


Program IDN Live Streamer Fund Rp 50 Miliar



Program IDN Live streamer fund Rp 50 miliar adalah program dana Rp 50 miliar yang digelontorkan dari IDN sebagai bentuk apresiasi kepada komunitas streamer atas kreativitas dan keaslian karya content creator dalam melakukan live streaming. 
  
IDN Live juga ingin memberi kesempatan kepada para streamer untuk mendapatkan penghasilan dari hobi mereka. Istilahnya melakukan hobi yang menghasilkan uang.
   
Idn live streamer fund 50 miliar

Jadi program IDN Live streamer fund Rp 50 miliar bertujuan sebagai bentuk dukungan kepada para content creator untuk melakukan hobi tapi tetap memiliki pemasukan. Ah ini seakan jawaban atas kegundahan saya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Kamu juga gitu nggak?

Baiklah, setelah kita mengulik tentang program IDN Live streamer fund Rp 50 miliar, gimana kalau kita bahas cara jadi streamer IDN Live. Ada yang pengen tahu? Mari kita lanjutkan.

Cara Jadi Streamer IDN Live


Jika kamu berminat jadi streamer di IDN Live, maka kamu harus memenuhi syarat menjadi streamer di IDN Live, apa saja? berikut syaratnya :

1. Berdomisili di Indonesia dan berusia 18 tahun
2. Memiliki minimal 100 follower di IDN App
3. Konsisten melakukan streaming di IDN Live sesuai jadwal
4. Mempunyai konten bermuatan positif
5. Karya harus kreatif, otentik dan orisinil
6. Mematuhi aturan yang ada pada komunitas IDN Live

Mudah kan? kalau kamu sudah memenuhi ke-6 syarat diatas, tinggal persiapkan diri kamu untuk menjadi streamer di IDN Live dan daftar deh. Oh ya berikut ini cara daftar IDN Live. 

Cara Daftar Streamer IDN Live


Langkah mudah cara daftar streamer di IDN Live, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

  • Donlot aplikasi IDN App
  • Buat akun IDN app, buka IDN Live
  • Mengisi formulir pendaftaran streamer IDN Live disini 
  • Siapkan video perkenalan via google drive berisi biodata tentang diri sendiri sepanjang 3 menit.
  • Submit
  • Tunggu verifikasi dari tim IDN Live
  • Siap kembangkan kreativitas bersama IDN Live

Beres kan? sekarang tinggal tunggu kabar baik dari IDN Live, nanti akan dihubungi jika kamu terpilih dan lolos verifikasi. Namun sebelumnya, kamu penasaran nggak siapa aja sih para pengisi program live streaming di IDN Live?

Siapa Sajakah Streamer di IDN Live?


Saya melihat sudah banyak para content creator dan selebgram terkenal yang telah bergabung menjadi streamer di IDN Live. Mereka mengusung berbagai jenis konten.

Mulai dari konten yang menghibur seperti chit chat, musik, game, tutorial, beauty, relationship, dakwah dan beragam hobi lainnya. Pokonya berbagai tema konten siap menampung kreativitas kamu.
  
Streamer IDN Live


Dikutip dari instagram IDN app, para streamer IDN Live antara lain :

1. Habib Husein Ja'far


Habib Husein Ja'far ini memiliki jadwal live streaming setiap hari senin jam 15.00 WIB selama Ramadan. Habib akan live streaming bersama para mantan pengguna narkoba, narapidana, mantan pembunuh, preman dan mantan dukun santet. Penasaran? silakan catat waktunya di jam kamu ya!

2. Gabriel Prince


Siapa yang tidak kenal Gabriel Prince? kenal donk ya, selebgram ganteng ini terkenal lewat media sosial Tiktok. Prince pernah menolak tawaran dari management artis korea sebanyak 2 kali. Nah mungkin kamu penasaran mengapa Gabriel sampai menolak SM management dan lebih memilih berkarir di Indonesia.

Ini sudah pernah dibahas saat Gabriel melakukan live streaming di IDN Live lho. Dan Prince sudah bergabung menjadi salah satu streamer di IDN Live. Ah mupeng pengen lihat Prince live lagi dong!

3. Dave Stanley


Siapa yang tak kenal Dave Stanley? Sultan muda yang terkenal di Tiktok dengan konten kemewahannya ini juga sudah menjadi streamer IDN live.

Dave Stanley telah menjajal fitur IDN Live saat melakukan live streaming langsung pada tanggal 11 Maret 2022 pada acara BERSULANG.

BERSULANG sendiri adalah acara Bersama Sultan Adu Lelang, semua barang-barang branded dari KENZO, Anti Social Social Club, Comme de Garcon cuma seharga 25 ribu Guys. Widih mupeng banget! Bikin lagi dong, IDN! 

Gimana seru kan para streamer yang sudah bergabung di IDN Live? Ini masih banyak lho, cuma saya tidak membahas semuanya, biar kamu makin penasaran hehe. Buka aja langsung di aplikasi IDN live!! 

Kenapa kamu harus gabung di IDN Live? Karena IDN live memiliki 7 keunggulan, mau tahu? Baca terus ya.

7 Keunggulan Fitur IDN Live


Pertama kali mencoba fitur IDN live di aplikasi baca berita dan hiburan terlengkap IDN, saya tidak menemukan banyak kesulitan. Karena pola aplikasi IDN live sangat mudah dipahami.

Berikut keunggulan fitur Live Streaming Via IDN Live

1. Mudah dipahami


Sebagai ibu-ibu yang jarang sekali update teknologi, saya termasuk yang gagap dalam menggunakan aplikasi baru. Namun hal ini tidak terjadi saat saya pertama kali menggunakan aplikasi IDN, terlebih IDN Live. Semua navigasi jelas dan mudah dipahami, bagi yang tidak paham aplikasi sekalipun.

2. Bisa sambil update berita

   
Idn live

Kapan lagi bisa streaming sambil dapat update-an berita terbaru dan terpopuler. Kayaknya cuma di IDN Live deh. Memodifikasi aplikasi baca berita plus hiburan, dengan memberi fitur tambahan live streaming, tentu saja ini keputusan brilliant.

3. Bertabur hadiah


Suatu ketika saya pernah join live streaming content creator dengan tema 'shalawat'. Karena suaranya bagus, jadi saya memberi apresiasi setangkai bunga mawar. Maaf cuma setangkai wkwk
   
Bedug challenge


Eh saya diberi tahu kalau viewer juga bisa bisa dapat undian IPhone 13 lho. Gimana caranya? Dengan memberi stiker bedug kepada streamer. Wuih keren, hanya modal sticker bedug yang tidak sampai sepuluh ribu bisa punya peluang hadiah puluhan juta! Gila!

Tentu saja pemberi bedug terbanyak punya kesempatan menang lebih tinggi Guys! Saya jadi termotivasi untuk memberi apresiasi 'bedug' pada streamer nih.

4. Banyak pilihan kategori obrolan


Salah satu yang membuat saya tidak bosan untuk nonton live streaming para kreator ini karena banyaknya tema yang ditawarkan. Mulai dari populer/trending, hiburan, beauty, life, food, game dan masih banyak lagi.

5. Cara daftar mudah


Untuk menjadi streamer di IDN Live terbilang mudah, syaratnya juga cukup mudah. Kamu bisa melihat syarat untuk menjadi streamer dibahasan berikutnya dibawah ini.

6. Mau turut apresiasi streamer, tinggal kasih sticker gift


Kalau kamu suka dengan konten yang disajikan oleh para streamer, kamu bisa lho langsung memberi apresiasi kepada mereka. Langsung saat itu juga. Caranya kamu tinggal tekan tombol gift, dan pilih sticker apa yang mau kamu kasih ke mereka. Ini juga sebagai bentuk penghargaan atas karya mereka. 

7. Mendapatkan Penghasilan!


Nah setiap streamer berkesempatan mendapatkan penghasilan mulai dari ratusan ribu hingga miliaran rupiah. Tentu saja perhitungan penghasilan atau disebut dengan performance bonus ini berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh IDN Live.

Penilaian performance bonus merupakan kombinasi durasi streaming, jumlah viewer saat live streaming, engagement dengan pengunjung dan berapa jumlah gift yang diterima oleh streamer. Lebih detail lihat bahasan dibawah ya.

Bagaimana cara perhitungan penghasilan streamer di IDN Live?


Kalau kamu penasaran bagaimana cara perhitungan penghasilan bagi para streamer yang melakukan live streaming di IDN Live, saya akan membahasnya lebih lengkap disini.

IDN Live telah mengeluarkan skema penghasilan bulanan yang akan kamu dapatkan jika kamu menjadi streamer di IDN Live. Penghasilan yang bakal kamu kantongi tidak tanggung-tanggung lho, mulai dari ratusan ribu hingga Rp 1,3 Miliar! Wow!

Pengen nggak? Alhamdulillah pengen banget lah, ngaku !! Nah gimana cara bisa mendapatkan penghasilan ini. Selain sejumlah poin yang perhitungan yang telah saya sebutkan diatas, ada lagi syarat tambahan untuk mendapatkan performance bonus ini adalah

" Performance bonus dihitung setiap bulan dan hanya bagi streamer yang telah melakukan live streaming lebih dari 60 jam, 20 hari streaming, dan 2 jam setiap sesi streaming."

Besaran bonus performance dikelompokkan dalam urutan level. Urutan level berdasarkan jumlah poin yang didapat mulai dari level 1 hingga level 36. Dengan skema performance bonus di level 1 adalah sebesar Rp 650 ribu, Level 2 sebesar Rp 1,3 juta, level 3 sebesar Rp 1,820 ribu hingga level tertinggi 36 yaitu sebesar Rp 1,3 miliar rupiah. Wow! Coba lihat detail bagan dibawah ini.

    
Streamer bonus scheme 2022

Saya membayangkan jika semua streamer mendapatkan penghasilan sebesar Rp 1,3 Miliar per bulan apa yang akan terjadi. Duh para streamer IDN Live bakalan jadi sultan tajir berikutnya nih. Kalau begini IDN Live akan menjadi aplikasi streaming yang melahirkan banyak sultan tanah air. Kece!

Siapa saja yang berhak mendapatkan performance bonus dari IDN Live?



Jawabannya semua streamer! Ya, semua streamer memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan performance bonus yang telah disediakan oleh IDN Live. Seperti tujuan awal yang telah saya sebutkan diatas bahwa IDN Live memang bertujuan memberikan apresiasi kepada para streamer atas kreativitas dan orisinalitas karya mereka.

Makanya tepat sekali dengan adanya program IDN Live streamer fund Rp 50 miliar ini, bisa memberi kesempatan besar bagi para kreator konten untuk mengembangkan bakat dan meraih penghasilan lewat hobi yang menghasilkan uang. Tertarik? buruan daftar jadi streamer IDN Live ya!

Keuntungan Tambahan Mengikuti Program IDN Live Streamer Fund Rp 50 Miliar


Selain bisa mendapatkan penghasilan hingga milyaran rupiah dari kegiatan live streaming, para streamer juga akan dimanjakan dengan keuntungan tambahan jadi streamer di IDN Live, apa saja? yuk lanjutkan baca.

1. Media Coverage and Exposure


Bagi para streamer IDN Live nantinya juga akan mendapatkan media coverage, strategi promosi, dan iklan berbayar di ekosistem IDN Media. Tahu kan kalau ekosistem IDN media itu menggurita sekali.

Beberapa nama media besar yang akrab di telinga kita seperti IDN, IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, Fortune, GGWP, dan Duniaku.com adalah seluruh jaringan IDN Media.

Bayangkan bisa mendapatkan media coverage dan exposure dari seluruh media ini, keren banget!

2. Access to IDN Media's Studio


Selain itu streamer terpilih juga akan diberikan akses untuk menggunakan studio profesional dari IDN Media yang terletak di kantor Jakarta dan Surabaya untuk pembuatan konten. Makin mupeng deh!

3. Training and Mentorship


Ada lagi bentuk dukungan IDN Live kepada streamer yang telah memenuhi kriteria tertentu akan mendapatkan beragam program pelatihan dan mentoring dari tim IDN Media.

3. Brand Sponsorship


Keuntungan lainnya bagi streamer terpilih adalah diberi kesempatan untuk mendapatkan brand sponsorship yang difasilitasi oleh ICE. ICE adalah platform creator marketing milik IDN media. Nah tuh paling lengkap deh jadi streamer IDN Live.

4. Hardware Live Streaming's Support


Bentuk kesungguhan dukungan dari IDN Live lainnya dalam mendukung content creator Indonesia adalah dengan memberikan dukungan perangkat live streaming kepada para streamer seperti kamera, mikrofon, mixer, tripod, lighting, green screen, dan banyak lagi.

Nah banyak kan keuntungannya kalau jadi streamernya IDN live. Selain bakalan dapat support yang segambreng, kesempatan meraup cuan juga besar. Makanya tunggu apalagi, ayo donlot aplikasinya terus buruan gabung jadi streamer di IDN Live dan bersiaplah jadi Miliarder!

Penutup


Sebagai aplikasi yang memberi ruang para content creator untuk mengembangkan hobi dan kreativitasnya. IDN Live sangat layak dijadikan andalan dalam mengembangkan hobi yang menghasilkan uang.

Terlebih saat ini dunia live streaming menjadi andalan dalam menyalurkan hobi, dengan apresiasi seperti ini, saya yakin dunia streaming akan menjadi semakin primadona kedepannya.

So, tunggu apalagi ayo kembangkan bakatmu dan salurkan hobi cuap-cuap di depan kamera melalui fitur IDN Live di aplikasi IDN ya! Segera donlot IDN app sekarang juga dan wujudkan mimpi menjadikan hobi yang menghasilkan uang lewat IDN Live. Sampai jumpa di live streaming IDN ya !

Salam,
Yunniew

Referensi:
https://idn.onelink.me/VKUf/IDNAppBlogComp
https://streamerfund.idn.app
https://www.instagram.com/idn_app
IDN Live Streamer fund Fact Sheet
https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-5370271/10-fakta-gabriel-prince-selebgram-ganteng-tolak-tawaran-sm-entertainment
https://www.popmama.com/life/home-and-living/samantha-elisa-gracia/potret-rumah-seleb-tiktok-dave-stanley-seperti-istana-kerajaan
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Wah saya malah baru tahu kalo ada idn live, nanti coba" deh liat" dulu hehe

    BalasHapus

Posting Komentar