header

5 Target Ramadan Ini Bisa Perbaiki Iman Lho!

1 komentar

Halo Gaiss! Sudah Ramadan ke berapa ini? Apa kabar dengan target Ramadan kamu? Apakah makna puasa Ramadan sudah benar-benar terpatri di dalam diri hingga di detik pertengahan puasa ini? 
    
Dalam tulisan kali ini saya ingin menuliskan tentang target Ramadan yang bisa saya, kamu dan semua yang membaca tulisan ini bisa capai. Bahkan efeknya akan menjadi sebuah kebiasaan baru selepas Ramadan!
     
Target Ramadhan


Target Ramadan, Bukan Hanya Sekadar Target Bualan!


Berbicara masalah target Ramadan, kita harus benar-benar berupaya untuk mencapainya. Jangan jadikan target Ramadan hanya sebatas formalitas belaka. Hanya turut senang, turut ramai yang dilakukan orang.

Kita harus berupaya kuat untuk mewujudkan setiap bait demi bait target yang telah ditetapkan. Toh yang membuat target diri sendiri kan? Bukankah refleksi akhir dari sebuah ibadah puasa ini adalah menjadi sebaik-baik pribadi

Ada baiknya, setelah membuat tetapan target puasa, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah meneguhkan niat untuk menjadikannya nyata.

Bikin Target Bulan Ramadhan, Buat Apa Sih?


Harapannya setelah membuat target bulan Ramadhan ini, setelah sebulan penuh berpuasa maka akan terbentuk suatu kebiasaan baru. Kebiasaan baik yang telah ditempa selama 30 hari.

Tujuan lainnya adalah agar kita terbiasa mengatur waktu dan mengalokasikannya dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti kegiatan ibadah harian. Ibadah harian yang tentunya bisa mempererat hubungan dengan Allah SWT dan juga hubungan dengan sesama manusia.

5 Target Ramadan untuk Perkuat Iman


Apa target Ramadan yang bisa dilakukan untuk memperkuat keimanan kita? Ini ada beberapa rekomendasi target pribadi yang bisa diwujudkan.
  
contoh target ramadan

1. Tilawah Rutin


Tilawah rutin bisa dilakukan dan dibiasakan selama bulan Ramadan. Jika selama ini jarang sekali bisa mengalokasikan waktu untuk membaca Alqur'an, maka momen bulan Ramadan ini bisa menjadi titik balik dimulainya kebiasaan baik.

Lakukan tilawah rutin selama bulan Ramadan. Tidak harus langsung menghabiskan berlembar-lembar halaman Al Qur'an sekali duduk. Cukup dengan satu ayat - satu ayat pun tidak masalah. Poinnya adalah konsistensi.

2. Khatam Alqur'an


Selama Ramadan sangat mungkin bisa mengkhatamkan membaca Alqur'an. Paling tidak jika dilakukan secara konsisten minimal satu kali dalam sebulan bisa mencapai khatam Al qur'an.

Bagaimana cara mengkhatamkan Alquran dengan mudah?

Cukup baca 2 lembar Alquran setiap selesai sholat wajib. Jika rutin dilakukan, artinya dalam sehari bisa khatam (tamat, pen) satu juz. Dengan demikian selama 30 hari akan lulus membaca Alqur'an. Mudah kan?!

Tapi bagaimana dengan wanita yang memiliki masa haid? paling tidak ada 5-7 hari yang menyebabkan kaum hawa tidak bisa membaca Alquran. Hal ini bisa disiasati dengan menabung 7 juz selama sebulan. Caranya bagaimana? dengan menambah waktu membaca Al qur'an. Tambah waktu sholat sunnahnya. Waktu dhuha' dan sebelum makan sahur adalah waktu yang paling pas untuk menabung juz.

3. Perbanyak Sholat Sunnah


Jika sudah terbiasa sholat wajib, ada baiknya kamu memasang target untuk melaksanakan sholat sunnah. Lakukan dari sholat sunnah yang paling mudah yaitu sholat dhuha.

Kemudian bisa dilanjutkan dengan sholat qabliyah dan ba'diyah. Lalu dilanjutkan dengan sholat di sepertiga malam. Insya Allah jika sudah terbiasa melakukan.

4. Perkuat Bonding Keluarga


Jika selama ini kedekatan keluarga mulai berjarak. Momen Ramadan adalah cara terbaik untuk memperbaikinya. Acara buka bersama adalah momen menambah kedekatan keluarga. Buka bersama kerap dijadikan sebagai ajang mempererat bonding dengan keluarga.

5. Aktif Berbuat Baik


Ingin mendapatkan pahala double selama puasa, ada baiknya bisa berkontribusi dalam kegiatan dakwah maupun kegiatan amal. Insya Allah semoga kita semua diberi kemudahan dalam melakukannya.

Saat ini kegiatan amal dan aksi sosial semakin ramai dilakukan selama bulan Ramadan. Mulai dari sedekah shubuh, berbagi takjil bahkan berbagai macam santunan sering digalakkan. Mari kita mulai aktif berbuat baik, agar bisa membantu banyak umat.

Penutup


Selama Ramadan, banyak pahala bertebaran. Kalau dulu masa kecil sering main Mario Bross, pasti ingat dengan sejumlah koin emas sebagai penyambung nyawa. Nah, ibarat pahala Ramadan itu seperti koin emas yang bertebaran dimana-mana. Siap diambil bagi yang telah menunaikan syaratnya.

Pertanyaan sederhananya, mau diambil atau dibiarkan? Tinggal kita saja yang menentukan. Apakah mau jika Ramadan tahun ini berlalu begitu saja? Apa kabar makna puasa Ramadan yang sudah ditulis? Akankah berllu bergitu saja. Yuk kita persiapkan target Ramadan demi mendulang koin pahala. Siap? 

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar