header

Lakukan 5 Cara Ini, Agar Membaca Buku Terasa Nikmat

2 komentar

Setuju ga sih kalau membaca buku itu artinya kita sedang membuka cakrawala ilmu. Dan dengan membaca buku, kita juga sedang berkenalan dengan jendela dunia? Setuju kan? Banyak tanya dikepala jawabannya ada di buku. Walaupun sekarang ungkapan ini agak sedikit bergeser ke 'Google adalah jawaban atas pertanyaan buku' hehe.

Alhamdulillah atas karunia Allah, kemarin malam (9/09) momin kembali berkesempatan mengikuti Kulwap dari Komunitas Kita Baca Bareng. Komunitas Kita Baca Bareng (KBC) ini adalah sebuah komunitas yang mengajak khalayak ramai untuk membaca buku dan menuliskan insight yang didapat.

 

Lakukan 5 Cara Ini, Agar Membaca Buku Terasa Nikmat


Nah kali ini Komunitas Kita baca Bareng mengadakan Kulwap dengan mengangkat tema 'Agar Membaca Terasa Nikmat'. Pematerinya adalah seorang ibu dengan dua orang anak yang juga bekerja sebagai ASN. Yuk kenalan dulu sama pemateri tadi malam. Namanya Kak Eko Marini.

Profil Lengkap Eko Marini

Wanita dengan dua orang anak ini memiliki nama lengkap Eko Marini. Jangan salfok dengan kata pertama pada namanya ya. Pematerinya ini ibu-ibu yang inspirasional.

Beliau telah menelurkan banyak buku antologi maupun buku solo. Tercatat buku antologi kak Eko Marini, lebih dari 50 buah. Wow! Momin satu buku pun belum punya hihi.

Bukan itu saja, kak Eko juga sudah menulis 4 buah buku solo. Ke empat buku tersebut yaitu 

  1. Bidadari Bermata Jeli
  2. Buku Sahabat Anak
  3. Rahasia Jojo Sang Juara, dan
  4. Kabut Cinta Dua Bidadari

Wah mantap ya, keren abis pokoknya pemateri dari KBC kemarin. Nah kak Eko, memberikan tipsnya bagaimana agar membaca terasa nikmat. Mau tahu? Yuk kita ulas 'Cara Agar Membaca Buku Terasa Nikmat'. 

5 Cara Agar Membaca Buku Terasa Nikmat

Bagaimana caranya supaya ketika kita membuka buku, langsung terasa nikmat dan bisa kita 'lahap' dalam sekali duduk? Artinya kita butuh yang namanya 'menikmati' sebuah buku.

Bagaimana cara menikmati sebuah buku? Berikut ini tips yang dibagikan oleh narasumber pada kulwap ini.

1. Luruskan Niat

Luruskan niat dalam membaca, niatkan membaca untuk beribadah kepada Allah SWT. Membaca untuk mendapat ilmu, mendapat keberkahan dari Yang Maha Kuasa. Dengan niat yang lurus ini, insya Allah akan menjadikan momen membaca menjadi nikmat.

Kadang ada buku tidak menarik sekali untuk kita. Tapi 'terpaksa' harus kita selesaikan membacanya. Entah karena beban pekerjaan atau keharusan. Bagaimana cara menyiasatinya? makanya kita harus mengembalikan pada niat awal dalam membaca buku.

Gimana agar niatnya membuat kita semangat? Kembalikan lagi pada niat beribadah kepada Allah SWT. Bismillah, semoga di dalam buku ini ada keberkahan dan ilmu yang didapat.

2. Pilih satu buku yang Menarik

Untuk memulai proses mencintai buku, perlu ada satu alasan yang membuat kita senang membaca, salah satunya buku.

Pilih satu buku yang menurut kamu sangat baik, baik dari segi sampul, isi, bahasa, gambar penyertanya atau apapun yang membuatmu tertarik. Pilih buku itu! Kemudian baca berkali-kali hingga kita mencintai momen membaca.

Menurut kak Eko Marini, penulis buku 'Rahasia Jojo, Sang Juara' mengatakan, dari pijakan inilah langkah membaca buku selanjutnya akan terbiasa nyaman.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Nah dalam menemukan waktu yang tepat dalam membaca ini, gampang-gampang susah sih. Waktu dan tempat yang nyaman menentukan apakah kita akan lanjut membaca atau justru menundanya.

Ciptakan suasana yang nyaman di rumah, misal di waktu menjelang siang atau sore hari. Siapkan camilan dan segelas teh hangat, rasanya cukup membuat animo membaca menjadi tinggi.

4. Cari Penyemangat Membaca

Percaya ga kalau semangat itu menular? Momin percaya banget! Bahwa semangat orang yang satu akan menularkan pada orang lain. Sama dengan membaca, butuh semangat bukan cuma dari diri sendiri tapi dari orang lain.

Gimana cara mencari semangat dalam membaca? Nih saran dari ibu dua orang anak yang menyukai tanaman dan masak memasak ini adalah agar bergabung dalam komunitas atau sebuah tantangan membaca. Seperti tantangan #30DIBC dari KBC ini, dijamin semangat membaca bakalan meroket tajam.

5. Luangkan Waktu Untuk Membaca

Nah ini yang paling penting, luangkan waktu untuk membaca, jangan menunggu waktu luang. Karena jika menunggu waktu luang ga akan ketemu waktu luang. Apalagi buat ibu-ibu beranak banyak macam momin hihi.

Jadi segera luangkan waktu untuk membaca, temukan dan setting alarm untuk membaca buku. Terus, bagaimana mengatasi rasa ngantuk saat membaca? Berikut ulasannya.

Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Membaca?

  

Lakukan 5 Cara Ini, Agar Membaca Buku Terasa Nikmat

Nah, ini gimana kalau membaca terus terasa mengantuk? Hal ini lazim banget dialami setiap orang. Momin juga begitu kok. Eits, tapi ini ada tips dari penulis lebih dari 50 buku antologi ini lho.

Jika saat membaca terselip rasa ngantuk, segera cari suasana lain dulu. Setelah ngantuknya hilang kembali membaca buku lagi.

Kita juga bisa mencatat poin-poin penting dari buku yang dibaca. Catat menggunakan buku saku (notebook) atau bisa juga menggunakan post it.  Melakukan hal lain (yang tetap berhubungan dengan proses membaca) mampu membuat semangat membaca

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membaca Buku?

Nah ini adalah pertanyaan momin dalam Kulwap tadi malam hehe. Kapan waktu yang tepat untuk membaca buku? Apalagi untuk kondisi momin dengan 3 anak yang semuanya dibawah 5 tahun dan satu bayi. Rasa-rasanya tidak ada waktu yang tepat untuk membaca buku lagi.

Rupanya, kak Eko Marini punya solusi jitu lho. Ternyata jika kamu dengan kondisi sama seperti momin, maka waktu yang tepat adalah menjelang tidur. Caranya libatkan anak-anak dalam membaca buku.

Dengan kita melibatkan anak-anak dalam kegiatan membaca buku, maka mereka pun akan mencontoh perilaku baik ibunya ini. Dengan begitu, ibunya bisa membaca dan anak-anak pun bisa meniru. Mantul deh!

-------

Gimana sudah tahu kan sekarang Cara Agar Membaca Buku Terasa Nikmat? Cara yang dibagikan oleh pembicara ini sangat sederhana lho, tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari saja kok.

Momin juga mau mempraktekkan cara yang diajarkan oleh kak Eko, kebetulan sedang mengikuti 30 Days Insight of Book Challenge #30DIBC batch 3 dari KBC. Ada yang ikutan juga?

Salam,
Momin

Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. terima kasih infonya. saya kelewatan, gak ikut kulwap-nya. ternyata kita se-grupp, Mba. saya juga ikut event itu. dan memang benar yah kalau semangat itu menular. saya jadi semakin suka membaca karena ikut even baca seperti itu. ini kali kedua saya ikut. dan ketagihan padahal masih pemula dalam mencintai buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat ya mbak Ryan..udah dua kali ikutan challenge ini.semangat ya buat kita terus membaca :)

      Hapus

Posting Komentar