header

Ini Rahasia Teknik Storytelling Agar Menang Lomba Blog!

10 komentar

Pada bulan Januari 2022, Saya berkesempatan mengikuti webinar Storytelling bersama blogger langganan juara blog, Dedy Huang. Webinar ini merupakan salah satu apresiasi yang diberikan oleh panitia lomba blog #kampanyekejuaslicheck.

Dalam kesempatan ini juga hadir bersama kami, penyelenggara lomba yaitu komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Acara yang di moderator oleh mbak Alfa Kurnia selaku moderator, hadir menengahi acara webinar kali ini.

A. Kenalan Sama Deddy Huang


Tema yang diangkat pada webinar ini adalah “ How to Write Storytelling for Your Blog” Deddy huang adalah seorang digital marketing strategis.
   
Storytelling ala Deddy Huang


Bagi saya, kalau mendengar nama Deddy Huang, yang akrab di sapa Ko Dedy, maka pikiran saya langsung tertuju pada blogger langganan juara hehe.

Pertama kali saya kepoin blog nya Ko Deddy karena beliau adalah salah satu juri pada lomba blog Carisinyal yang saya ikuti.

Makanya saya ingin tahu bagaimana tipikal penulisan ala blogger asal Palembang ini. Rupanya ciri khas tulisan Ko Deddy adalah teknik storytellingnya yang sangat kental. Makanya wajar, kalau beliau selalu menempati podium hampir di semua lomba.

Saya terkesima ketika membaca jajaran prestasi yang telah didapat oleh beliau. Beliau hampir selalu menang lomba blog. Pokoknya kalau lihat beliau ikut lomba, langsung pupus harapan untuk berharap menang wkwk.

Jangankan menang, berharap pun tak berani. Kecuali, kalau beliau tidak ikut lomba, barulah (mungkin) ada peluang menang bagi saya sebagai blogger cupu.

Terakhir lomba yang saya ikuti dan beliau juga ikut dalam lomba IndiHome. Saya menulis tentang peran IndiHome untuk Kebangkitan bisnis digital serta Popmama. 

Dan sudah pasti bisa ditebak dong hasilnya!? Memang beliau berhasil menempatkan namanya sebagai salah satu pemenang. 

Dan yang paling membuat saya takjub adalah, pengakuan beliau yang mengatakan pada lomba Popmama. Katanya sih beliau sama sekali tidak paham tentang dunia parenting, karena memang beliau belum menikah. 

Dan ternyata juga, beliau tidak tahu harus menulis apa tentang lomba tersebut eh tetapi beliau bisa mendapatkan placement juara 3 besar lho! Wow! How come?? Kuncinya adalah karena gaya berceritanya ko Deddy yang diatas rata-rata.

Dari setiap tulisan yang beliau publish di blog, diantara yang saya baca, setiap sususan cerita dan peristiwanya runut dan tidak membosankan.

Story telling yang disajikan beliau sangat ringan dan santai. Pesan dalam setiap tulisan juga tersampaikan dengan baik.

Dan dalam artikel kali ini saya akan membagikan rahasia teknik storytelling ala Ko Deddy untuk menang lomba blog.
   
Ini Rahasia Teknik Storytelling Agar Menang Lomba Blog!


A1. Ice Breaking Webinar Storytelling yang Memikat


Pada kesempatan pertama, pada saat membuka materi Ko Deddy membuka dengan sebuah gambar paha ayam dalam bucket. Beliau meminta kami, para peserta webinar untuk mendeskripsikan gambar tersebut dalam 3 kata.

Beragam jawaban dari para peserta webinar, dan rata-rata jawaban mereka adalah seputar ayam goreng yang renyah,gurih dan krispi.
“Gaya seorang penulis dalam mendeskripsikan sebuah gambar, menentukan sejauh mana pesan itu sampai dan keep in mind dalam pikiran pembaca.” Pesan Ko Deddy
Tentunya semakin mendetail pemaparan tulisan, seolah-olah mengajak pembaca merasakan sensasi gigitan ayam dan membuat pembaca turut menelan ludah, itulah yang dinamakan ‘bumbu penyedap’ dalam sebuah tulisan.

Saya pun baru menyadari, ternyata itu yang menjadikan Ko Deddy selalu hadir sebagai pemenang lomba. Storytelling yang kuat serta pesan tulisannya sampai kepada pembaca dan keep in mind di kepala penikmatnya.

B. Storytelling: Pengertian dan Tujuannya


Storytelling banyak digunakan dalam berbagai artikel penulisan. Bahkan banyak media besar yang mulai menerapkan konsep storytelling ini.

Bagi saya sendiri sebagai penikmat tulisan, membaca artikel yang menggunakan teknik storytelling bisa menghindarkan dari reading slum atau kehilangan arah dalam memahami artikel.

Apa arti storytelling? Mari kita jabarkan pemahamannya yang saya dapat dari Ko Deddy pada webinar yang berlangsung via zoom itu.

1. Pengertian Storytelling


Menurut Ko Deddy Storytelling atau bercerita adalah seni menyampaikan suatu peristiwa, pikiran atau ide kepada orang lain dengan menggunakan bahasa, gambar maupun gerak fisik.

Sedangkan orang yang melakukan storytelling disebut Storyteller atau Pencerita.

2. Tujuan Storytelling


Tujuan dari penerapan storytelling ini adalah agar tulisan kita lebih mudah dipahami, lebih mengena ke hati pembaca dan mendapatkan output yang diinginkan dari pembaca.

C. Storytelling Dalam Sebuah Artikel


"Kebanyakan orang menolak berjualan ,tapi mereka menikmati untuk belanja.”
Betapa banyak penerapan teknik storytelling yang sering kita jumpai dalam sebuah iklan di berbagai media. Itu dikarenakan sekarang teknik storytelling lebih mudah dipahami oleh masyarakat dibanding kalimat berita yang kaku.

Peluang inilah yang akan kita coba terapkan untuk mendapat perhatian lewat cerita.

C1. Fungsi Storytelling Bagi Engagement Audiens


Sebagai seorang blogger maupun influencer, betapa pentingnya engagement atau keterikatan hubungan dengan audience kita. Makanya peran storytelling untuk engagement audiens adalah :
  • Menarik emosi audiens
  • Menciptakan kenangan bagi mereka
  • Mempengaruhi opini audiens, dan
  • Mengejutkan audiens

C2. Penerapan Storytelling Pada Apa Saja?


Penerapan storytelling dapat digunakan untuk Produk barang dan Jasa maupun perusahaan yang memiliki nilai cerita yang tidak tersampaikan.

Bagaimana seorang penulis bisa menuliskannya serta pesan yang diangkat sampai kepada audiens. Itulah cara storytelling berperan dalam sebuah tulisan

D. Teknik Storytelling untuk Menang Lomba Blog ala Deddy Huang


Teknik bercerita dalam sebuah tulisan nyatanya mampu membuat pembaca tidak jenuh, manakala disajikan tulisan yang terlalu panjang. 
   
Ini Rahasia Teknik Storytelling Agar Menang Lomba Blog!

Bagaimana sebuah teknik storytelling bisa memikat hati juri lomba? Berikut rahasianya! 

1. Bedakan Antara Peristiwa dan Cerita


Jika menuliskan tentang suatu peristiwa berarti menuliskan konsep 5W1H. 5W1H berarti menjelaskan secara detail, apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana dan sebagainya.

Pokoknya menuliskan tentang peristiwa tanpa ada penambahan sudut pandang penulis maupun opini.

Sedangkan, tulisan cerita menggambarkan karakter, tujuan, halangan, dan usaha dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Biasanya juga dibumbui dengan opini maupun pengalaman si penulis

2. Belajar dari Contoh Tulisan yang disukai


Penting untuk memiliki banyak referensi bagi seorang penulis. Makanya guru saya dulu selalu mengatakan bahwa penulis itu adalah pembaca yang baik.

3. Banyak Berlatih Menulis


Menurut Ko Deddy, tidak ada cara lain selain banyak membaca contoh tulisan yang disukai dan dilanjutkan dengan latihan, latihan, dan latihan menulis. Banyak berlatih membuat kita semakin mahir menulis.

4. Minta Feedback


Meminta masukan atau feedback dari orang terdekat adalah hal terpenting bagi seorang penulis. Sebagai Blogger pemula, Saya kadang minta pendapat Suami untuk memberikan feedback atas tulisan saya.

Menurut Ko Deddy, hal ini perlu melihat sejauh mana pesan tulisan kita dapat ditangkap oleh pembaca. 

5. Perhatikan Cara Bercerita


Ada 2 jenis latar cerita yang ada yaitu
  • Telling the story artinya penulis menceritakan sebuah cerita yang menarik
  • Listing Feature artinya membahas hal-hal apa saja secara sistematis dan runut, sebaiknya pilih yang mana? Gunakan keduanya sesuai penempatan masing-masing.

6. Mampu Menggugah Pikiran Pembaca


Bagian sebuah tulisan mampu mengaduk-aduk emosi pembaca dan menggugah pola pikir mereka, menurut saya adalah goal sebuah storytelling.

7. Gunakan Visualisasi yang baik


Penggunaan visual yang baik tercermin dalam bentuk diagram, desain yang menarik pada sebuah artikel. Ini bagian yang pe er banget bagi saya yang mempunyai gaya hidup minimalis dalam mendesain gambar.

8. Menceritakan Kisah yang Menarik


Cerita kisah dalan bentuk narasi yang baik. Kalau saya cermati apa yang Ko Deddy sampaikan, kemahiran dalam olah kata adalah kekuatan tersembunyi bagi Storyteller.

9. Mengandung Ajakan yang Jelas


Pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah tulisan harus clear. Apa goal yang ingin dicapai. Tulisan harus memuat prinsip Call to Action (CTA) yang jelas.

Penutup


“Storytelling bukan hanya untuk mengejar follower, namun juga bisa berdampak dalam transfer beliefs dan value” Deddy Huang
Menulis dengan menggunakan storytelling tentu membuat pembaca betah berlama-lama membaca di blog kita. Nah, selain Ko Deddy, ada lagi blog yang memiliki gaya storytelling yang kuat.

Coba intip blognya mbak Nurrahmah Widya, untuk memperluas pandangan tentang storytelling ini.

Selamat mencoba Rahasia Teknik Storytelling agar Menang Lomba Blog ala Ko Deddy ini ya. Semoga bermanfaat. 

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. Menarik banget ulasannya mba Yunniew *baca tulisan ini sambil manggut-manggut. Coba ah nanti diterapin di postingan blog. Biar makin sedap tulisan.

    Bener banget ya mungkin hampir semua orang suka membaca cerita jadi ya blogger harus makin pandai bercerita

    BalasHapus
  2. Keren bgf ya Ko Deddy. Otw kepo sama blognya ah. Emang bener ya penukis yg baik itu pasti pembaca yg baik pula mbak. Sementara aku udah lamaa bgt nggak baca yg bnr2 baca huhu.

    BalasHapus
  3. wah, menarik banget mbak. ak jadi kepikiran untuk ikut lomba setelah baca ini. haha.

    BalasHapus
  4. Wah makasih tulisannya mbak, semoga aku bisa belajar jadi storyteller juga. Walaupun gak menang lomba sekarang gpp, yg pentinv terus belajar. Karena kayaknya gak semua penulis langsung punya kemampuan story telling yg baik, ada yg kudu banyak2 latihan, kayak saya :"

    BalasHapus
  5. Samaan banget. kalau ditanya kesan pertama tentang dedy huang, pasti ingetnya sosok blogger langganan juara lomba.
    Waktu baca artikel di blognya koh dedy ini, gaya story tellingnya memang luar biasa. keren

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran story telling paha ayam versi kakak gimana hehehe

    BalasHapus
  7. Keren sih ya Kok Deddy, prestasinya berderet ternyata kuncinya ada pada storytelling ini. Jadi ngerasa masih banyak yang blm dipelajari.

    BalasHapus
  8. Ah keren banget ulasannya. Kemarin aku nggak sampe beres ikutnya. Jadi bisa baca lengkap dengan seksama sekarang. Ko Dedy emang top sih, beberapa kali liat pemenang lomba ada nama beliau. Dan tulisan mereka yang jago story telling juga mengalir dan nggak ngga bosen sampe akhir.

    BalasHapus
  9. Nemu info lomba lomba blog gitu..dimana sih???

    BalasHapus
  10. Baru dua kali ikutan lomba blog tanpa tau teknik ini sebelumnya. Nah sekarang waktunya cari tau ya hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar